Apa itu Skydrive? Dan apa fungsinya bagi para pengguna Windows?

Apa itu Skydrive? Dan apa fungsinya bagi para pengguna Windows? Pertanyaan semacam ini mulai meningkat setelah pihak Windows membuat sebuah fasilitas baru yang juga disematkan pada OS Windows 8 bernama Skydrive. Dan anda pasti sudah tahu kalo Windows membuat sesuatu yang baru pastilah akan cepat tersebar beritanya dan tentunya juga bakalan membuat penasaran para user Windows dan juga pesaingnya.

Jadi Apa itu Skydrive?
Anda mengerti fasilitas iCloud milik Apple dan Google Drive milik Google? Jika iya, maka anda bakal mengerti apa itu Skydrive buatan Microsoft ini. Tapi kalo belum tahu, ngga masalah karena akan saya coba menjelaskannya secara singkat agar anda lebih mengerti nantinya. :)
      

iCloud dan Google Drive adalah fasilitas Cloud Storage dimana anda menyimpan data-data anda disana untuk anda pergunakan lagi suatu saat. Cloud Storage sendiri bisa mempermudah anda untuk melakukan sharing dengan memberikan semacam link download kepada teman anda ataupun orang lain. Ya, jadi anda ngga perlu repot-repot kirim file melalui email atau bahkan harus berteme dengan teman anda (kecuali kalo filenya sudah ukuran puluhan GB sepertinya itu sudah masalah lain deh... haha).

Lho trus apa bedanya Cloud Storage dengan semacam Uploader File seperti 4Shared?
Kalo menurut saya pribadi sih sekarang hampir ngga ada bedanya karena justru rata-rata penyedia layanan Uploader file seperti 4shared, mediafire dan lain-lain juga sudah mengubah layanan mereka menjadi Cloud lho. Tapi kalo diluar sana masih ada yang memberi nama sebagai File Uploader / Hosting, maka intinya sebenarnya sama tapi ada sedikit perbedaan dimana File Uploader sendiri biasanya memberikan batasan speed yang cukup signifikan bagi member free, sementara Cloud Service malah banyak menyediakan secara Direct Link dan Full Speed. Sudah mulai jelaskan?


Nah sekarang saatnya kembali ke pertanyaan Apa itu Skydrive. Jika Apple sangat bangga dengan iCloudnya dan Google sangat salut dengan Google Drive-nya, maka kini giliran Microsoft yang membuat semacam Cloud Service bernama Skydrive. Microsoft memberi sebutan bagi Skydrive sebagai "Device Cloud" dimana memiliki fungsi menyesuaikan setting dan apps yang ada pada device ber-OS Windows dan kemudian menghubungkannya langsung dengan Skydrive sendiri. Sebagai contoh anda mengambil foto dengan Windows Phone, maka hasil foto anda bisa langsung terupload pada Skydrive jika anda sudah terdaftar untuk penggunaan layanan ini.

Perbandingan Storage antara Skydrive, iCloud, Google Drive dan Amazon Cloud Drive
Tentu saja salah satu fasilitas paling menarik sekaligus sebagai pertimbangan paling besar bagi user untuk menggunakan Cloud Storage adalah Space yang disediakan. Seberapa besar Skydrive bisa menyediakan space untuk user Windows-nya? Berikut adalah perbandingannya dengan fasilitas rival :


Hmmm.. cukup menarik kan?
Anda yang tertarik untuk menggunakan Skydrive dari Microsoft ini bisa masuk melalui link dibawah ini :
Catatan :
Anda harus punya akun Windows Live dulu untuk menggunakan layanan SkyDrive ini, jadi kalau anda belum punya maka anda diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu dengan mengunjungi link diatas dan meng-klik tulisan "Sign up Now" pada bagian paling bawah

BTW.... Sebelumnya memang Microsoft sudah menawarkan free Cloud Storage dari Skydrive sebesar 25GB bagi mereka yang mendaftar sebelum 22 April 2012, namun karena saya juga baru tahu baru-baru ini... ya alhasil dapetnya cuman 5 GB saja sekarang hahaha (Maaf ya.. informasinya telat nih @_@). Nah sekarang anda sudah mulai tahukan apa itu Skydrive? Oke semoga sedikit penjelasan ini bisa membantu anda untuk mempertimbangkan dan memilih manakah Layanan Cloud Storage yang paling sesuai bagi anda :)