Gadget and Trick!

Friday, January 11, 2013

Tips Merakit PC / Komputer Gaming Murah Meriah namun Bagus dan Hemat Listrik

Tips Merakit PC / Komputer Gaming Murah Meriah namun Bagus dan Hemat Listrik. Sobat maniax, memang kalo bahas masalah gaming beserta PC yang digunakan untuk bermain ini ngga bakal ada habisnya. Teknologi gaming selalu dituntut menjadi lebih bagus, indah dan luas, begitu juga dengan PC-nya yang tentunya akan mengikuti tren perkembangan gaming ini sendiri. Banyak orang bilang merakit komputer gaming pasti membutuhkan biaya yang sangat banyak, tapi tahukah anda kalau pernyataan ini ternyata salah?


Ya, anda bisa kok Merakit PC / Komputer Gaming Murah Meriah namun Bagus dan Hemat Listrik. Karena itulah disini saya akan memberikan beberapa tipsnya yang insya Allah bisa bermanfaat bagi anda semua. Tapi sebelumnya anda harus memenuhi beberapa syarat dulu yaitu :
  1. Anda tidak terlalu mempermasalahkan soal grafis dan kehalusannya seperti tingkat anti aliasing.
  2. Anda bisa dan mau bermain pada layar yang relatif standar / agak kecil.
  3. Anda mau main game yang hanya bisa dimainkan pada Windows XP SP3 (Optional)
  4. Anda tidak mudah gengsi dan iri pada PC / Komputer Gaming yang mewah
Berat? Awalnya memang iya.. apalagi yang masalah gengsi.. wah bisa-bisa harga diri anda sebagai seorang gamer anjlok ini.. benerkan? SALAH! Bagaimana bisa anda gengsi punya komputer gaming yang cerdas? sebuah komputer gaming yang tetap bisa memainkan game yang sama dengan komputer yang mewah, malahan  anda hanya mengeluarkan biaya yang jauh lebih murah dan tentunya hemat listrik. Nah sekarang ngga ada alasannya anda gengsikan? hehehe... True Gamer is True Tweaker! Not True buang-buang Duiter!

Gimana sudah sregkan? Oke berikut adalah beberapa Tips Merakit PC / Komputer Gaming Murah Meriah namun Bagus dan Hemat Listrik :

1. Beli Monitor LCD kotak ukuran 15 - 17" dengan Merk menengah bawah
Monitor LCD berbentuk kotak biasanya hanya dimiliki oleh produk dari developer kelas menengah bawah saja dan tentu saja ini akan berharga sangat murah lho sekitar 500 - 700rb saja. Merk menengah bawah yang bisa anda gunakan seperti AOC, Advance, Inforce, Evio dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggunakan LED jika ingin listrik lebih hemat. Oya pastikan LCD / LED yang akan anda beli itu mendukung setidaknya resolusi 1024 x 768 ya.

