Inilah Tips dan Trik Mengajarkan Anak Menggosok Gigi

Sobat maniax, punya gigi yang kuat, bersih dan sehat adalah wajib bagi setiap orang, namun sayang masih banyak yang belum tahu bagaimana cara merawat gigi yang baik. Ini biasanya dikarenakan dirinya belum atau bahkan tidak terbiasa melakukan gosok gigi pada saat masih anak-anak. Ya, jika sejak usia dini sang anak tidak diajarkan untuk selalu disiplin menggosok gigi maka besarnya pun akan semakin sulit untuk membiasakannya dan tentunya kemudian bisa terjadi sakit gigi. Nah untuk mengatasinya, anda dituntut untuk mengajarkan anak anda untuk gosok gigi dengan Tips dan Trik Mengajarkan Anak Menggosok Gigi yang akan dijelaskan kali ini.


Mengajarkan Anak menggosok gigi sebenarnya tidak sesulit yang anda bayangkan. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengajarkannya dengan cara yang menyenangkan bagi dia. Setiap anak pastilah memiliki daya imajinasi yang sangat tinggi (melebihi orang dewasa) dalam melakukan apapun, jadi jika anda bisa mengajarkan betapa sikat gigi itu menyenangkan, secara otomatis dia juga akan senang melakukannya. Nah, berikut ini adalah beberapa Tips dan Trik Mengajarkan Anak Menggosok Gigi :

Tips dan Trik 1 : Ajarkanlah sejak usia dini
Jika anda sudah bisa membiasakan sang anak untuk gosok gigi sejak kecil, maka ketika dia mulai besar sudah tidak akan jadi masalah lagi bagi anda karena dia akan tetap melakukannya. Pertanyaannya kapan anda harus mulai mengajarkan ini? Nah ketika anak anda sudah punya beberapa gigi yang tumbuh, cobalah anda yang menggosok giginya dan berikan pengertian bahwa anda berusaha menyingkirkan kuman / monster jahat yang ada di mulutnya. Jika dia mau melakukannya maka berikan hadiah sebagai pendorong.

Tips dan Trik 2 : Ajak sang anak mandi bersama dengan anda
Anak-anak pasti sangat suka bermain apalagi saat mandi, pastilah mereka senang bermain air. Nah inilah kesempatan anda untuk mengajarkannya gosok gigi. Mungkin awalnya mereka agak merasa aneh dan enggan melakukannya, tapi jika anda secara sabar terus mengajarkannya dan memancingnya dengan menunjukkan bagaimana cara menggosok gigi yang menyenangkan, pasti lama-lama dia akan panasaran dan mau mencoba. Setelah cara ini berhasil membuatnya mau menggosok gigi, ajarkan juga padanya agar gosok gigi dimalam hari sebelum tidur

Tips dan Trik 3 : Berikan imajinasi yang kuat dan menyenangkan
Imajinasi pada saat anak-anak akan jauh lebih tinggi dibandingkan ketika dia sudah dewasa. Jadi, cobalah untuk memberikannya gambaran bahwa gigi yang belum digosok itu akan ada monster-monster kecil yang nakal bersarang didalam, dan monster itu harus diusir dengan cara menggosok gigi. Pengertian monster ini akan memberinya sebuah gambaran ada makhluk jahat didalam mulutnya yang harus diusir agar dirinya tidak diganggu. Nah rata-rata anak pasti akan menanggapi ini dan tidak jarang mereka akan langsung menggosok gigi mereka sendiri tanpa perlu disuruh lagi lho.

Tips dan Trik 4 : Ajarkan cara Menggosok Gigi padanya
Cara yang paling tepat  untuk mengajarkan cara menggosok gigi padanya adalah ketika anda juga akan melakukannya. Coba tunjukkan pada dia bagaimana cara menggosok gigi yang baik, benar dan menyehatkan. Jangan lupa juga untuk menunjukkan cara yang menyenangkan dalam menggosok gigi seperti menggosok gigi dengan pelan, kemudian tunjukkan gigi anda didepannya sambil tersenyum seolah-olah anda memamerkan barang bagus padanya.

Tips dan Trik 5 : Ajak sang anak membeli sikatnya sendiri
Wajib bagi anda untuk selalu memberikan gambaran pada sang anak betapa penting dan menyenangkannya menggosok gigi, karena itu anda juga harus mempersiapkan sikat sendiri bagi sang anak yang bisa anda sebut sebagai alat tempur untuk membasmi monster mulut. Nah ajaklah anak anda ke toko untuk membeli sikatnya sendiri, dan biarkan dia memilih sikat yang menurutnya paling bagus dalam membasmi monster yang ada dimulutnya. Oya jangan lupa, anda juga harus memastikan agar sikat yang dipilihnya berkualitas, memiliki bulu yang lembut serta tidak akan menyakit giginya nanti ketika menggosok.

Bagaimana menurut anda? Cukup mudah bukan cara mengajarkan gosok gigi pada anak anda? Oke, semoga Tips dan Trik Mengajarkan Anak Menggosok Gigi ini bisa bermanfaat bagi anda dan juga anak anda. Jika sang anak masih agak rewel, tetaplah berusaha mengajarkannya dengan sabar dan tanpa menyerah, karena kebiasaan menggosok gigi akan membuat anak anda bisa selalu menjaga kesehatan giginya ketika dia dewasa nanti. :)

how to buy car insurance online

Share on :