Perusahaan DNP rancang Durable Plastic yang sekuat Gorilla Glass

model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Anda yang pernah menggunakan perangkat gadget Touch Screen baik Smartphones ataupun Tablet pasti tahu kalo layar tempat anda menyentuh terbuat dari kaca yang diproses secara kimia. Sayangnya perangkat kaca tersebut sering kali menimbulkan masalah, mulai dari retak saat tidak sengaja terjatuh sampai dengan bobotnya yang berat karena menggunakan material bagus seperti Gorilla Glass.

Nah, Perusahaan DNP (Dai Nippon Printing) telah menemukan pengganti panel kaca tersebut yaitu sesuatu yang disebut sebagai Durable Plastic. Durable Plastic ini diklaim oleh DNP memiliki tingkat kekerasan pensil hingga 9H dan kuat seperti Gorilla Glass. Bukan itu saja, DNP juga mengatakan Durable Plastic rancangannya ini memiliki banyak keunggulan lain.


Produk yang bahkan belum diberi nama ini terdiri dari 3 bagian. Bagian paling muka merupakan lapisan untuk sidik jari sentuhan, bagian tengah berisi sepotong plastik dan bagian belakang berisi lapisan pengerasan. Ketebalan bahan ini hanya sekitar 0,5 - 1,5 mm saja dengan berat kira-kira setengah dari panel kaca.

Dengan tingkat kekerasan pensil mencapai 9H, membuat Durable Plastic ini sangat tahan terhadap goresan. Perusahaan pembuatnya mengatakan Durable Plastic ini sudah di tes dengan menggosok 200kali dengan wol baja seberat 500g/cm2 dan tidak ada goresan yang terjadi. Dengan hasil yang impresif ini, tentu saja membuat Durable Plastic akan lebih tahan terhadap goresan dan tentunya retak / pecah saat terjatuh seperti panel kaca pada umumnya.


Nah selain bisa digunakan untuk perangkat Smartphones, Tablet, Laptop dan perangkat elektronik lainnya, Durable Plastic rancangan DNP yang juga bisa ditekuk ini (flexible) akan sangat cocok untuk dipergunakan sebagai layar OLED. Dengan ketebalan 1mm, plastik ini bisa ditekuk ke diameter 140mm, sementara ketebalan 0,5mm  bisa ditekuk hingga diameter 90mm.

Dengan penemuan inovatifnya ini, pihak DNP sangat yakin bisa menarik minat para developer gadget dan elektronik untuk menggunakan Durable Plastic hasil rancangannya. DNP akan menargetkan produksi masal Durable Plastic ini pada tahun 2014 mendatang. Semoga saja nanti developer gadget yang menggunakan teknologi ini bisa menjual dengan harga terjangkau barang kreasinya nanti. :)

Artikel Durable Plastic sekuat Gorilla Glass ini bersumber dari Techspot.com, terima kasih :)
model mobil terbaru, interior mobil, aksesori mobil, asuransi mobil, bengkel mobil, asuransi mobil online
Share on :