2. Rakit Komputer Gaming yang Murah namun Powerfull
Ohooo.. mungkin ini gampang dikatakan tapi anda butuh sedikit kejelian agar produk yang anda beli nantinya tidak bottleneck. oke tenang, saya akan memberikan contoh hardware komputer lawas saya dibawah ini.
  • Motherboard : AsRock Dual VSTA (Slot Memory RAM ada 4 : 2 DDR1 dan 2 DDR2)
  • Prosesor : Intel Dual Core 2180 2GHz LGA 775
  • RAM : 2GB VGen DDR2
  • VGA : POV 8600 GTS 256MB GDDR3
  • DVD-RW : Lite-On
  • Harddisk : WDC 80 GB
  • Power Supply : Simbadda 500W
  • Monitor : Advance 16" Kotak
  • OS : Windows XP SP3
Nah lho... coba lihat itu spesifikasi komputer jadul saya diatas. Kalo dulu sih masih dianggap menengah gitu sih... tapi sekarang.. itu mah super-super low alias komputer kelas paling bawah! Lha wong dari VGA-nya aja skor Benchmark dengan Passmark hampir sama dengan Intel HD 3000 lho.. yang sekarang udah bawaan laptop itu. Eiiitss.... tunggu dulu, dengan spesifikasi seperti itu saya bisa lho memainkan game modern dengan lancar seperti :
  • Resident Evil 5 (Setting High, Motion Blur Off, Anti Aliasing Off, V-Sync On) :
    Playable dengan minimum FPS sekitar 35-40
  • Devil May Cry 4 (Setting High, Anti aliasing Off, V-Sync On)
    Playable dengan minimum FPS sekitar 40-45
  • Fable The Lost Chapter (Setting High atau Maksimum, Anti Aliasing 2x, V-Sync On)
    Sangat playable dan kemungkinan FPS stabil di 55-60
  • Mirror Edge (Setting High, Anti Aliasing Off, V-Sync On)
    Playable namun ada sedikit lag beberapa detik ketika masuk ruangan tertentu dengan banyak resource dan FPS kemungkinan ada diangka 35-50
  • PES 2013 (Setting High, V-Sync On)
    Sangat Playable seperti Sepak Bola nyata dan saya yakin FPS stabil di 60
Nah gimana? Kerenkan? Mau juga punya PC / Komputer Gaming Murah yang bisa memainkan game-game seperti itu? Oke coba anda rakit seperti berikut ya :
  • Prosesor + VGA : Cari jenis APU milik AMD yang terbaru karena prosesor jenis ini sudah termasuk dengan VGA / Kartu Grafisnya, atau bisa juga mencari jenis Intel namun bedanya pada Intel anda harus mencari sendiri-sendiri antara Prosesor dan VGA. Tenang ada kok yang terjangkau dan powerfull :)
  • Motherboard : Cari motherboard yang mendukung prosesor APU yang anda pilih diatas tersebut. Kalo bisa anda beli paketan Motherboard + Prosesor APU ini karena biasanya sering juga dijual paketan (AMD gitu lhoo..). Jangan lupa yang bisa di upgrade ke depannya ya. Untuk Intel? Anda pasti lebih tahu karena seri intel lebih mudah untuk ditengarai dan didapatkan. Cukup sesuaikan saja dengan Prosesor pilihan anda diatas.
  • RAM : Cukup anda cari RAM 2GB atau max 4GB saja tentunya yang juga sesuai dengan motherboard anda. Misalkan motherboard anda mendukung DDR3, maka anda beli RAM 2-4 GB DDR3. Saran saya anda bisa menggunakan RAM standar VGen atau yang pakai heatsink dari VenomRX, tenang harganya sangat terjangkau kok.
  • Harddisk : Cari Western Digital Black karena jenis ini paling tangguh dan cepat. Ngga perlu besar-besar ukurannya, cari saja 160 - 320GB sesuai dengan kebutuhan anda.
  • DVD-RW : Terserah apapun bisa! Saya sarankan ambil antara merk Samsung, Lite-On, Pioneer, LG atau Asus.
  • Power Supply : Cari merk Simbadda 500-600W atau yang lebih kualitas cari merk VenomRX di watt yang sama. Jangan kaget lihat watt-nya lho ya, karena ini jumlah watt yang bisa ditampung oleh Power Supply bukan besar watt saat pertama kali dijalankan.
  • OS : Install Windows XP SP3 untuk bisa memainkan game-game modern. Mengapa Windows XP? Karena Windows inilah yang paling bagus performanya untuk gaming dibandingkan dengan Windows lainnya termasuk Windows 7 yang paling populer sekalipun. Selain itu developer gaming besar masih banyak kok yang masih menggunakan DirectX 9.0 yang ada pada Windows XP, coba saja lihat seri game terbaru seperti Far Cry 3 yang bergrafis indah.

3. Setting Resolusi di 1024 x 768 saat main Game
Saat main game, atur resolusinya pada 1024 x 768 jika memang game tersebut mendukung. Namun jika tidak ada maka anda harus mengatur resolusi yang paling mendekatinya seperti 1280 x 720 atau lainnya. Ingat semakin kecil setting resolusi maka akan semakin bagus dan lancar juga performa gaming itu, namun gunakan setting resolusi diatas untuk mendapatkan sensasi bermain yang tetap bagus tanpa membuang performa.

4. Ingin main lebih lancar dan enteng? Ayo kita Tweak!
Tips Merakit PC / Komputer Gaming Murah Meriah namun Bagus dan Hemat Listrik ini ngga bakal lengkap tanpa Tweaking, so langsung saja kita kerjakan. Langkah pertama untuk tweak adalah anda mematikan semua fasilitas Triple Buffering dan V-Sync (Set menjadi Off) pada saat anda bermain game. Mudah kok, masuk saja ke game yang ingin anda mainkan kemudian set V-Sync dan Triple Buffering Off, silahkan anda simpan (jika ada konfirmasi) dan silahkan anda exit.

Langkah kedua adalah dengan menggunakan software Direct3D Overrider (yang hanya berfungsi pada DirectX 9 saja) yang ada pada Rivatuner. Langkah lengkap cara install dan penggunaannya bisa anda dapatkan pada artikel Cara mudah mengatasi Lag tiba-tiba pada Game disini.

Fuaaaaaah.... akhirnya selesai juga... hehehe... oke silahkan anda berexperimen sendiri dan insya Allah ini akan berhasil karena saya sudah membuktikannya sendiri lho hoho. Oke semoga artikel Tips Merakit PC / Komputer Gaming Murah Meriah namun Bagus dan Hemat Listrik ini bermanfaat untuk anda para gamer cerdas. :)

Tips Merakit PC / Komputer Gaming Murah Meriah namun Bagus dan Hemat Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mr6ta