Benchmark Alan Wake pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT

Benchmark Alan Wake pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT. Yo sobat maniax, setelah sebelumnya saya sudah melakukan benchmark pada game DmC yang ternyata masih bisa dimainkan dengan nyaman pada settingan High, kali ini saya ingin mencoba game yang lebih berat lagi... yaitu Alan Wake. Game Alan Wake ini awalnya hanya muncul di konsol saja namun akhirnya dirilis juga di PC walaupun memang game ini tergolong portingan yang cukup buruk dari konsol dan tentu saja bakal cukup buggy serta membutuhkan spek PC yang tinggi.

Sebelum masuk dalam Benchmark Alan Wake pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT, seperti biasa mari kita lihat dulu Requirement PC yang dibutuhkan oleh game ini :



Minimum Requirement  game Alan Wake pada PC :
OS : Windows XP
Prosesor : Core 2 Duo E4400 2.0 GHz
RAM : 2GB
VGA : 7900GS atau yang setara

Recommended Requirement  game Alan Wake pada PC :
OS : Windows 7 Ultimate 64 bit
Prosesor : Core 2 Quad Q6700 2,66 GHz
RAM : 4GB
VGA : Radeon HD 5830 atau yang setara
 
Dari requirement diatas terlihat kalo Sistem saya juga berada dibawah minimum Requirement sekalipun (kecuali pada bagian VGA yang sepertinya imbang dengan milik saya). Hal ini sama dengan kasus pada DmC namun ternyata secara mengejutkan bisa saya mainkan pada Settingan High sekalipun dengan Lancar dan Nyaman. Nah pertanyaannya bagaimanakah dengan Alan Wake? Akankah game ini juga cukup bersahabat dengan PC lawas? Mari kita buktikan.

1. Persiapan Komputer Jadul
  • Motherboard : AsRock Dual VSTA (Ada 2 slot DDR1 dan 2 slot DDR 2)
  • Prosesor : Intel Dual Core E2180 2.0 GHz
  • Memory RAM : 2GB
  • VGA : POV 8600GT 256MB DDR3
  • Harddisk : WDC 80GB
  • Layar : Advance 15,6"
  • DVD : Lite-On
  • PSU + Casing : Simbadda (500W PSU)
  • Estimasi perkiraan biaya untuk harga second : Rp. 1,5Juta
2. OS yang digunakan dan langkah-langkah awal sebelum menjalankan Game
Saya menggunakan OS Windows XP SP3 dan Menginstall fungsi Direct3D Overrider dari RivaTuner. Yang mau tahu pemakaian Direct3D Overrider silahkan lihat disini.

3. Hasil Benchmark Alan Wake pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT
Dalam benchmark ini saya akan menggunakan resolusi 1024 x 768 dengan 3 Settingan yaitu High Setting, Medium Setting dan Low Setting dimana semua settingan ini tanpa menggunakan VSync (VSync OFF). Dan saya sempat kaget karena saat baru memulai game, langsung dikejutkan tulisan dibawah ini hahahaha :


Seperti apa ya kira-kira hasil benchmark nya? Monggoh silahkan dilihat dibawah ini :

Setting High - HUD Enable - VSync Off

Sangat terlihat jelas kalo game ini terasa sangat lambat berjalan pada komputer jadul saya mengingat grafis game memang ini tergolong bagus, detail dan memiliki resource banyak. Yak kemungkinan besar memang dikarenakan Prosesor, Memory RAM serta VGA saya sangat kurang untuk memainkan game ini pada level High.
FPS yang saya rasakan sekitar 8-10 fps

Setting Medium - HUD Disable - VSync Off

Masih terlihat jelas game ini sangat lambat kendati memang cukup terlihat peningkatan fps dibandingkan sebelumnya sekitar 5-10 fps. Tapi tetap saja dengan tingkat fps sangat rendah seperti ini, game ini tidak playable.
FPS yang saya rasakan sekitar 15-18 fps

Setting Low - HUD Disable - VSync Off

Pada setting ini, sudah mulai terasa lebih nyaman kendati memang tetap saja fps yang didapatkan masih  ada yang dibawah 30fps dan tentunya secara normal sebenarnya game ini kurang nyaman untuk dimainkan. Tapi entah kenapa pada setting ini saya merasa cukup nyaman memainkannya walaupun memang terlihat jika game berjalan agak lambat.
FPS yang saya rasakan sekitar 25-32 fps

4. Kesimpulan Benchmark Alan Wake pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT
Yak jujur saya katakan kalo game ini kurang bersahabat dengan PC Jadul mengingat game ini memang seperti Open World dan juga merupakan hasil portingan dari konsol yang sepertinya diberikan sedikit enhancement. Game Alan Wake ini sebenarnya memiliki storyline dan gameplay yang bagus namun sayang, hasil portingan dari konsol yang cukup buruk membuat game ini terasa berat dimainkan pada PC Jadul sekalipun menggunakan settingan Low. Oya nanti saya coba akan membuat perbandingan dengan game Open World Mafia II yang katanya terkenal ramah dengan PC, harap bersabar ya :)