Tips & Trik memilih Laptop Gaming Terbaik sesuai dengan Budget

Sobat maniax, Laptop saat ini bukan hanya sekedar digunakan sebagai media untuk bekerja saja melainkan juga banyak digunakan untuk bermain game. Nah dunia game sendiri berkembang dengan sangat cepat dan sudah menggunakan grafis yang cukup fantastis dan mulai mendekati realitas, tapi sayangnya itu harus dibayar dengan perangkat yang mahal untuk dapat memainkannya. Menggunakan PC memang menjadi pilihan utama untuk bermain game tapi faktor "Tidak bisa Mobile" dan "Sangat Boros Listrik" membuat orang kemudian mencari solusi lain yaitu Laptop Gaming. Nah dalam artikel kali ini, anda akan diberikan beberapa Tips & Trik memilih Laptop Gaming Terbaik sesuai dengan Budget ala Themaniax, jadi lanjutkan membaca ya. :)


Perlu anda ketahui, saat memilih Laptop Gaming hal pertama kali yang harus anda pertimbangkan adalah Tipikal "Gamer" anda dan Budget yang anda sediakan. Mengapa? Sekarang buat apa anda membeli Laptop Gaming seharga 15 juta jika anda hanya bermain Angry bird? Konyol bukan? Nah untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa Tips & Trik memilih Laptop Gaming Terbaik sesuai dengan Budget :

1. Tentukan Tipikal Gamer Anda
Dalam dunia game hal yang sering kali dipertimbangkan adalah Grafis karena inilah yang sering kali membuat orang tertantang dan ingin melihat keindahan game itu sendiri, namun tidak semua orang seperti itu. Cukup banyak juga orang yang lebih mengutamakan permainan dibandingkan dengan grafis, asalkan bisa dilihat dengan jelas mereka sudah puas. Nah inilah yang dimaksud dengan Tipikal Gamer itu. Ada 3 jenis Tipikal Gamer pada umumnya yaitu Gamer Entry, Gamer Mainstream, dan Gamer Enthusiast.

Gamer Entry
Adalah seorang gamer yang lebih mementingkan sistem permainan dan tidak terlalu mempermasalahkan grafis selama permainan tersebut masih dapat dilihat dengan jelas dan tidak nge-bug. Jika anda termasuk jenis gamer ini maka budget yang anda butuhkan cukup rendah yaitu berkisar antara Rp. 3,5 - 5juta saja. Beberapa contoh game yang masuk dalam daftar Gamer Entry adalah Angry Bird, Age Of Empires, Devil May Cry, Pro Evolution Soccer, FIFA dan masih banyak lagi.

Gamer Mainstream
Adalah seorang gamer yang cukup memperdulikan permainan namun juga ingin mencicipi kenikmatan grafis yang bagus untuk dilihat. Jika anda termasuk jenis gamer ini maka budget yang anda butuhkan berkisar antara Rp. 5 - 8juta. Beberapa contoh game yang masuk dalam daftar Gamer Mainstream adalah Pro Evolution Soccer, FIFA, Far Cry 2, Devil May Cry 4, Darksiders, Gears of War, Dead Space 1 dan 2, Batman Arkham Asylum, Assassin Creed Series, Just Cause 2 dan masih banyak lagi.

Gamer Enthusiast
Adalah tingkatan gamer tertinggi dimana gamer ini sangat mengutamakan penampilan grafis yang sangat maksimal dan menomor duakan permainan. Dengan kata lain, dia tidak akan bisa bermain dengan nyaman jika grafis yang ditampilkan hanya standar / mainstream saja. Jika anda termasuk jenis gamer ini maka budget yang anda butuhkan cukup tinggi yaitu Rp. 10juta ke atas. Beberapa contoh game yang masuk dalam daftar Gamer Enthusiast adalah Crysis Series, Far Cry 3, Assassin Creed 3, Batman Arkham City, Metro 2033, dan masih banyak lagi.

2. Cari Laptop Gaming dengan Sistem Pendinginan yang Bagus
Laptop Gaming sebenarnya tetaplah Laptop biasa jika anda hanya memilih Laptop dengan spesifikasi tinggi namun memiliki pendingin yang cukup buruk. Ya, mungkin hanya sekitar 1 tahun anda menggunakannya (atau bahkan kurang), Laptop anda akan jebol akibat hardware yang kepanasan dan meleleh. Sistem Pendingin yang bagus merupakan hal yang sangat vital jika anda ingin Laptop Gaming anda awet. Ciri khas utama sebuah Laptop Gaming memiliki Sistem Pendingin yang bagus bisa dilihat dari ukuran Laptop tersebut yang cenderung besar dan tebal disertai beberapa lubang kipas (biasanya Laptop seperti ini hanya ada pada kisaran Gamer Mainstream dan Gamer Enthusiast)

3. Cari Laptop Gaming yang bisa di Upgrade
Anda mau Laptop anda bisa tetap mengikuti game-game di masa depan? maka anda harus memperhatikan dengan baik Tips & Trik memilih Laptop Gaming Terbaik sesuai dengan Budget yang satu ini. Laptop yang bisa di Upgrade memungkinkan anda bisa mengganti beberapa hardware penting di dalamnya eperti Procesor, Hardisk, Chipset, Kartu Grafis / VGA, sampai dengan Memory. Jadi sebelum anda membeli anda harus menanyakannya terlebih dahulu apakah Laptop anda bisa di Upgrade ataukah tidak. Laptop seperti ini sudah mulai banyak tersedia dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau (Gamer Entry di level 4 - 5juta kemungkinan sudah bisa merasakannya).

4. Tentukan Spesifikasinya yang mampu bekerja Maksimal dan tidak Bottle Neck
Memilih spesifikasi Laptop Gaming bukan hal yang sembarangan bisa anda pilih dengan melihat Prosesor dan VGA saja. Pertimbangkan juga di Memory dan cek saat booting Windows untuk melihat kecepatannya. Lebih baik anda memilih spesifikasi Procesor Core i3, Memory RAM 4GB dan VGA NVidia GT 325M, daripada anda memilih Procesor Core i5, Memory RAM 2GB dan VGA NVidia GT 325M.

Nah itulah beberapa Tips & Trik memilih Laptop Gaming Terbaik sesuai dengan Budget ala Themaniax, semoga beberapa tips & trik yang sangat simpel ini bisa membantu anda menentukan manakah Laptop Gaming yang akan anda beli. :)

how to buy car insurance online

Share on :