Akhirnya ditemukan Alasan Mengapa Baterai Smartphone Sangat Boros

Memiliki perangkat Smartphone seperti iPhone, Blackberry dan juga Android saat ini sepertinya sudah menjadi sebuah kewajiban mengingat begitu banyak hal-hal yang bisa dilakukan dengan gadget kecil yang canggih ini. Namun sayangnya satu-satunya kelemahan terbesar dari Smartphone ini adalah penggunaan Baterai yang sangat Boros. Bayangkan saja jika anda harus selalu melakukan charge hampir setiap hari dengan perangkat ini.. wow... tentu saja ini akan cukup merepotkan bukan?

Nah dari sinilah kemudian banyak yang bertanya-tanya sebenarnya apa sih Alasan Baterai Smartphone ini Sangat Boros? Dan hal inilah yang menyebabkan dua orang ilmuwan di MIT bernama Joel Dawson dan David Perreault berusaha mencari tahu dan ternyata mereka berhasil menemukan jawabannya! Kedua peneliti ini mengatakan, bahwa Alasan utama Baterai Smartphone ini Sangat Boros dikarenakan Sistem Amplifier yang ada didalamnya dan bahkan diketahui melakukan pemborosan hingga 65%!


Amplifier disini mempunyai fungsi untuk mengubah daya listrik menjadi sinyal radio dan sering kali dimanfaatkan pada saat proses pengiriman data. Amplifier terdiri dari beberapa Transistor yang tentu saja membutuhkan listrik saat standby dan saat proses penguatan untuk pengiriman sinyal. Penghematan listrik memang bisa dilakukan dengan menurunkan power serendah mungkin saat memasuki mode standby, akan tetapi penguatan tiba-tiba pada Smartphone (power rendah langsung ke power tinggi) bisa menyebabkan kerusakan Sinyal. Karena itulah kondisi power yang cukup tinggi saat standby tetap dipertahankan dan inilah penyebab utama mengapa Baterai Smartphone Sangat Boros.

Nah untuk mengatasi hal inilah kedua ilmuwan MIT tersebut melakukan penelitian lebih lanjut tentang Amplifier dalam Smartphone ini dan mereka mengatakan telah menemukan teknologi Amplifier terbaru yang memungkinkan Baterai Smartphone bisa bertahan setidaknya minimal 2 hari kendati cukup aktif digunakan. Wow... semoga saja teknologi ini bisa segera hadir dalam waktu dekat dan bisa menjawab solusi Baterai Smartphone yang saat ini memang masih Sangat Boros.

Artikel Alasan Mengapa Baterai Smartphone Sangat Boros bersumber dari Google dan Infokomputer, thanx untuk sang sumber :)