PS4 Meluncur, Harga PS3 Diprediksi turun drastis hingga 60%. Sobat maniax, masih ingatkah anda ketika konsol PS3 atau bahkan yang terbaru Nintendo Wii U pertama kali diumumkan secara resmi versi final-nya dan beberapa hari kemudian sudah dirilis? Nah, pengumuman final ini ternyata berpengaruh sangat besar bagi konsol versi sebelumnya karena terjadi penurunan harga yang sangat drastis hingga lebih dari 60%!


Ya ini nyata lho... Coba saja anda bandingkan ketika PS2 pertama kali muncul dengan harga mencapai 5 juta lalu beberapa tahun kemudian akhirnya stabil di 3 juta dan akhirnya menurun drastis hingga menjadi Rp. 1,3 juta saat PS3 muncul. Begitu juga dengan Nintendo Wii yang awalnya stabil di angka 2,5 juta, tiba-tiba langsung saja drop menjadi hanya Rp. 1,2 juta saja saat Nintendo Wii U muncul. Perbandingan penurunan harga bisa anda lihat pada grafik dibawah ini.


Ya, hal ini sepertinya sudah terbukti menjadi budaya dalam dunia konsol khususnya seri Sony Playstation. Nah pertanyaannya bagaimanakah dengan harga konsol PS3 nantinya saat PS4 benar-benar muncul? Yak.. jangan kaget ya... karena saya juga melihat pada beberapa reviewer handal ternyata mereka juga memprediksi jika "Drop Price" ini pasti akan terjadi dan berita bahagianya, konsol PS3 versi 160GB ini diprediksi bakal berharga sekitar $144 saja lho (dan kemungkinan jika masuk Indonesia mungkin berharga Rp. 1,5 - 1,7 juta).

Saya pribadi ngga kebayang jika ternyata dalam waktu dekat ini harga PS3 bisa turun drastis seperti prediksi diatas mengingat para developer game masih sangat berminat untuk membuat game-game terbaru untuk konsol ini. Wah... bisa-bisa makin menggila nih Rental PS3 dimana-mana layaknya Rental PS2 yang sudah menjamur hahaha. Well... kita tunggu saja berita updatenya nanti langsung dari Sony (dan semoga harga murah ini segera terealisasi biar harga rental PS3-nya bisa turun juga jadi kisaran 2500/jam wakakak).