Tips dan Trik Menstabilkan Koneksi Internet Anda dengan Fungsi CMD

Sobat maniax, anda pasti pernahkan ngalami yang namanya internet standby? Nah jadi gini, internet standby biasanya terjadi kalo anda tidak melakukan aktifitas apapun dalam beberapa waktu. Biasanya sang ISP akan secara otomatis melakukan cek pada koneksi anda, jadi ketika anda terlihat tidak melakukan aktifitas internet maka ISP tersebut akan mereset koneksi anda atau dengan kata lain anda harus merestart kembali modem (Atau apapun itu) agar bisa membuka koneksi. Dan kabar buruknya, biasanya anda akan mendapatkan koneksi yang lebih jelek dari sebelumnya. Jika anda sering mengalami ini juga, maka Tips dan Trik Menstabilkan Koneksi Internet Anda dibawah ini bisa membantu permasalahan anda.


Sebenarnya cukup mudah caranya agar anda terlihat selalu aktif kendati sedang standby dalam internetan, yaitu dengan mengirimkan request terus menerus pada DNS server dengan jumlah data yang sangat kecil. Ya, sekecil apapun data anda pasti akan ditanggapi oleh DNS server ini dan anda akan dianggap aktif sehingga tidak perlu melakukan autentifikasi ulang internet anda dengan mereset modem. Bagaimana caranya? Berikut adalah Tips dan Trik Menstabilkan Koneksi Internet Anda :

1. Cari tahu ip DNS Server anda
Buka CMD dengan menekan "Windows + R" dan ketik "cmd", lalu untuk melihat DNS Server silahkan anda mengetikkan "ipconfig -all". Akan muncul seperti gambar dibawah ini.


Sekarang ingat-ingat alamat ip kedua DNS Server anda (yang diberi kotak merah) dengan mencatatnya pada sebuah kertas atau bisa anda catat pada notepad. DNS Server setiap orang akan berbeda-beda tergantung dengan layanan yang dipakainya.

2. Ping DNS Server anda terus menerus
Sekarang ketikkan perintah "ping ip_dns_server_anda -t" dimana perintah ini akan mengirimkan request ping terus menerus (karena fungsi -t) sampai anda sendiri yang menghentikannya. Contohnya lihat gambar dibawah ini.


Nah selesai, sekarang silahkan anda menjalankan aktifitas anda kembali.
Oya ada baiknya anda mengganti DNS Server default anda dengan DNS Server milik OpenDNS agar koneksi anda lebih stabil dan ringan. Ip DNS Server OpenDNS ini adalah 208.67.222.222 dan 208.67.220.220. Oke semoga Tips dan Trik Menstabilkan Koneksi Internet Anda ini bermanfaat untuk anda. :)