Cara Mudah Mengatasi Bug Esbern yang Bisu di Elder Scroll Skyrim versi PC

Anda yang sudah memainkan game The Elder Scroll Skyrim mungkin saat ini lagi ngalami jalan buntu karena Bug yang dialami Mr. Esbern. Bug Esbern ini bisa saya bilang sangat mengganggu karena dia adalah karakter inti dalam game ini jadi kalo anda ngga bisa nge-fix bug ini ya... anda ngga bakalan bisa melanjutkan jalan cerita game alias "The End". Tunggu... tunggu.... kalo anda ngalami bug ini juga jangan banting kaset skyrim anda, ada trik mudah untuk mengatasi ini kok.... hehehe.


Bug Esbern I : Pintu yang tidak bisa Terbuka di Kandang Bandit


Inilah awal mula saya mengalami bug ini pada game The Elder Scroll Skyrim. Saat misi penyelamatan Esbern, saya sudah menemukan dimana Esbern berada tapi... jeng..jeng.. keanehan terjadi... Esbern ngga mau bicara dan Subtitle berjalan sangat cepat! Oke.. itu ngga masalah, saya cuman mau menamatkan game ini dan saya ngga terlalu mempermasalahkan bug ini, jadi ya saya pilih saja jawaban yang masuk akal disini termasuk langsung mengaku sebagai DragonBorn :).

Yak, pembicaraan selesai dan ada perintah untuk langsung bicara dengan Esbern. Saya buka pintunya.. tapi.. pintunya tetap tertutup dan ngga mau dibuka bagaimanapun saya memijit tombol open door! Nah anda ngalamin hal seperti ini juga? Jangan khawatir, ada penyelesaian gampangnya. Silahkan anda buka konsole dengan menekan tombol "~" (tombol ini terletak pada sebelah kiri angka 1) pada keyboard dan kemudian ketikkan :

     setstage MQ202 160

Lalu tekan enter... dan tadaaaaa.. pintu langsung terbuka! Silahkan anda berbicara dengan Esbern, tapi jangan kaget karena dia tetap bicara cepat dan tanpa suara. Tenang anda ngga perlu khawatir dengan masalah ini, karena saat ini anda sudah bisa melanjutkan jalan cerita The Elder Scroll Skyrim ini.

Bug Esbern II : Esbern membisu di Peace Council Meeting Room Greybeard


Nah bug yang kedua ini jaraknya memang cukup jauh juga dengan yang pertama karena bug ini berada di akhir-akhir cerita saat anda ditugaskan sebagai penengah dari Peace Council. Jika anda melakukan langkah yang benar pada Peace Council ini, maka akan terjaid sedikit perselisihan antara Tulius dan Ulfric yang kemudian membuat Esbern berdiri. Nah disinilah permasalahan terjadi... ternyata Esbern hanya komat kamit sendiri dan lagi-lagi Suara serta Subtitle tidak muncul jadi anda hanya bisa tolah toleh ngga jelas hahaha.

Sudah cukup pusing? Oke, mari kita selesaikan bug ini. Sekarang buka Konsole anda lagi dengan menekan tombol "~" pada keyboard dan kemudian silahkan anda ketik :

     setstage mq302 300

Jangan lupa tekan enter... dan tadaaaa... misi completed dan anda bisa melanjutkan jalan cerita The Elder Scroll Skyrim sampai Tamat :). Nah bagi yang ingin mengatasi bug ini secara maksimal yaitu dengan memunculkan suara Esbern beserta subtitle yang berjalan normal, maka ada baiknya anda menyimak artikel berikutnya dibawah ini.


Melakukan Fix pada Esbern Bug secara permanen.
Anda ingin bermain Skyrim dengan normal dan nyaman serta bisa mengetahui lengkap jalan cerita? Maka anda harus melakukan Fix pada bug Mr. Esbern ini. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1.) Silahkan anda mendownload terlebih dahulu file dibawah ini. Jangan lupa, silahkan anda mendaftar pada 4 shared terlebih dahulu sebelum bisa mengunduhnya. Tenang proses daftarnya gampang banget kok hehehe, dan setelah daftar silahkan anda login dan kemudian download filenya.

     >> Download Esbern Voice Fix <<

2.) Berikutnya silahkan anda lihat langsung video Tutorialnya dibawah ini agar anda jelas :).

Can't Open? Please Visit Here

Oke itu saja gampang kan?
Semoga Tips Cara Mudah Mengatasi Bug Esbern di Elder Scroll Skyrim ini bisa membantu anda untuk segera menamatkan game ini ya!

how to buy car insurance online

Share on :