Western Digital perkenalkan teknologi Hardisk yang berisi Helium

Western Digital memang sangat kreatif. Setelah sebelumnya berhasil membuat Hardisk setebal 5mm yang ditargetkan pada Ultra Book, kini pihaknya kembali membuat sebuah kejutan baru yaitu Hardisk yang berisi Helium. Tentunya anda tahu bukan apa itu Helium? Secara gampangnya helium ini adalah gas yang digunakan untuk mengisi balon dan kemudian di jual pada anak kecil yang nangis-nangis minta dibeliin.

Secara umum Helium ini adalah gas yang beratnya sangat ringan sehingga ngga heran balon yang di isi helium bakalan terbang ke angkasa berbeda dengan yang di isi menggunakan jenis udara lainnya. Nah mungkin anda bertanya, kenapa Western Digital menggunakan Helium sebagai isi Hardisk? Sebelum berpikir yang aneh-aneh (sama seperti saya) ada baiknya anda simak penjelasan berikut.


Para peneliti di Western Digital (yang awalnya adalah peneliti dari Hitachi namun sudah diakuisisi oleh pihak WD) sudah sekitar 6 tahun meneliti tentang gas helium dan kaitannya dengan hardisk yang ternyata ditemukan fakta yang begitu hebat. Gas helium ini diketahui memiliki 1/7 tingkat kepadatan dibandingkan dengan jenis gas lain yang biasanya ada didalam hardisk. Mungkin tadinya anda berpikir "jangan-jangan hardisk ini akan terbang" tapi percayalah itu ngga bakalan terjadi.

Gas helium memang memiliki berat yang sangat ringan namun dalam hardisk hal ini digunakan untuk mendukung perputaran piringan hardisk menjadi lebih ringan. Belum lagi hambatan pada helium yang jauh lebih kecil dibandingkan jenis udara lain, akan semakin membuat hardisk ini bisa berputar dengan cepat dan optimal. Pihak Western Digital juga mengungkapkan bahwa dengan adanya bantuan gas helium ini, hardisk akan memiliki beberapa keuntungan yang cukup vital yaitu bisa menghemat daya hardisk hingga angka 23% dan juga bisa membuat susunan piringan hardisk bisa semakin rapat dan lebih banyak ditampung.


Nah biasanya pada hardisk yang standar, piringan hardisk hanya mampu ditampung sekitar 5 buah saja. Namun dengan bantuan helium, piringan hardisk mampu ditampung hingga mencapai 7 buah yang tentunya ini akan bisa memperbesar kapasitas dari Hardisk itu sendiri. Tidak hanya itu saja lho, helium juga terkenal sebagai penghantar panas yang sangat baik sehingga tentu saja hardisk yang berisi helium akan lebih adem (karena pembuangan panas yang lancar) dan tentunya resiko tingkat kerusakan hardisk akan semakin kecil pula.

Wow... teknologi yang hebat dan go green bukan?
Anda berminat? Harap bersabar dulu karena pihak Western Digital berencana akan segera memperkenalkan Hardisk helium mereka tepat pada Tahun Depan. Semoga saja Hardisk helium ini bisa dilepas dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan hardisk standar saat ini. :)

Thanx to Sumber : 
-) http://www.techspot.com/news/50148-helium-filled-hard-drives-will-increase-capacity-and-efficiency.html

how to buy car insurance online

Share on :