Inilah Beberapa Jebakan dalam Berbisnis yang harus anda Hindari

model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Banyak yang ingin memiliki bisnis / usaha sendiri yang terbilang mapan, namun berapa orang yang benar-benar bisa mencapainya? Mungkin hanya beberapa persen saja saat ini yang berhasil, sisanya mereka benar-benar menyerah karena usaha yang mereka lakukan tidak kunjung berhasil. Ya, kebanyakan ini dikarenakan adanya Beberapa Jebakan dalam Berbisnis yang membuat para pebisnis pemula tersebut terperangkap didalamnya. Nah apa saja Jebakan dalam Berbisnis itu?


Berdasarkan penjelasan Laksita Utama Suhud, seorang Konsultan Bisnis di Business Wizards Consulting, ada 3 Jebakan dalam Berbisnis yang justru sering kali dilakukan oleh para pebisnis pemula yaitu : Menghindari Persaingan, Mudah Merasa Puas, dan Tidak Gigih dalam Berusaha. Berikut ini adalah penjelasannya :

Menghindari Persaingan
Ketika mulai berbisnis, tidak sedikit juga orang mulai berpikir untuk membangun bidang usaha yang masih jarang ada, dan tahukah anda bahwa ini bisa menjadi Jebakan dalam Berbisnis yang cukup mematikan? Ya, disini Laksita mengatakan "Kecenderungan pemula dalam memilih bidang usaha biasanya mencari lahan yang tidak ada kompetitor. Mereka mencari aman dan terjebak di penjualan barang atau jasa yang tidak dibutuhkan pasar dalam jumlah besar".

Dengan memilih / membuat produk yang minim pesaing, maka secara otomatis waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha akan semakin lama. Memang dengan mempunyai produk yang langka, sang pebisnis akan tenang karena jumlah pesaing akan sangat berkurang, namun dilain sisi sangat dibutuhkan kesabaran untuk mengembangkan bisnis yang terbilang baru dan belum begitu dikenal oleh masyarakat.

Mudah Merasa Puas
Jika seorang pebisnis sudah mulai menemukan bidang yang benar-benar dia dalami, maka pasti pebisnis tersebut akan berusaha mempromosikan produknya dengan sebaik mungkin sampai bisa mendapatkan konsumen. Nah saat ini berhasil dicapai, Jebakan dalam Berbisnis yang sering kali dialami adalah Mudah Merasa Puas. Ya, kebanyakan pebisnis pemula hanya akan fokus pada bisnis yang dia jalani tanpa melihat persaingan sekitarnya. Menanggapi permasalahan ini, Laksita mengatakan "Ingat, pasar selalu mencari yang terbaik. Maka pebisnis harus memiliki keunggulan bersaing".

Laksita juga menjelaskan bahwa untuk mendapatkan konsumen yang tetap loyal pada kita, maka ada beberapa unsur penting yang harus diperhatikan dalam berbisnis yaitu product, price, place, promotion, dan people, yang tentunya bisa lebih baik dibandingkan tempat lain. Khususnya bagian price yang sering kali membuat orang kabur karena tidak sesuai dengan kualitas barang dan harga pasaran yang sudah beredar terlebih dahulu di masyarakat, dan juga masalah pelayanan yang nyaman.

Kemudian untuk cara mempromosikan barang, Laksita juga menambahkan, untuk melakukan promosi yang baik intinya adalah membuat seorang calon pembeli benar-benar menjadi pembeli. Saat dia menjadi pembeli, buatlah dia merasa nyaman dan jika perlu berikan semacam "promosi". Nah kepuasan pelanggan akan membuat sang pelanggan tersebut "hanya membeli" kepada anda dan lebih baiknya dia akan mempromosikan secara gratis produk anda kepada teman-temannya.

Tidak Gigih dalam Berusaha
Nah inilah Jebakan dalam Berbisnis yang selalu dialami oleh banyak para Pebisnis Pemula. Saat anda sudah melakukan berbagai hal untuk memajukan usaha anda namun ternyata masih belum membuahkan hasil, maka satu-satunya yang menjadi masalah adalah kegigihan anda. Laksita mengatakan "Jebakan yang ketiga adalah jika kita merasa semua yang kita lakukan cukup dan tidak perlu massive action". Dia juga menambahkan, banyak orang yang ingin berbisnis namun sayangnya mereka tidak berniat untuk mengembangkannya. 

Lebih lanjut Laksita mengatakan "Indikator sukses itu high sales. Jika usaha tak kunjung berkembang, penjualan atau permintaan dari konsumen tidak kunjung tinggi, padahal Anda sudah menawarkan produk, harga, tempat, dan faktor lain yang bagus, berarti Anda kurang ngotot  dalam usaha". Jika ingin sukses dalam berbisnis maka tidak boleh dilakukan setengah-setengah, harus fokus dan berusaha keras sampai bisnis itu bisa berhasil. Ya, anda harus bisa menanamkan jiwa bisnis secara kuat terlebih dahulu pada diri anda, sebelum anda benar-benar memulai usaha.

Nah sekarang anda sudah tahu bukan Beberapa Jebakan dalam Berbisnis yang harus anda Hindari? Semoga artikel ini bermanfaat ya sobat, dan terima kasih sekali pada sang sumber di : http://www.tabloidnova.com/Nova/Karier/Pengembangan-Diri/3-Jebakan-Wirausaha
model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Share on :