Gadget and Trick!

Monday, December 17, 2012

Mau tahu Kandungan Gizi dalam Tempe?

Makanan bernama Tempe sering dikonsumsi orang baik itu sebagai lauk bersama Nasi ataupun sebagai jajanan. Nah apa sih sebenarnya tempe ini dan apa saja Kandungan Gizi dalam Tempe? Anda yang bahkan memiliki hobi makan tempe pun mungkin masih belum tahu tentang makanan satu ini, bukan begitu? Tempe merupakan makanan yang berasal dari kacang kedelai yang difermentasikan dan perlu anda tahu juga, tempe ini menjadi salah satu favorit makanan utama bagi para kaum vegetarian yang ada diluar sana.

Kaum vegetarian ini merupakan kumpulan / komunitas orang yang menghindari konsumsi makanan yang berasal dari hewan-hewanan dan memang tempe ini bisa jadi salah satu sumber makanan paling enak dibandingkan beberapa sayuran yang lain. Ya, bagi mereka tempe bisa jadi pengganti ayam ataupun daging-dagingan lho. Nah, anda sebagai bangsa Indonesia perlu berbangga karena tempe ini murni dari Indonesia dan makanan ini sudah sangat terkenal diluar negeri dan bahkan dijepang, ada orang jepang sendiri yang membuat tempe khas Indonesia setelah beberapa tahun ada di Indonesia. Wow, tentunya ini sangat keren kan?


Tapi.. sayang.. banyak orang sering meremehkan tempe dan tidak jarang orang-orang menggunakan kata tempe untuk meledek seseorang. Padahal jika saja mereka tahu manfaat, khasiat dan Kandungan Gizi dari Tempe, jelas mereka akan kaget. Dulunya memang tempe ini dianggap sebagai makanan kelas bawah, dan ini membuat banyak orang termasuk para peneliti penasaran karena ternyata orang yang sering makan tempe jarang sakit dan terlihat lebih awet muda. Setelah diselidiki ternyata tempe ini mengandung zat anti-oksidan sebagai pencegah penyakit degeneratif dan zat antibiotika untuk menyembuhkan berbagai infeksi.

Tempe ini juga sangat baik untuk melawan proses radikal bebas sehingga ini juga bisa menghambat terjadinya proses penuaan pada tubuh manusia. Sebenarnya komposisi tempe ini mulai dari protein, karbohidrat, lemak serta vitaminnya tidak begitu berbeda dengan kedelai, akan tetapi adanya enzim pencernaan yang dibuat oleh kapang tempe ini membuat zat-zat tersebut menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh  dibandingkan dengan kedelai itu sendiri. Nah untuk lebih memahami apa saja zat penting pada tempe, berikut ini adalah Kandungan Gizi dalam Tempe :

Mineral
Setiap 100 gram tempe terdapat berbagai zat mineral seperti besi sebanyak 9,39mg, tembaga sebanyak 2,87mg dan zink sebanyak 8,05mg. Mineral ini di dapat dari hasil penguraian asam fitat (zat yang mengikat mineral) oleh enzim fitase. Nah dengan terurainya zat asam fitat ini, maka akan lebih banyak kandungan mineral kalsium, besi, zink, dan magnesium yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh.

Vitamin
Ada dua jenis vitamin yang ada dalam tempe yaitu yang larut dalam air dan yang larut dalam lemak. Kandungan vitamin B pada tempe sangatlah tinggi diantaranya vitamin B1 (Thiamin), vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B6 (Piridoksin) serta Vitamin B12 (Sianokolobamin). Nah yang paling mencolok adalah vitamin B12 dan ini dikarenakan vitamin B12 kebanyakan hanya ada pada sumber makanan hewani saja dan hampir tidak ada pada makanan nabati. Sehingga inilah yang membuat tempe sebagai kasta teratas dari bahan makan nabati.  vitamin B12  yang ada pada tempe sekitar 1,5 – 6,3 mikrogram/100 gram yang sangat cukup memenuhi kebutuhan vitamin B12 anda tiap hari.

Lemak
Selain Vitamin dan Mineral, Kandungan Gizi dalam Tempe yang lain adalah Lemak. Saat proses fermentasi tempe terjadi peningkatan derajat “tidak jenuh” terhadap lemak, sehingga ini membuat asam lemak tidak jenuh yang majemuk bisa meningkat jumlahnya. Nah asam lemak tidak jenuh ini sendiri memiliki fungsi untuk menurunkan kandungan kolesterol serum sehingga ini dapat menetralkan segala efek negatif sterol yang ada di dalam tubuh anda. 

Nah sekarang anda sudah tahukan Kandungan Gizi dalam Tempe? Masih mau meremehkan dan menolak makanan bernama tempe ini?  :)

Mau tahu Kandungan Gizi dalam Tempe? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mr6ta