Benchmark Game Elder Scroll Skyrim V pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT

Benchmark Game Elder Scroll Skyrim V pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT. Sobat maniax, game Elder Scroll Skyrim V memang benar-benar indah baik dari sisi Gameplay, Storyline, apalagi Grafis. Game ini menjadi salah satu game Open World terbesar yang pernah ada dan kabar baiknya game ini ternyata cukup bersahabat dengan PC Jadul lho.

Nah sobat seperti biasa, sebelum masuk ke Benchmark Game Elder Scroll Skyrim V pada Komputer Jadul saya, ada baiknya anda menyimak dulu bagaimanakah perbandingan Requirement dari game ini dengan PC jadul saya :


1. