Beberapa tips Mudah untuk Merawat Hardisk supaya Awet

Hardisk adalah bagian yang vital dalam sistem komputer karena fungsinya sebagai tempat utama penyimpanan data baik untuk Instalasi ataupun Data User. Nah sayangnya masih banyak orang diluar sana yang cukup sembrono dalam menggunakan komputernya mulai meletakkannya ditempat yang panas, menggunakan casing CPU yang pengap tanpa angin atau bahkan menaruhnya pada tempat yang tidak stabil (sering terkena getaran). Tentu saja jika ini dibiarkan terus menerus, hardisk anda akan cepat rusak dan lebih parahnya kemungkinan data anda didalamnya tidak bisa di selamatkan. Wow.. bahaya kan?

Nah agar hal seperti itu tidak terjadi pada hardisk anda, maka diperlukan perawatan ekstra. Berikut adalah Beberapa tips Mudah untuk Merawat Hardisk supaya Awet :


1. Jangan letakkan Komputer anda pada Tempat yang Panas
Hindari menaruh komputer anda pada tempat yang terbilang pengap dan panas apalagi langsung terkena sinar matahari. Suhu panas akan membuat hardisk dan komputer ada overheat sehingga tidak heran komputer anda akan sering restart atau shutdown tiba-tiba. Selain itu jika overheat ini terjadi terus menerus maka akan merusak secara permanen hardisk anda.

2. Berikan Pendingin Tambahan
Sudah seharusnya memang anda memberikan tempat yang sejuk bagi komputer anda. Karena itu jika saat ini casing anda belum ada pendinginnya namun ada tempat / celah untuk meletakkannya, maka segeralah anda mencari kipas kecil untuk casing sebagai pendingin. Manfaat kipas ini sangatlah vital karena bisa menyedot keluar panas yang ada di dalam komputer anda dan tentunya juga akan memperpanjang umur hardisk anda yang memang sangat rentan terhadap panas. Bagi pengguna laptop, anda bisa menggunakan cooling pad yang terbukti handal seperti merk Deep Cool dan Cooler Master.

3. Jangan Pernah Gunakan Komputer di tempat yang Tidak Stabil
Jika didepan rumah anda sedang ada penggalian pipa atau perbaikan-perbaikan yang bisa menyebabkan getaran yang cukup terasa, maka jangan gunakan komputer anda didekat tempat tersebut. Ya, Carilah ruangan dirumah anda dimana getaran hampir tidak terasa. Ini dikarenakan getaran bisa membuat hardisk anda yang sedang bekerja akan saling bergesekan yang tentunya ini akan menyebabkan Bad Sector yang cukup parah dan bahkan bisa merusak permanen. 

Untuk Laptop hindari penggunaan Hibernate, karena pada kondisi tersebut hardisk masih menyala dan apabila anda membawanya keluar maka akan sangat berpotensi mengganggu kesehatan hardisk anda.

4. Defrag Hardisk Anda
Perlu anda tahu bahwa peletakan data-data yang dihardisk adalah secara random atau acak sehingga untuk membacanya diperlukan waktu yang lebih lama dan lebih teliti tentunya. Bayangkan saja apa yang terjadi jika pembaca pada hardisk anda membaca secara loncat-loncat dan dilakukan secara cepat, wow.. tentu saja lama kelamaan bisa menyebabkan bad sector pada hardisk anda. Nah untuk menghindari ini maka anda dituntut untuk meletakkan file secara rapi di dalam hardisk dengan menggunakan fungsi Defrag baik yang ada pada bawaan Windows ataukah software luar (seperti OO Defrag).

Ingat! hanya lakukan proses defrag jika performa komputer anda dirasa menurun cukup drastis atau saat anda pertama kali melakukan instalasi, karena penggunaan defrag terus menerus juga tidak baik bagi kesehatan hardisk anda.

5. Hindari penggunaan Komputer pada Listrik yang Naik Turun
Listrik yang Naik Turun atau tidak stabil bisa membuat hardisk anda cepat rusak, jadi jika dirumah anda sedang mengalami ini maka jangan sekalipun menggunakan komputer anda.

6. Gunakan stavolt
Salah satu tips yang Mudah dan Paling Ampuh untuk Merawat Hardisk supaya Awet adalah dengan menggunakan Stavolt. Ya, Stavolt berguna sebagai stabilizer tegangan jadi alangkah baiknya jika anda menggunakan peralatan yang satu ini jika memang anda termasuk orang yang malas untuk cabut-tancap kabel. Stavolt ini akan mencegah tegangan yang naik tiba-tiba sehingga bisa menghindarkan hardisk dan perangkat anda dari konslet atau over voltase.

7. Jangan matikan Komputer secara Paksa
Mematikan komputer secara paksa dengan menahan tombol power atau bahkan langsung mencabut kabel akan membuat sang hardisk tidak melakukan cooling down sehingga perangkat didalamnya yang mati mendadak tersebut bisa saling bergesekan dan menyebabkan bad sector.

8. Jangan gunakan Komputer dalam Waktu yang Sangat Lama
Memang hal terakhir ini cukup sulit dilakukan apalagi anda sedang mengerjakan tugas skripsi atau lemburan kantor. Nah kalo memang anda sedang mengerjakan itu anggaplah hal ini sebagai pengecualian untuk anda, namun perlu anda ingat bahwa penggunaan komputer dalam waktu lama secara terus menerus ini akan menurunkan umur dari hardisk anda.

Bagi anda para gamer, sepertinya harus lebih memperhatikan hal ini karena apabila anda menggunakan Komputer dalam waktu yang lama atau bahkan sering diatas 6jam / hari-nya maka umur hardisk anda akan lebih cepat berkurang dibandingkan penggunaan normal. Ini disebabkan saat bermain game resource yang digunakan pada hardisk anda sangatlah besar (digunakan untuk memaksimalkan performa).

Beberapa tips Mudah untuk Merawat Hardisk supaya Awet diatas merupakan hasil kompilasi berbagai artikel dan juga dari pengalaman yang pernah saya rasakan. Semoga artikel ini bisa membantu anda sobat themaniax :)

how to buy car insurance online

Share on :