Gadget and Trick!

Friday, March 15, 2013

Benchmark Game Assassin Creed Revelation pada PC Jadul E2180 + 8600GT

Benchmark Game Assassin Creed Revelation pada PC Jadul. Sobat maniax, sebenarnya yang mau saya benchmark kali ini adalah Assassin Creed 3 (AC3)... tapi sayangnya ngga bisa karena ternyata game AC3 sudah menggunakan teknologi DirectX 10 / 11, sementara PC Jadul saya hanya bisa menggunakan Windows XP yang masih menggunakan DirectX 9. Nah karena itulah saya kemudian mencari solusi lain dengan melakukan benchmark pada game seri Assassin Creed yang tidak kalah bagus yaitu Assassin Creed Revelation.

Sebenarnya seri game Assassin Creed cukup terkenal dengan portingan yang agak buruk karena hampir disetiap serinya sulit untuk bisa dimainkan dengan sangat lancar dan halus kendati menggunakan VGA yang cukup mumpuni (Medium Level), kecuali anda sudah menggunakan versi High-End... tentu saja bakal lain ceritanya hahaha. Nah awalnya saya mengira game ini bakal berjalan cukup berat pada PC Jadul saya, tapi ternyata setelah dicoba.. keajaiban pun mulai terjadi. So dari pada penasaran, langsung saja... berikut adalah Benchmark Game Assassin Creed Revelation pada PC Jadul :


1. Perbandingan Requirement Game Assassin Creed Revelation dan PC Jadul saya
 
Minimum Requirement Game PC Assassin Creed Revelation :
Prosesor : Intel Core 2 Duo E4300 1.8 Ghz atau AMD Athlon64 X2 4600 2.4GHZ
RAM : 1,5 - 2 GB
VGA : GeForce 7600 GT 256MB atau Radeon X800 GT
DirectX : 9
OS : Windows XP SP3
  
Recommended Requirement Game PC Assassin Creed Revelation :
Prosesor : Core 2 Duo E6700 2.66GHz atau Athlon 64 X2 Dual Core 6000+   
RAM : 4 GB
VGA : GeForce GTS 250 atau Radeon HD 5670 512MB   
DirectX : 9
OS : Windows 7
  
Spesifikasi PC Jadul saya :
Motherboard : AsRock Dual VSTA (Ada 2 slot DDR1 dan 2 slot DDR 2)
Prosesor : Intel Dual Core E2180 2.0 GHz
Memory RAM : 2GB
VGA : POV 8600GT 256MB DDR3
Harddisk : WDC 80GB
Layar : Advance 15,6"
DVD : Lite-On
PSU + Casing : Simbadda (500W PSU)

Hmmm.. diluar dugaan saya, ternyata Minimum Requirement dari Assassin Creed Revelation ini cukup sederhana lho dan PC Jadul saya masih lumayan seimbang dengan itu, kecuali pada bagian prosesor saja. So dengan requirement seperti ini tentu saja saya yakin kalo PC Jadul saya bisa memainkan game ini dengan lancar pada level Low-Medium.
  
2. OS yang digunakan dan langkah-langkah awal sebelum menjalankan Game
Saya menggunakan OS Windows XP SP3 dan Menginstall fungsi Direct3D Overrider dari RivaTuner. Yang mau tahu pemakaian Direct3D Overrider silahkan lihat disini.
 
3. Hasil Benchmark Assassin Creed Revelation pada PC Jadul
Nah pada benchmark Assassin Creed Revelation ini saya akan menggunakan resolusi 1024 x 768 dengan 3 Settingan yaitu High Setting, Medium Setting dan Low Setting. Anda akan melihat bagaimana perbandingan kelancaran permainan yang saya rasakan pada game ini melalui hasil Benchmark Game Assassin Creed Revelation pada PC Jadul saya berikut ini :

Pada setting High - VSync OFF

Pada setting ini awalnya saya mengira jika game bakalan berjalan dikisaran 5 fps saja wakakak... tapi ternyata lebih baik dari dugaan saya walaupun memang kerasa ngelagnya hehehe. Nah saya merasakan lag ketika berada di kumpulan banyak orang, apalagi saat menoleh cukup sering saya merasakan adanya lompatan atau frame skip. Namun saat bertarung melawan templar herannya saya cukup nyaman lho memainkannya, cuman memang agak sedikit ribet juga kalo kabur atau mau ngejar musuh karena efek frame skip ini.
FPS yang saya rasakan berkisar 13-25

Pada setting Medium - VSync OFF
 
Setting Medium bagi saya sudah cukup nyaman untuk memainkan game ini baik saat bertarung dengan templar, kabur ataupun mengejar orang. Efek patah-patah atau frame skip disini terlihat lebih berkurang dibandingkan setting High. Setting ini sesuai dengan PC Jadul saya dimana masih menampilkan grafis yang cukup bagus namun tidak membuang performa terlalu banyak.
FPS yang saya rasakan berkisar 21-32
 
Pada setting Low - VSync OFF
  
Setting Low ini memang menampilkan grafis yang lebih sederhana dari level medium, tapi jangan khawatir karena anda akan tetap melihat tampilan yang tetap manis dan bagus kok. Ngga percaya? Coba lihat screenshot dibawah ini yang saya ambil sendiri dari in-game Assassin Creed Revelation.


Selain grafis yang masih cukup mantap, pada setting ini saya merasakan game Assassin Creed Revelation berjalan enteng dan jarang ada frame skip. Tentu saja dengan setting ini anda bakalan bisa bermain dengan nyaman baik dalam mode hajar langsung ataupun mode stealth.
FPS yang saya rasakan berkisar 28-45

4. Kesimpulan Benchmark Game Assassin Creed Revelation pada PC Jadul
Dari hasil diatas, tentu saja saya bisa menyebut game ini cukup bersahabat dengan PC Jadul saya kendati memang performa yang didapatkan tidak bisa stabil pada titik fps tertentu. Namun meskipun begitu game ini mampu saya mainkan dengan lancar dan cukup nyaman bahkan pada settingan Medium sekalipun (apalagi settingan low). Yak game ini Recommended bagi anda para gamer apalagi yang memiliki PC dengan spesifikasi lawas seperti saya :)

Benchmark Game Assassin Creed Revelation pada PC Jadul E2180 + 8600GT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mr6ta