Inilah Tips dan Solusi Kegemukan pada Balita

Inilah Tips dan Solusi Kegemukan pada Balita. Sobat maniax, jika anda punya balita dengan badan gemuk pasti banyak yang bilang sangat lucu dan imut. Memang pujian seperti itu akan menyenangkan anda sebagai orang tua yang telah membesarkannya, tapi tahukah anda bahwa hal ini justru harus anda waspadai? Ya ,balita yang bertubuh gemuk harus anda perhatikan baik-baik, dan ketahuilah apakah gemuknya normal ataukah justru terlihat berlebihan. Gemuk normal tentu saja disarankan oleh para dokter agar balita tersebut bisa sehat dan bergerak aktif tanpa mudah kecapaian, sebaliknya apabila balita itu gemuk berlebihan maka bisa menyebabkan sang balita terkena masalah serius. Nah, disinilah anda harus menemukan Tips dan Solusi Kegemukan Pada Balita.


Anda mungkin cukup sering melihat karakter-karakter ataupun tokoh yang bertubuh gemuk di televisi dan memang dia terlihat lucu dan malah sangat disukai oleh anak-anak. Tapi dibalik itu perlu anda tahu bahwa sang tokoh itupun dalam kehidupan nyata malah sering mengalami tekanan dan masalah yang cukup berat akibat tubuhnya yang sangat gemuk, antara lain : jadi bahan ledekan dan ejekan, dianggap sebagai orang malas, terlihat jelek (tidak proporsional) dan bahkan cukup sulit dalam mencari pasangan hidup. Sekarang anda tahukan secara fisik kelemahan tubuh yang terlalu gemuk?

Alasan diperlukannya Tips dan Solusi Kegemukan Pada Balita
Selain terlihat memalukan dari faktor fisik, badan yang terlalu gemuk ini juga bisa menyebabkan beberapa penyakit berbahaya yang bukan hanya menyerang orang dewasa saja tapi juga anak-anak. Adapun penyakit-penyakit berbahaya itu antara lain adalah Diabetes, Hipertensi, Stroke dan bahkan yang paling berbahaya... Penyakit Jantung. Memang, dulunya penyakit ini hanya menyerang orang-orang yang berusia dewasa / tua saja, akan tetapi akibat kondisi dan gaya hidup yang salah, kini penyakit fatal ini juga menyerang semua orang dan tidak terkecuali anak anda.

Kegemukan juga bukan hanya sekedar faktor kesehatan fisik saja, tapi ada juga kesehatan mental dari sang penderita. Biasanya balita yang punya tubuh gemuk sering kali merasa tidak percaya diri, gampang cemas dan punya kemampuan ber-sosial lebih rendah dibandingkan dengan anak sepantarannya yang punya tubuh normal. Tidak heran juga akibat ini, banyak orang menyebutkan balita yang bertubuh gemuk berlebih cenderung memiliki sifat sama seperti anak autis karena rendahnya kepercayaan diri yang dia miliki.

Beberapa Tips dan Solusi Kegemukan pada Balita
Untuk mengatasi hal ini, sangat diperlukan perhatian khusus dan juga gaya hidup yang sehat. Jika memang anda memiliki anak gemuk yang sudah tergolong obesitas (gemuk berlebih) maka anda bisa melakukan beberapa Tips dan Solusi Kegemukan pada Balita berikut :
  • Aturlah pola makan sang balita dengan baik dan tidak berlebih. Usahakan dalam makanannya, selalu ada yang mengandung serat dan sayuran sehingga saluran pencernaannya selalu lancar.
  • Ajaklah dia untuk bergerak aktif sambil bersenang-senang setiap hari seperti mengajaknya untuk lari kecil-kecil setiap pagi hari, bermain game seperti dance revolution, bermain basket ataupun sepak bola.
  • Sangat penting untuk membatasi anak anda dalam mengkonsumsi jajanan / snack ringan yang ada dipasaran dan gantikan dengan buah-buahan atau juice yang disukai oleh anak anda.