Tahukah Anda bahwa Tidur Sehat itu tidak harus 8 jam?

model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Sobat themaniax, tidur memang kebutuhan utama yang jelas ngga bakal bisa dihindari lagi seberapa parahpun anda betah begadang. Ya, sepertinya tidak ada manusia yang hidup yang tidak pernah tidur sekalipun. Ini dikarenakan tubuh kita pasti butuh istirahat dan relax supaya nantinya bisa beraktifitas lagi dengan sehat dan maksimal. Nah, beberapa orang (mungkin termasuk anda) banyak yang beranggapan bahwa tidur 8 jam itu sebuah kewajiban dan pasti jika bisa tidur selama itu maka anda dijamin akan segar kembali. Tapi apa iya seperti itu kenyataannya? Dan... jawabannya adalah TIDAK.


Nah kagetkan? Lebih kaget lagi jika anda mendengar sebuah hasil penelitian bahwa rata-rata orang yang tidur kurang dari 8 jam justru lebih fit dan segar dari orang yang bisa tidur selama 8 jam! Lho kenapa bisa begitu?

Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa tidur sebenarnya adalah berhasil mengistirahatkan baik tubuh dan juga pikiran sehingga tubuh mendapatkan recovery secara maksimal pada seluruh bagian tubuh. Nah sayangnya kebanyakan orang diluar sana hanya mengistirahatkan tubuh mereka saja sedangkan pikiran mereka tetap bekerja sampai akhirnya terbawa sampai mimpi.


Biasanya yang orang sering mengalami ini adalah para pekerja yang terlalu workaholic dan juga doyan lembur demi menambahkan pundi-pundi pemasukan. Hasilnya, saat pekerjaan mereka belum selesai dan mereka sudah kelelahan sampai tertidur, maka pekerjaan tersebut akan dilanjutkan kembali sampai mimpi dan ketika bangun bukan tubuh yang segar yang mereka dapatkan, tetapi masalah pekerjaan yang belum selesai tadi.

Banyak orang diluar sana yang memang memiliki pekerjaan yang cukup berat dan banyak menyita waktu bahkan sampai tengah malam, akan tetapi jika mereka merupakan orang yang fokus dan komitmen pada setiap kegiatan mereka maka bukan tidak mungkin mereka bisa mendapatkan tubuh yang fit setiap hari kendati tidur kurang dari 8 jam. Ini dikarenakan adanya faktor pikiran. Ingat pikiran kita mengontrol semua bagian tubuh kendati saat tidur, jadi apabila anda bisa menenangkan pikiran anda saat tidur maka dijamin anda akan mendapatkan sensasi tidur yang sangat nyenyak dan tubuh yang segar ketika bangun.


Penting untuk di ingat, bahwa sebenarnya jika anda benar-benar mengistirahatkan pikiran dan tubuh anda secara maksimal maka anda akan mengalami tidur yang sangat nyenyak dimana bahkan anda seperti tidak merasakan mimpi atau kegiatan apapun saat tidur. Nah pertanyaannya pernahkah anda mengalami seperti itu? Jika belum pernah, berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu anda untuk bisa tidur nyenyak dan tenang :
  1. Minumlah Teh Hangat atau Susu Hangat sebelum tidur
    Hal ini berdasarkan pengalaman saya sendiri dimana hampir setiap kali saya meminum susu hangat sebelum tidur, saya bisa merasakan tidur yang sangat nyaman dan tenang.
  2. Hindari makan diatas jam 7 malam dan jangan sampai kenyang
    Sebuah nasihat "berhenti makan sebelum kenyang" memang sangat berguna karena selain bisa mencegah kita mudah mengantuk juga bisa menghindarkan kita dari kegemukan.
  3. Komitmen dan Fokus
    Jika anda memang memiliki tugas yang harus diselesaikan hari ini maka fokus untuk mengerjakan tugas itu semampu yang anda bisa sampai batas waktu tidur yang anda tentukan. Matikan TV, Radio dan segala perangkat yang bisa mengganggu fokus anda. Setelah tiba waktu tidur, tenangkan pikiran anda dan katakan "Semua pasti baik-baik saja" sampai pikiran anda benar-benar relax dan baru kemudian anda bisa tidur.

Nah semoga cara-cara simpel ini juga bisa membantu anda yang sangat menginginkan kualitas tidur yang nyenyak dan menyegarkan tubuh anda ketika bangun nantinya :).
model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Share on :