Tips Mudah dan Ampuh memilih Tablet atau HP Android terbaik sesuai Budget

Sobat themaniax, era smartphone dan tablet android memang berkembang dengan cukup cepat pada tahun 2012 ini. Begitu banyak fitur-fitur dan aplikasi "wah" yang ditawarkan oleh gadget android ini mulai dari fasilitas game yang memiiki grafis sangat baik, aplikasi kantoran yang sangat mudah dan membantu, sampai dengan fasilitas chat dan online yang begitu variatif.

Belum lagi harga yang ditawarkan juga sangat-sangat murah untuk sebuah gadget yang memiliki spesifikasi begitu tinggi. Tidak heran bukan bahwa anda pun yang baru mengetahui android akan ngiler dan kesengsem untuk mencoba dan memiliki gadget tersebut?


Nah sebagai orang yang baru di bidang android, sangat disarankan bagi anda untuk tidak terburu-buru dalam memilih hp atau tablet android agar nantinya anda bisa mendapatkan gadget canggih ini sesuai dengan budget dan kebutuhan anda. Berikut adalah beberapa Tips Mudah dan Ampuh memilih Tablet atau HP Android terbaik sesuai Budget :
  1. Ketahui dengan baik anda ingin Tablet atau HP Android
    Banyak orang yang masih dibingungkan antara memilih Tablet atau HP Android. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari Tablet dan juga HP Android.

    Kelebihan / Kekurangan Tablet  Android :
    + Punya layar yang cukup besar mulai 7 - 10" cocok untuk Multimedia
    + Spesifikasi lebih tinggi dari HP Android di rentang harga yang sama
    + Harga terbilang sangat murah untuk perangkat canggih sekalipun yang menggunakan OS terbaru seperti Jelly Bean 4.1.
    - Belum tentu ada fasillitas 3G yang digunakan untuk Telepon, SMS atau Internet

    Kelebihan / Kekurangan HP Android :
    + Sudah pasti ada fasilitas 3G yang digunakan untuk SMS, Telepon ataupun ber Internet
    + Ukurannya yang kecil seperti HP memudahkan anda untuk menaruhnya di saku celana anda.
    - Untuk spesifikasi yang cukup tinggi dengan dukungan OS terbaru, harganya masih cukup mahal.

  2. Tentukan Budget Maksimal anda
    Nah masalah budget memang hal yang sering kali dilupakan, apalagi jika anda ternyata membawa uang yang lebih banyak dari budget dan melihat perangkat android yang sangat wah, bisa-bisa anda malah membeli Tablet atau HP Android sampai menghabiskan uang yang anda bawa dan ini adalah pemborosan. Usahakan anda hanya membawa uang secukupnya dan ingat BAWA UANG SAAT ITU JUGA sesuai Budget Maksimal anda pada dompet, jangan dilebihkan.

  3. Pilih gadget yang Murah dan Responsif dalam sentuhan
    Ketika anda sampai pada acara pameran, target anda yang pertama kali adalah mencari gadget android yang harganya kurang atau sama dengan budget anda. Kemudian silahkan anda coba responsif sentuhan dari perangkat tersebut dan pastikan itu adalah kapasitif (tanyakan pada sang penjual). Nah tentukan beberapa gadget android pilihan anda dalam hal sentuhan.

  4. Pilih Tablet / HP Android dengan Spesifikasi yang paling baik di antara itu
    Dari beberapa gadget android pilihan anda, silahkan anda pilih yang paling bagus spesifikasinya. Tapi tunggu... bagaimana jika anda sama sekali tidak tahu menahu tentang spesifikasi yang bagus? Tidak usah khawatir berikut saya jelaskan secara ringkas mengenai spesifikasi hardware android.

    Untuk CPU :
    CPU merupakan otak atau inti dari android jadi perhatikan atau tanyakan baik-baik pada sang penjual, apakah CPU dari android tersebut adalah single core, dual core atau bahkan quad core. perhatikan juga nilai MHz atau GHz-nya (1GHz = 1000MHz). Semakin banyak core maka akan semakin cepat pula kinerja gadger android tersebut. Ingat, lebih baik anda memilih android dengan kecepatan 1GHz tapi dual core dari pada memilih yang 1,5 GHz tapi hanya single core.

    Untuk RAM :
    Pemilihan RAM untuk Android memang cukup sederhana dan hampir sama dengan PC. Semakin tinggi nilai RAM maka akan semakin maksimal juga kinerja CPU dan android anda. Silahkan anda cari android yang menyediakan RAM 512MB atau bahkan 1GB (1GB = 1024MB). Jangan lupa juga untuk mencari tipe DDR RAM yang baru dimana semakin banyak angka dibelakangnya maka akan semakin baik seperti DDR2, DDR3.

    Untuk GPU :
    GPU memang tidak terlalu sering dibahas sehingga ini sering kali menyulitkan sang pembeli. Meskipun begitu anda tidak perlu khawatir, karena anda bisa mencobanya langsung dengan mencoba memainkan game HD (High Definition) yang ada didalamnya seperti Asphalt 5, Asphalt 6, Avatar HD, dan lain-lain. Semakin lancar dan luwes gerakan game tersebut maka semakin baik pula GPU yang digunakan, simpel kan? (Rata-rata GPU yang digunakan saat ini adalah Mali 400 yang terkenal powerfull dalam memainkan game HD).

    Untuk Memori Internal :
    Carilah android yang memiliki memori internal cukup besar seperti 512MB, 1GB, 2GB, 4GB dan seterusnya. Semakin besar memori internal anda maka akan semakin banyak aplikasi yang bisa anda simpan didalamnya. Namun jika memang anda hanya bisa menemukan android dengan memori internal yang cukup rendah (karena faktor budget) maka anda bisa menambahkan memori eksternal berupa Micro SD (yang biasanya merupakan bonus).

  5. Tanyakan Bonus, Kejelasan Garansi dan Service Centernya
    Sampai langkah ini mungkin anda hanya menyisakan 2 atau bahkan 1 gadget android pilihan anda, jadi silahkan anda tanyakan :

    • Apa saja bonus yang didapatkan jika membeli Android tersebut
    • Kejelasan garansi termasuk lama garansi, syarat garansi dan syarat replace
    • Tempat Service Center untuk menggaransikan Android anda

  6. Bungkus!
    Lha..sudah pasti too.. kalau anda cocok dengan barang dan juga fasilitas lain-lainnya anda akan membeli? Nah jadi silahkan langsung bungkus Tablet atau HP Android anda.
Nah sobat themaniax semoga beberapa Tips Mudah dan Ampuh memilih Tablet atau HP Android terbaik sesuai Budget ini bisa membantu anda dalam mencari perangkat android idaman sesuai dengan kantong anda :)

how to buy car insurance online

Share on :