Melakukan Terapi Diabetes Melitus sendiri dengan ber Olahraga

Sobat maniax, tahukah anda bahwa olahraga bisa menjadi solusi tepat dalam melakukan Terapi Diabetes Melitus secara manual / sendiri? Ya, olahraga memang memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan dan kesegaran tubuh anda. Jika anda ingin membuktikannya, cobalah untuk mempraktekkannya dengan berlatih lari pagi secara rutin sekitar 10-20 menit per hari selama 2 minggu dan kemudian rasakan apa perbedaannya tubuh anda sebelum memulai dan sesudah ber olahraga, pastilah badan anda akan terasa lebih segar nantinya. Nah bagi penderita diabetes, olahraga yang dilakukan secara rutin ini ternyata memiliki fungsi yang sangat penting yaitu :


1. Bisa mengurangi tingkat stres seseorang
Orang yang mengalami kondisi stress biasanya akan cenderung berpikiran negatif, sedih, dan juga ada rasa marah yang kurang terkendali. Kondisi seperti ini membuat tubuh anda mengeluarkan zat-zat yang tidak diinginkan oleh tubuh dan salah satunya adalah zat pemicu gula darah. Tidak  salah jika ada orang yang bilang stress adalah sumber dari segala penyakit, karena memang stress bisa memacu dan bahkan memperkuat penyakit untuk bertahan ditubuh anda. Nah dengan rutin berolahraga pikiran anda akan terbiasa untuk rilex sehingga anda bisa lebih tenang.

2. Membiasakan diri hidup sehat setiap hari
Penderita diabetes yang cenderung malas dirumah, rata-rata akan terbiasa untuk mengkonsumsi obat yang diberikan dokter padanya. Ya, beberapa penderita diabetes ini menyatakan jika dirinya tidak mengkonsumsi obat tersebut maka badannya akan sakit semua dan merasa minder kendati sudah membatasi konsumsi makanannya dengan baik. Nah dengan berolahraga, selain bisa berguna sebagai Terapi Diabetes Melitus yang ampuh, juga bisa menghilangkan ketergantungan penderita diabetes pada obat dokter yang cukup berbahaya jika dikonsumsi terus menerus.

3. Membakar lemak yang ada di tubuh anda
Dengan berolahraga tentu saja anda akan mendapatkan apa yang disebut sebagai Keringat, lalu apa hubungannya Terapi Diabetes Melitus ini dengan keringat? Nah keringat ini bukan hanya cairan yang keluar tubuh saat panas saja, tetapi juga pada saat terjadi pembakaran kalori ditubuh. Semakin rutin anda berolahraga maka akan semakin banyak pula kalori yang anda bakar sehingga jumlah lemak ditubuh anda pun juga akan berkurang. Nal hal inilah yang menyebabkan meningkatnya kemampuan metabolisme sel dalam menyerap dan juga menyimpan glukosa yang ada dalam tubuh.

4. Meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh anda
Orang yang terkena diabetes biasanya memiliki masalah pada bagian tangan dan kaki yang seringkali terasa agak gatal dan juga kaku dikarenakan sirkulasi darah yang tidak normal akibat kadar gula yang tinggi. Dengan berolah raga maka akan membuat badan anda terasa panas, berkeringat dan juga meningkatkan sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga permasalahan ini bisa diatasi.

Melakukan Olahraga secara rutin sebagai Terapi Diabetes Melitus memang tidak mudah apalagi bagi anda yang sangat malas untuk melakukan ini. Tapi perlu anda ingat baik-baik, bahwa usaha yang anda lakukan ini pasti akan berhasil, kalaupun belum mencapai tujuan itu karena anda masih dalam proses dan tidak ada usaha yang gagal kecuali anda sendiri yang menggagalkannya. :)