Sony umumkan sedikit detail Playstation 4 di New York. Sobat maniax, pengumuman Sony tentang Playstation 4 tadi pagi di Media Event New York mungkin bisa jadi pengumuman paling aneh dan tentunya agak mengecewakan. Bagaimana tidak, jika sebelumnya Sony sempat berjanji akan memberikan bocoran besar, ternyata yang ditunjukkan hanyalah detail system dan juga bentuk controller PS4 saja Lalu bentuk konsolnya? Tidak ada sedikitpun gambaran yang diberikan. Well... meskipun begitu memang berita ini cukup bagus juga untuk di ikuti.


Detail spesifikasi Playstation 4
Dalam event kali ini, pihak Sony memberikan detail system Playstation 4 sesuai dengan gambar dibawah ini yang saya dapatkan dari Techspot :


Lebih lengkapnya spesifikasi Playstation 4 yang dibeberkan oleh Sony adalah :
  • Prosesor 8-inti x86 AMD Jaguar beserta VGA bawaan Radeon yang mampu melakukan komputasi hingga 1,84 TFlops
  • Memory sebesar 8GB GDDR5
  • Built-In Harddisk
  • Menggunakan arsitektur yang disebut sebagai Supercharged PC
  • Ada Secondary Prosesor yang digunakan untuk men-download game pada proses background dan memungkinkan anda bisa memainkan game tersebut sambil tetap men-download.
  • Performa Konsol ini dikatakan mampu me-render hingga 30.000 polygon secara real-time, dan sebagai perbandingan anda bisa melihat pada game Heavy Rain yang masih menggunakan 15.000 polygon.

Bentuk Controller Playstation 4
Selain detail spesifikasi hardware, Sony juga menunjukkan game controller dari PS4 yang menurut saya pribadi cukup unik. Controller PS4 ini dilengkapi oleh Touchpad, Headphone Jack dan juga sebuah tombol untuk melakukan share. Gamepad ini juga dilengkapi sebuah "Light Bar" yang berfungsi untuk mengidentifikasi player serta memungkinkan 3D Camera untuk melakukan track terhadap gerakan dan juga jarak.


Playstation 4 = Cloud Gaming?
Anda yang tertarik memiliki PS4 namun juga sebagai pemilik PS3 mungkin bakalan kurang senang dengan pemberitaan dari Sony. Ya, dikatakan game PS3 tidak akan bisa secara langsung kompatibel dan dimainkan pada PS4. Sony sepertinya tahu jika berita ini bakal mengejutkan para gamer, namun mereka sudah menyiapkan senjata ampuh yaitu Gaikai.

Gaikai ini adalah fasilitas Cloud Gaming yang resmi akan digunakan oleh Playstation 4 dimana akan memungkinkan anda untuk bisa mencoba terlebih dahulu demo dari game-game yang akan dijual pada Playstation 4 sebelum anda benar-benar membelinya. Beberapa game yang sudah dipastikan rilis pada Playstation 4 nanti antara lain Watch Dogs, Killzone : Shadow Fall, Driveclub, Deepdown, Infamous: Second Son dan salah satu yang paling dinanti adalah Bungie Destiny.

Pemilik PS Vita akan bisa memainkan judul Playstation 4
Anda masih ingat dengan Project Shield keluaran Nvidia? Nah kurang lebih cara kerja PS Vita memainkan game Playstation 4 nantinya akan seperti itu. Jadi anda pemilik PS Vita nantinya bisa melakukan fitur yang disebut sebagai Remote Play dimana memungkinkan anda melakukan Streaming game dari PS4 langsung ke PS Vita anda.


Playstation 4 akan dirilis kisaran Pertengahan hingga Akhir tahun 2013
Di akhir pembicaraan terlihat jika Sony masih sangat tertutup mengenai kapan perilisan resmi atau bahkan sekedar penunjukkan bentuk konsol Playstation 4 ini. Ya, Sony hanya memberikan petunjuk jika PS4 akan dirilis pada kisaran Pertengahan hingga Akhir tahun 2013 ini. Dan sekali lagi sangat disayangkan.. karena Sony pun belum memberitahukan secara pasti berapa kira-kira harga dari konsol Next-Gen tercanggihnya ini.

Artikel Pengumuman Detail Sony Playstation 4 di New York ini berasal dari Techspot.com, Guru3d.com dan theverge.com