Inilah Tips dan Trik Mengatasi Balita yang Susah Makan

Sobat maniax, siapa orang tua yang tidak senang jika melihat sang buah hati kesayangan mereka bisa tumbuh sehat dan cerdas? Pasti semua orang tua akan menginginkannya. Akan tetapi entah kenapa dalam dunia yang serba modern ini, banyak para balita yang justru cukup rewel untuk makan. Ya, banyak orang tua sangat mengeluhkan balita mereka hanya mau menerima jajanan atau sejenis snack angin yang bahkan bisa berbahaya bagi kesehatannya. Lalu bagaimanakah Tips dan Trik Mengatasi Balita yang Susah Makan ini?


Disinilah kesabaran dan juga ketelatenan orang tua akan benar-benar di uji ketika mereka menghadapi permasalahan ini. Ya, tidak perduli seenak apapun masakan / kue yang anda hidangkan, jika sang balita tidak punya nafsu makan maka sama saja dengan percuma. Nah ada beberapa ahli gizi dan kesehatan yang mengatakan bahwa kejadian balita susah makan ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor tertentu seperti faktor selera makan sang anak, faktor psikologis, dan juga faktor kesehatan.

Jika anda memang punya seorang balita yang terkena masalah makan  ini, maka anda bisa melakukan beberapa Tips yang disarankan oleh para ahli. Nah berikut ini adalah beberapa Tips dan Trik Mengatasi Balita yang Susah Makan :
  1. Apabila sang balita tidak mau makan dikarenakan sebuah ketakutan atau trauma pada benda / bahan makanan, maka balita anda sudah terkena faktor psikologis. Untuk mengatasinya, silahkan anda berkonsultasi dengan dokter dan jangan menyuapi makan balita anda secara paksa karena bisa menambah ketakutannya nanti.
     
  2. Umumnya balita memang punya sifat yang egois (namanya juga anak-anak), dimana dia hanya mau makan makanan yang dia sukai saja. Cara mengatasinya, cobalah anda mengajaknya jalan-jalan atau melihat sesuatu hal yang menyenangkan (seperti film animasi) sambil anda tetap berusaha menyuapi makanan. Percayalah, Tips dan Trik Mengatasi Balita yang Susah Makan yang satu ini masih sangat ampuh lho hingga sekarang :)
     
  3. Alasan ketiga bisa jadi adalah faktor selera makan yang tentunya bisa menyebabkan sang balita bosan makan. Karena itu anda diharuskan untuk membuat masakan atau jajanan yang sekreatif dan selezat mungkin, sehingga nantinya sang balita selalu senang untuk merasakan masakan baru dari anda. Untuk masakan yang kreatif dan unik bisa anda lihat disini.
     
  4. Apabila ketiga cara diatas ini masih belum berhasil untuk memancing sang balita makan, maka sekarang saatnya anda untuk meng-cek kesehatannya ke dokter. Ini sangat diperlukan karena bisa jadi sebenarnya balita anda bukan susah makan, tetapi sedang mengalami sakit tertentu yang mengganggu organ untuk makannya seperti sariawan atau panas dalam.

Aturan dalam menjalankan Tips dan Trik Mengatasi Balita yang Susah Makan
Tips dan Trik diatas itu bisa langsung anda praktekkan pada balita yang sulit makan, tapi perlu anda ketahui bahwa ada 2 aturan yang perlu untuk anda pahami. Aturan yang pertama, anda harus tetap sabar, fokus dan juga telaten dalam memberikan sang balita makan. Dan aturan yang kedua, anda diwajibkan untuk selalu memberikannya perhatian saat menyuapi makan. Ini akan memberikan efek dimana sang balita akan merasa dirinya sangat anda sayangi dan tentunya ini bisa menumbuhkan sifat loyal dan patuh pada anda sebagai orang tua hingga dewasa nanti. Semoga bermanfaat. :)

how to buy car insurance online

Share on :