Inilah Beberapa Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya

Mungkin anda pernah mendengar saran untuk pergi ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali, namun apakah anda pernah melakukannya? Kemungkinan jarang-jarang atau bahkan tidak, bukan begitu? Ya ini sudah umum dan entah kenapa banyak orang jaman sekarang kurang begitu memperhatikan kesehatan giginya padahal sudah banyak yang menderita sakit gigi akibat keteledoran ini. Mereka pun bahkan tidak mencari informasi apakah Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya.

Nah, kalau anda memang sering melakukan keteledoran ini, maka sekaranglah saatnya anda untuk lebih memperhatikan kesehatan gigi anda. Sebenarnya tidak terlalu susah untuk merawat gigi kalau anda sudah tahu apa penyebab sakit gigi. Nah untuk membantu anda, berikut ini adalah beberapa Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya :


1. Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya – Adanya Noda pada Gigi
Apa anda pernah anda melihat orang yang memiliki gigi berwarna agak coklat atau bahkan kehitaman? Nah orang tersebut biasanya selalu mengkonsumsi makanan dan minuman berwarna seperti kopi, soda dan kemungkinan besar juga seorang perokok berat. Orang seperti ini rata-rata sering lupa menggosok giginya khususnya pada malam hari yang sebenarnya sangat vital. Kejadian seperti ini yang terus menerus akan mengubah warna giginya berubah dan yang lebih parah akan muncul bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

Cara mengatasi noda pada gigi ini, anda harus selalu berkumur dengan menggunakan air putih atau obat kumur setelah anda mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang berwarna apapun itu.

2. Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya – Email Gigi yang Rapuh
Email gigi yang rapuh ini biasanya disebabkan karena 2 hal yaitu : Sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kadar gula atau asam tinggi, dan juga karena anda justru terlalu sering menyikat gigi anda dengan keras. Masih banyak lho orang yang tidak mengetahui kedua fakta ini padahal sudah dibuktikan oleh beberapa ahli gigi.

Cara mengatasi email gigi yang rapuh ini, yaitu dengan menghindari konsumsi makanan yang mengandung gula dan asam tinggi secara berlebihan. Dan jangan lupa juga untuk memperbaiki cara anda menyikat gigi dengan lembut dan juga menggunakan bulu sikat yang lembut pula

3. Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya – Bau Mulut yang Tidak Sedap
Punya bau mulut yang tidak sedap sudah pasti akan sangat mengganggu anda dan lingkungan sekitar. Coba bayangkan saja jika anda berdekatan dengan orang yang mengeluarkan bau mulut yang sangat tidak enak layaknya tempat sampah, pastinya anda bakalan menjauh bukan dari pada harus muntah di dekat dia? Bau mulut tidak sedap inilah yang ternyata adalah salah satu penyebab sakit gigi, dikarenakan ada sisa-sisa makanan yang membusuk di sela-sela gigi anda.

Cara mengatasi bau mulut tidak sedap ini, yaitu dengan selalu menggosok gigi secara rutin setidaknya 2x sehari yaitu pagi dan sore / malam sebelum anda tidur. Jangan lupa setelah sikat gigi, berkumurlah menggunakan obat kumur seperti Listerine yang terbukti ampuh membasmi kotoran dan bakteri pada gigi.

4. Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya – Gusi yang Luka atau Bengkak
Anda harus hati-hati dalam menggosok gigi, karena apabila dilakukan dengan keras apalagi sampai mengenai gusi dan terluka, akan ada sisa makanan atau bakteri yang masuk ke dalam sana yang akan menyebabkan peradangan dan gusi membengkak. Akibatnya, tidak lama bakteri itu akan menyebar pada gigi dan membuat anda terserang sakit gigi.

Cara mengatasi gusi luka / bengkak ini, yaitu anda harus menggosok gigi dengan sikat yang lembut, halus serta pipih sehingga bisa menjangkau ke seluruh area gigi. Ya, menyikat dengan lembut dan teliti akan bisa membuat gigi anda bersih dan tetap sehat.

5. Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya – Adanya Plak pada Gigi
Sesuatu yang bernama Plak gigi ini biasanya berbentuk seperti lapisan berwarna kuning yang melapisi permukaan gigi. Rata-rata setiap orang pasti pernah mengalami plak gigi ini, hanya saja apakah mereka segera mengatasinya? Plak gigi ini biasanya disebabkan dari sisa makanan yang menempel pada gigi dan tidak segera dibersihkan.

Cara mengatasi plak gigi ini, yaitu anda diharuskan untuk menyikat gigi anda secara rutin pagi dan sore atau malam hari. Jangan menyikat gigi dengan keras anda karena ini justru akan merusak email anda.

Oke sobat semoga artikel Beberapa Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya ini bermanfaat bagi anda semua yang telah berkenan membaca. :)