NVidia tanggapi Pernyataan Jeff Bezos tentang Tegra 3

Sobat themaniax anda masih ingatkan beberapa waktu lalu saat perilisan Kindle Fire HD, sang pemilik Amazon, Jeff Bezos menyatakan sebuah klaim yang mengejutkan mengenai NVidia Tegra 3? Ya, saat itu Jeff Bezos mengatakan bahwa prosesor OMAP 4470 Dual-Core yang dimiliki oleh Kindle Fire HD akan lebih cepat dibandingkan dengan NVidia Tegra 3.

Menurut Bezos, OMAP 4470 mampu melakukan proses floating point 50% lebih tinggi dari Tegra 3. Tidak hanya itu saja, otak Kindle Fire HD ini juga mempunyai bandwidth memory 40% lebih tinggi sekitar 7,5GB/s jika dibandingkan dengan NVidia Tegra yang hanya 5,3GB/s


Penyataan Bezos ini sepertinya memang didasari oleh spesifikasi prosesor buatan Texas Instrument dan juga beberapa hardware lain yang cukup sadis. Prosesor OMAP 4470 ini mengusung teknologi 45nm dengan kecepatan mencapai 1,8GHz. Kemudian dukungan Memory LPDDR2 466 MHz dengan modus Dual-Channel dan GPU PowerVR SGX544 384 Mhz juga semakin membuat Kindle Fire HD ini dikatakan akan benar-benar "Ngebut".

Nah melihat pernyataan ini, pihak NVidia hanya menanggapinya dengan santai lho. Melalui Senior Product PR Manager-nya, Igor Stanek, NVidia mengatakan bahwa mereka bangga dan sangat senang melihat banyak perusahaan yang sudah menggunakan Tegra 3 sebagai standar wajib untuk produk yang mereka keluarkan.

Perbandingan Daya Baterai pada Tegra 2 dan Tegra 3

Stanek juga mengatakan jika performance sebuah produk tidak bisa diukur dari spesifikasi atau  sekedar benchmark saja, melainkan juga harus melihat dari kestabilan dan kecocokan pada sebuah aplikasi nyata.

Perbandingan Grafis dari Tegra 2 dan Tegra 3

Padahal jika melihat hasil Benchmark overclocking yang dilakukan pada Nexus 7 beberapa waktu lalu, sudah terlihat jika NVidia Tegra 3 pada Nexus 7 begitu kencang mengalahkan beberapa pesaingnya yang justru berharga 2-3 kali lipat seperti Asus Transformer Prime. Dan hal ini juga cukup membungkam Apple yang beberapa waktu lalu juga menyatakan prosesor buatan mereka jauh lebih cepat dibandingkan dengan Nvidia Tegra 3 yang ada pada Asus Transformer Prime.

(Klik Gambar untuk Memperbesar)
Hasil Benchmark dari produk Nexus 7 yang di Overclock ke angka 1,64 GHz

Well, memang semua kembali pada konsumen karena pastilah konsumen yang kini semakin cerdas bukan hanya sekedar menginginkan kecepatan saja, melainkan juga fasilitas, fitur, kemudahan dan juga kecocokan / kompatibel dalam menjalankan aplikasi. Apa gunanya kecepatan jika anda tidak bisa mendapatkan apa yang anda inginkan dengan Tablet anda? Bukan begitu sobat themaniax? :)

Thanx to Sumber :
-) http://www.tomshardware.com/news/OMAP4470-Tegra-3-Kindle-Fire-HD-floating-point-memory-bandwidth,17439.html