"Security Question" - Fungsi paling Penting yang sering kali dilupakan

Halo sobat themaniax, pernahkah anda mendaftar pada akun email, facebook ataupun situs-situs lainnya? Saya yakin anda pasti pernah karena anda saat ini sedang menggunakan internet, bukan begitu? Nah saat anda mendaftar pada akun tersebut ada satu bagian yang sering kali lepas dari pandangan dan kebanyakan orang akan mengisinya dengan asal-asalan (termasuk saya dulunya ~_~). Dan tahukah anda apakah bagian itu?

Nah bagian ini tidak lain adalah "SECURITY QUESTION atau SECRET QUESTION" dan kali ini anda akan mengetahui mengapa "Security Question" merupakan Fungsi paling Penting yang sering kali dilupakan oleh banyak pengguna internet diluar sana.


Oke sekarang coba kita ambil salah satu contoh saat kita melakukan pendaftaran pada email Yahoo! seperti gambar dibawah ini :


Ya, bagian yang diberi garis kotak merah inilah Security Question. Pertanyaannya, mengapa hal ini begitu penting? Coba bayangkan jika suatu saat akun email anda menerima sebuah pemberitaan penting dari partner bisnis anda dan ternyata anda lupa dengan password email anda, nah tentunya ini akan membuat anda bingung dan stres bukan? Dengan menggunakan Security Question ini anda bisa mereset password anda sehingga nantinya anda bisa membuat password baru anda dan masuk ke akun email anda. Sekarang anda sudah sadar bukan betapa pentingnya Security Question ini (Sama seperti saya yang juga baru sadar)?

Sekarang jika anda sudah sadar, pertanyaan berikutnya adalah apakah Security Question anda sudah aman dan hanya anda yang mengetahui? Ingat peran Security Question ini sangat penting melebihi password, karena jika orang lain mengetahuinya juga maka dia bisa mengganti password anda, kemudian masuk ke akun anda dan mencuri data-data penting didalamnya.... tentunya anda tidak ingin hal ini terjadi pada akun anda bukan?

Nah untuk mencegahnya, saat membuat akun email anda akan diberikan 2 buah Security Question yang harus anda isikan. Saran saya, isikan bagian tersebut dengan pertanyaan anda sendiri dan tentunya jawaban anda sendiri yang cukup rumit dan hanya anda saja yang tahu. Contoh :

Security Question 1 :
Kode Rahasia Kepala Saya
Answer :
agen007terguanteng

Security Question 2 :
Siapakah Saya Sebenarnya
Answer :
Agen Huebat bin Ajaib 007

Nah dengan memberikan jawaban yang cukup rumit (dan luar biasa Narsis + Sarap) ini, orang yang mencoba membobol akun anda akan sangat kesulitan, stres dan akhirnya menyerah. Ingat lho ya, setelah anda menuliskan Security Question dan Jawabannya, jangan lupa anda ingat-ingat dengan baik atau anda catat pada media pribadi anda seperti HP atau yang lainnya.

Wah bagaimana jika anda ternyata sudah membuat akun dan ternyata anda lupa dengan jawaban Security Question yang anda buat sebelumnya? Jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan :

Cara 1
Cobalah untuk login ke akun anda dan kemudian carilah fasilitas untuk merubah Security Question. Jika ternyata tidak bisa diubah, maka silahkan anda lanjutkan ke Cara 2. Dan jika ternyata anda tidak bisa login akun anda, maka silahkan anda lanjutkan ke Cara 3.

Cara 2
Cobalah untuk mengirimkan email atau ticket support ke layanan akun anda baik email, facebook atau lainnya dengan subject "How to Reset Security Question". Jika ternyata cara ini tidak berhasil juga maka silahkan anda lanjutkan ke Cara 3.

Cara 3
Nah.. satu-satunya jalan terakhir untuk mereset password atau merubah Security Question anda saat ini adalah, segera meminta ampunan Dosa pada yang Maha Kuasa dan kemudian gunakan Jasa Hacker kenalan baik anda. Ingat hanya kenalan baik bukan orang lain lho ya, karena kalo orang lain bisa-bisa dia juga akan mencuri data-data penting anda!

Oke, sobat themaniax, mungkin itu saja sedikit sharing dari saya mengenai "Security Question" - Fungsi paling Penting yang sering kali dilupakan. Semoga bermanfaat dan berguna bagi anda yang membaca artikel ini :).