Inilah Prosesor buatan China yang diprediksi akan menyaingi Arm, Intel dan AMD

model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
China tampaknya sedang mempersiapkan untuk memperkenalkan prosesor 8-inti yang di desain dan dikembangkan di negara tersebut. Prosesor ini di prediksi akan bisa menyaingi vendor ternama seperti ARM, Intel dan AMD baik dalam platform PC, Server atau bahkan Supercomputer sekalipun. Wow.. kira-kira siapa yang membuat prosesor ini ya?

Pengembangan prosesor ini di China dimulai pada tahun 2001 oleh Loongson Technology, sebuah grup yang penelitiannya dibiayai oleh Akademi Sains China. Prosesor pertama yang berhasil dibuat saat itu adalah 32-bit Godson-1 dan setahun kemudian dibuat juga versi 64-bitnya. Kedua prosesor ini mulai digunakan pada Low-Power Notebook sejak tahun 2008, dan memasuki tahun 2010 - 2011, Supercomputer Shenwei juga menggunakan desain yang sama.


Revisi terbaru dari prosesor ini adalah seri Godson-3B1500, dimana chip ini mempunyai clock speed 1,35 GHz dan mampu menghasilkan performa komputasi sebesar 172,8 GigaFlops dengan hanya mengkonsumsi data sebesar 40 watt saja. CPU ini diproduksi menggunakan teknologi 32nm dan berisi hingga 1,14 Milyar Transistor didalamnya. Sebuah preview dari Konferensi Solid-State Circuits Internasional yang diselenggarakan di San Francisco sejak tanggal 17 Februari menunjukkan bahwa chip terbaru mereka ini memiliki kekuatan sekitar 35 persen lebih efisien dibandingkan dengan seri Godson-3B sebelumnya yang menggunakan teknologi 65nm.

Sayangnya prosesor buat china ini tidak kompatibel dengan Microsoft Windows, yang tentu saja ini akan cukup mengurangi pangsa pemasaran prosesor ini. Namun mereka tidak khawatir karena banyak platform-platform yang bisa sangat sukses tanpa bantuan Windows, contohnya adalah platform Mobile. Prosesor terbaru buatan Loongson ini akan segera diungkap secara detail pada Konferensi Solid-State Circuits Internasional pada tahun depan, jadi tunggu saja kabar selanjutnya ya sobat. :)
model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Share on :