UBM TechInsights : Biaya Pembuatan Hardware iPhone 5 sekitar $168

iPhone 5 memang belum dirilis secara resmi namun pihak UBM TechInsights yang sangat terkenal kemampuannya dalam membongkar serta memperkirakan dalaman hardware sebuah gadget kembali membuat prediksi dan kali ini target mereka adalah Smartphone terbaru Apple tersebut. Mereka mengatakan bahwa Biaya Pembuatan Hardware iPhone 5 ini hanya sekitar $168 saja. Berikut adalah detail biaya hardware iPhone 5 versi UBM Tech Insights dan perbandingannya dengan seri iPhone sebelumnya.


Kendati ini merupakan prediksi dan perkiraan, namun kemampuan UBM TechInsights dalam hal ini memang bisa dipercaya dan patut diacungi jempol. Lihat saja seri-seri sebelumnya seperti iPhone 4 dan 4S yang ternyata memiliki biaya total pembuatan hardware berselisih sedikit dengan perkiraan UBM Tech Insights. Dan tampaknya hal yang sama akan terjadi pula pada iPhone 5 ini.

Dari data diatas terlihat bahwa Biaya total Pembuatan Hardware iPhone 5 ini berselisih sekitar $35. Ya, ini dikarenakan iPhone 5 sudah menggunakan teknologi yang lebih canggih seperti Retina Display, LTE Modem, Prosesor, sampai dengan Memori. Namun yang menarik disini, kendati iPhone 5 menggunakan kamera yang lebih bagus dan berukuran lebih kecil 25%, biayanya masih tetap dengan seri sebelumnya.

iPhone 5 direncanakan akan dirilis secara resmi pada tanggal 21 September 2012 dengan harga $199 (16GB), $299 (32GB), dan $399 (64GB) dengan sistem kontrak 2 tahun. Untuk harga Non-Kontrak anda bisa mendapatkannya dengan harga sekitar $649 (16GB), $749 (32GB), dan $849 (64GB). Tentunya selisih harga ini terpaut cukup jauh dengan biaya Pembuatan iPhone 5 sendiri yang diperkirakan sekitar $168 saja (Bandingkan saja dengan Tablet Google Nexus 7 - 8GB yang dibuat dengan biaya $160 dan dilepas dengan harga $199 saja). Ya, inilah Apple perusahaan yang bukan hanya Jenius dalam membuat perangkat namun juga Jenius dalam membuat perangkat tersebut Eksklusif dan bisa berharga Mahal. :)

Artikel Biaya Pembuatan Hardware iPhone 5 ini bersumber dari : 
-) http://www.eetimes.com/electronics-news/4396139/IPhone-5-bill-of-materials-comes-in--167-50