Pengertian SSD dan Kelebihannya dibandingkan dengan Hardisk biasa

Pernahkah anda melihat sebuah Laptop sampai melotot karena harganya cukup tinggi padahal hanya memiliki spesifikasi biasa saja termasuk ukuran Storage yang hanya mencapai 64GB? Nah mungkin setelah membaca artikel ini anda akan mulai mengerti mengapa perangkat yang terlihat biasa itu bisa berharga mahal. Rata-rata produsen saat ini mulai mencoba menggantikan Hardisk dengan media penyimpanan baru yang bernama SSD. Nah pertanyaannya apa itu SSD?

Sebelah kiri adalah SSD dan sebelah kanan adalah Hardisk

SSD yang merupakan singkatan dari Solid State Drive adalah media penyimpanan model baru dimana jauh lebih cepat dan lebih kuat dari Hardisk biasa. Meskipun bentuknya terlihat sama namun dalaman kedua perangkat penyimpan ini sangatlah berbeda. Pada Hardisk media penyimpanan yang digunakan berbentuk piringan-piringan seperti CD / DVD, sementara pada SSD media penyimpanan yang digunakan sudah full berupa Chip sama seperti yang digunakan dalam Flashdisk namun tentunya dengan kualitas yang lebih bagus.

Apa Kelebihan SSD ini?
Dalam hal kecepatan pembacaan dan transfer data, SSD memiliki kecepatan yang luar biasa dan merupakan perangkat idaman para Gamer Extreme. Sebagai contohnya, jika anda menggunakan Hardisk biasa anda membutuhkan waktu booting sampai benar-benar masuk PC sekitar 8-10 menit, pada SSD akan bisa hanya membutuhkan waktu 2 sampai maksimal 5 menit saja! Belum lagi jika digunakan dalam menjalankan aplikasi atau game-game yang membutuhkan pembacaan data yang besar dan cepat, wow... SSD tentu saja akan meminimalisir terjadinya lompatan frame yang biasanya terjadi pada Hardisk biasa karena banyaknya data yang harus dibaca bersamaan, tentunya ini juga harus didukung dengan Kartu Grafis yang mumpuni lho ya.. hehe.

Kemudian selain unggul di kecepatan, SSD ini juga unggul terhadap keamanan data. Lho kok bisa? Ya ini dikarenakan SSD sudah menggunakan Chip sama seperti Flashdisk. Jika anda menggunakan Hardisk biasa kemudian terjatuh atau terkena goncangan, maka peluang hardware tersebut untuk rusak cukup tinggi karena bisa terjadi gesekan-gesekan yang bisa merusak piringan dalam Hardisk tersebut. Nah jika anda menggunakan SSD, hal ini tentu saja bukan masalah besar karena tidak ada piringan disana melainkan hanya Chip saja.

Bagaimana dengan Kekurangan SSD?
Sepertinya ngga lengkap kalau hanya membahas kelebihan tanpa kekurangan hardware canggih ini, karena memang justru kelemahan terbesar SSD terletak pada harganya yang luar biasa Mahal! Bayangkan saja, jika saat ini dengan uang Rp. 1 juta anda bisa mendapatkan Hardisk berukuran 1 TB (hampir 1000 GB), maka pada SSD anda hanya mendapat ukuran yang tidak sampai 100GB! Wow... tentu saja dengan harga yang masih selangit ini, SSD kebanyakan hanya diperuntukkan bagi data-data yang bersifat sangat penting saja atau membutuhkan kinerja komputer yang maksimal

Lalu untuk saat ini bagaimana solusi tepatnya? Menggunakan SSD atau Hardisk?
Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan keduanya dimana SSD ini bisa anda jadikan tempat instalasi Sistem Operasi dan menjalankan berbagai aplikasi, sementara Hardisk bisa anda jadikan tempat untuk menyimpan data-data anda seperti musik dan data pribadi anda lainnya.

Nah semoga anda sekarang mengerti ya apa itu pengertian SSD dan tahu alasannya mengapa perangkat yang menggunakan SSD ini (seperti Laptop) bisa berharga jutaan lebih tinggi dari perangkat biasanya. :)