Hacker berhasil mengungkap Rahasia kekuatan CPU Wii U Sesungguhnya

Konsol terbaru Nintendo bernama Wii U ini memang sering jadi pembicaraan hangat baru-baru ini, apalagi setelah ditemukan beberapa game tidak mampu bekerja maksimal dan masih kalah dengan kualitas konsol PS3 dan Xbox 360. Adanya pemberitaan yang kurang enak ini tampaknya membuat salah seorang hacker bernama Hector Martin gerah dan akhirnya meneliti jeroan dari Wii U tersebut. Dan dugaannya benar, Wii U ternyata tidaklah selemah yang dipikirkan oleh banyak orang!


Nama Hector Martin sendiri cukup terkenal setelah diketahui dialah yang bertanggung jawab atas ketersediaan open-source driver untuk Kinect beberapa tahun yang lalu. Dan namanya kembali mencuat setelah dirinya menyatakan telah menemukan spesifikasi dari CPU Wii U termasuk kemungkinan alasannya bekerja tidak maksimal pada beberapa game.


Hector Marting menyatakan bahwa CPU yang digunakan Wii U ini berbasis AMD dan mendapatkan sandi Espresso. Diketahui juga ternyata memang Clock Speed dari CPU Wii U ini ternyata lebih lambat dibandingkan XBox 360 dan PS3. Namun meskipun begitu Wii U ternyata memiliki desain sistem yang memungkinkan CPU-nya ini bisa mengerjakan banyak hal dalam 1 waktu dan bahkan mungkin melebihi 2 konsol saingannya itu. Jadi dengan kata lain Wii U ini mampu memaksimalkan kinerja mesinnya kendati menggunakan clock yang rendah dan hemat energi tentunya.

Mungkin karena hal rahasia seperti inilah yang membuat para Developer Game untuk Wii U bingung dan menganggap arsitektur kinerjanya sama dengan konsol Xbox 360 dan PS3. Nah semoga saja dengan ditemukannya sebuah rahasia besar kinerja CPU Wii U in, para developer game bisa membuat game yang bisa menyesuaikan cara kerja Wii U sesungguhnya sehingga bisa benar-benar Optimal :)