Tips dan Trik Memperkecil Size Gambar dengan Kualitas yang Hampir Sama

model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Tips dan Trik Memperkecil Size Gambar dengan Kualitas yang Hampir Sama. Sobat maniax, anda bingung mencari tempat untuk mem-backup gambar-gambar anda yang sudah memenuhi hardisk anda? Nah, jika iya maka jangan dihapus atau dibuang karena anda bisa memperkecil Size gambar tersebut hingga 433% lho (atau bahkan lebih tergantung keinginan anda) dengan ukuran yang tetap sama dan kualitas yang hampir tidak berbeda.

Ya, dengan menggunakan software bernama Pixillion Image Converter maka anda dapat mengconvert ukuran image yang anda rasa besar menjadi lebih kecil dengan fungsi kompresi yang cukup canggih. Masih ngga percaya? Coba saja anda lihat perbandingan 2 buah gambar berikut ini. 

Gambar pertama, merupakan gambar original, beresolusi 580 x 363 dan berukuran 156 KB

Gambar kedua, merupakan gambar hasil convert dengan resolusi 580 x 363 dan berukuran 36 KB

Nah sekarang coba anda perhatikan kedua gambar tersebut. Hampir tidak ada bedanya kan? Padahal dari ukuran terlihat sangat jauh berbeda, dimana gambar convert berukuran lebih kecil 400% dari ukuran gambar asli! Jika diselidiki lebih detail memang kedua gambar ini dari sisi kualitas adalah berbeda walaupun sedikit, namun mata kita tidak mengenali sampai sisi pixel terdalam sehingga tampak tidak ada bedanya. Bagaimana, apakah anda berminat mencobanya juga? Oke, berikut adalah Tips dan Trik Memperkecil Size Gambar dengan Kualitas yang Hampir Sama.

1. Download Pixillion Image Converter yang Free Version (Non-Commercial Use)
Pixillion Image Converter ini sebenarnya merupakan program yang komersial, namun jika anda menggunakannya secara pribadi (Non-Commercial Use) maka anda bisa mendapatkan versi Free / Gratisnya dibawah ini.
Catatan : Download ditempat yang bertuliskan "Get it Free. A free version of Pixillion is available for non-commercial use only. If you are using it at home you can download the free version here."

2. Install Pixillion Image Converter
Silahkan anda install software ini dan jika anda hanya ingin menggunakan software ini sebagai converter image saja, maka anda tidak perlu mencentang program lain yang akan di ikutkan. So, biarkan saja kosong seperti settingan default.

3. Jalankan aplikasi dan Buka File
Setelah anda install, maka akan muncul icon baru pada desktop anda bernama Pixillion Image Converter, jadi jalankan aplikasi tersebut. Kemudian buka file gambar dengan menggunakan Add File.


4. Buka Compression Settings dan Set pada angka 75
Selanjutnya biarkan saja "Output Folder = Same as Source Image", ubah "Output Format ke JPEG" lalu klik Compression Setting dan set ke angka 75. Anda bisa men-set ke angka yang lebih rendah untuk mendapatkan ukuran yang lebih sadis kecilnya namun tentunya akan mengorbankan kualitas.


5. Klik Convert
Sekarang langkah terakhir adalah klik Convert. Tunggu proses sampai selesai dan silahkan cek pada folder yang sama, maka anda akan menemui sebuah file bernama NamaAsliFileAnda-1.JPEG. Coba anda bandingkan ukuran dan kualitasnya.. hehehe.. pasti anda juga akan kaget. :)


Oke sobat maniax, Tips dan Trik Memperkecil Size Gambar dengan Kualitas yang Hampir Sama sudah selesai dan silahkan anda bereksperimen sendiri dengan menambahkan sebuah folder dengan "Add Folder" atau juga bisa mengganti format dan compression setting. Have fun! :)
model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Share on :