Akhirnya Apple resmi Patenkan Teknologi Wireless Charging

Beberapa waktu yang lalu pihak Apple sempat mengumumkan akan segera mematenkan teknologi Wireless Charging dan akhirnya resmi tertanggal 29 November 2012 lalu Apple berhasil mewujudkan keinginannya tersebut. Eits... tunggu dulu bukankah teknologi Wireless Charging ini sebelumnya sudah dibuat oleh Nokia melalui seri Lumia 920-nya? Memang nokia sudah membuat teknologi sejenis sebelumnya, akan tetapi berbeda dengan teknologi yang baru saja dipatenkan oleh Apple ini. Apa bedanya?


Teknologi Wireless Charging milik Nokia Lumia 920 menggunakan pendekatan induksi medan elektromagnetik untuk mengalirkan energi antar dua objek, jadi meskipun wireless tetap saja membutuhkan perantara seperti papan / bantalan. Jadi dengan kata lain anda tidak bisa membawanya jauh dari perantara tersebut yang tentunya akan cukup merepotkan jika anda ingin mengirim pesan.

Nah berbeda dengan Nokia, teknologi Wireless Charging Apple menggunakan Near-Field Magnetic Resonance (NFMR). Nah NFMR ini akan memungkinkan anda untuk melakukan charging sambil membawa perangkat anda hingga jangkauan 1 meter. Teknologi ini memungkinkan anda untuk menggunakan perangkat seperti Keyboard, Mouse, ataupun iDevice (iPhone, iPad,dll) tanpa menggunakan kabel dan tanpa menggunakan baterai, kerenkan?

Bagaimana cara kerja Teknologi Wireless Charging dari Apple ini? Coba anda simak ilustrasi gambar dibawah ini. Dalam gambar tercantum perangkat iMac (202) sebagai "rumah" penyedia listrik NFMR dan menjadi sumber bagi iDevice (208), Keyboard (204) dan juga Mouse (206). Melalui NFMR power inilah energi listrik akan disebarkan ke radius 1 meter, jadi perangkat yang masih berada dalam jangkauan bisa mendapatkan aliran energi listrik.


Nah dengan hadirnya teknologi Wireless Charging dari Apple ini tentu saja akan membuat anda semakin mudah dalam menggunakan gadget. Starbucks pun juga mulai mempertimbangkan untuk menggunakan teknologi ini pada 17 cabangnya yang ada di US lho. Wah kira-kira kapan ya teknologi ini ada di Indonesia? Kita tunggu saja tanggal mainnya. :)