Wah Philips keluar dari Bisnis Consumer Electronics setelah 80 Tahun

Wah Philips keluar dari Bisnis Consumer Electronics setelah 80 Tahun. Sobat maniax, memang sepertinya cukup jarang orang yang tidak tahu nama Philips dan itu tidak mengherankan karena mereka sudah ada dalam dunia bisnis elektronik sekitar 80 tahun! Wow sangat lama ya... namun sayangnya baru saja saya dapat berita dari techspot.com tertanggal 30 Januari 2013 dimana ternyata Philips akhirnya harus menutup salah satu divisi bisnis yang paling lama bertahan yaitu Consumer Electronics. 

Ditutupnya Bisnis Consumer Electronics dari Philips ini bukan tanpa alasan, melalui CEO-nya Frans van Houten mengatakan bahwa saat ini produk Elektronik Philips yang paling diunggulkan yaitu DVD dan Blue-Ray sudah tidak bisa meraih penjualan yang sesuai dengan harapan. Ini dikarenakan semakin berkembangnya dunia musik dan juga video berformat digital di internet sehingga orang-orang sudah banyak yang tidak membeli player semacam DVD dan Blue-Ray ini lagi ssekarang.


Kemana Aset Philips diserahkan?
Berdasarkan Wall Street Journal, Philips diketahui telah menyerahkan seluruh aset Consumer Electronicnya seperti Audio, Video, Multimedia dan juga Aksesoris pada perusahaan Jepang Funai Electric Co senilai $201,8 Juta.

Perusahaan Funai Electric jepang

Sekilas Sejarah Consumer Electronics Philips
Dulu Philips merupakan salah satu raja dalam sejarah Consumer Electronics dan bahkan tahun 1930 mereka menjadi Perusahaan Supplier Radio terbesar di Dunia. Mereka kemudian mulai mengembangkan Audio Kaset pada tahun 1963 dan mendapat tanggapan yang sangat positif dari konsumen. Tahun 1972 akhirnya mereka berhasil membuat teknologi Video Kaset Recorder dan beberapa dekade berikutnya mereka dianggap sebagai salah satu yang mempopulerkan penggunaan Compact Disc. Bahkan mereka juga dianggap salah satu perusahaan yang membuat booming DVD dan Blue-Ray Format setelah itu.

Philips Blue Ray

Philips saat ini


Sang CEO menyatakan saat ini Philips akan lebih berkonsentrasi pada divisi produk kesehatan dan lighting / lampu yang memang saat ini masih cukup menguasai pasar diseluruh dunia. Kendati mereka sudah meninggalkan Consumer Electronics, Philips akan tetap memantau dan bertanggung jawab pada produk unggulan yang mereka buat seperti Alat Pencukur dan beberapa produk lainnya. Yak, semoga Philips tetap bisa menghasilkan produk-produk inovatif lagi seperti lampu super hemat daya yang sangat terkenal itu :)