PC vs Konsol Game, Benarkah PC Lebih Baik dari Konsole Game?

model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Halo Sobat maniax!
Hari ini saya ingin membahas salah satu artikel yang sering dibahas dan dibicarakan orang, khususnya dikalangan para gamer yaitu PC vs Konsol. Benarkah PC lebih baik dari Konsol Next Gen saat ini (XBoX 360, PS3, Nintendo Wii)?

Saya sangat yakin banyak orang menjawab YA, karena kualitas grafis yang mampu dimainkan oleh PC jauh lebih tinggi dari pada yang mampu dimainkan oleh Konsol. Namun apakah disisi lainnya PC juga lebih baik dari Konsol? Anda pasti mulai ragu dengan pertanyaan ini, sama seperti saya yang kemudian menulis artikel ini agar anda juga cukup mengerti apakah suka dan duka bermain game di PC.


Saat anda bermain game di PC apalagi jika PC anda memiliki spesifikasi yang tinggi, anda akan merasa sebagai seorang juara karena memiliki PC yang belum tentu dimiliki oleh orang lain dan juga memiliki PC yang jauh lebih bagus dari pada Konsol Next Gen saat ini. Contohnya jika anda bermain game Crysis, tingkat grafis yang ditampilkan begitu sempurna dan sangat mengagumkan! Bahkan banyak orang mengistilahkan hal ini sebagai "game pembunuh konsol" karena grafis dan resource (banyaknya objek) yang ditampilkan benar-benar membuat iri para pemilik konsol Next Gen.

Namun dibalik kelebihan yang dimiliki PC tersebut, ada kekurangan yang menurut saya sangat disayangkan sehingga ini membuat saya harus memberi nilai minus pada game di PC, diantaranya :

Where's the Classic RPG?
Game PC rata-rata adalah game yang bersifat Online khususnya RPG (Role Playing Game), nah kekurangan terbesarnya adalah hampir tidak game RPG yang benar-benar dibuat Offline (classic) untuk PC seperti Seri Final Fantasy, Suikoden, Star Ocean, dan lainnya.

Split Screen Disappear?
Fasilitas Split Screen untuk game PC rata-rata dihilangkan. Anda yang pernah bermain Gears Of War dan Resident Evil 5 di XBoX 360 pasti merasa iri karena dikonsol tersebut game-game tadi bisa dimainkan oleh 2 orang split screen (2 layar dalam 1 TV), sedangkan di PC minimal harus menggunakan LAN atau dengan kata lain harus memiliki minimal 2 PC!

Exclusive Game only for Console!
Ya, ini mungkin adalah hal yang cukup menyakitkan dan mengecewakan yang harus diterima oleh para gamer PC. Game-game yang bersifat eksklusif untuk Konsol XBoX 360 dan PS3 tidak mungkin dibuat untuk PC, padahal kita tahu sendiri game-game eksklusif konsol sangat berkualitas dan sangat wajib untuk dimainkan! Seperti : Metal Gear Solid 4 (PS3), God Of War 3 (PS3), Gears Of War 2 (XBoX 360) dan banyak yang lainnya.

Game hasil "Asal Porting" sangat Payah!
Anda tahu sendirikan kalo developer game diluar sana banyak yang menggunakan fasilitas porting ini untuk mengubah game versi konsol menjadi versi PC? Ya saya tidak tahu bagaimana detailnya... tapi kebanyakan game hasil porting ini bagi saya selaku gamer benar-benar sangat mengecewakan. Banyak game yang menurut saya seharusnya bagus namun ternyata di PC benar-benar terlihat sangat payah, ngelag, dan bahkan banyak bug.... salah satu diantaranya adalah game berjudul Assassin Creed. Percayakah anda VGA GTX 275 hanya bisa memainkan game Assassin Creed 1 dengan Lag dan Grafis juga terlihat sama atau pas-pasan dengan konsol? Ya sangat berbeda dengan versi konsolnya yang sangat lancar. Semoga saja kejadian asal porting tidak berlanjut pada developer game saat ini.

Nah itu adalah beberapa kekurangan yang saya rasakan untuk game-game yang ada di PC saat ini, semoga saja kedepannya para Developer Game untuk PC mau mengembangkan gamenya jauh lebih baik lagi untuk PC, karena kita tahu sendiri gamer PC didunia sudah sangat meningkat drastis saat ini.
model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Share on :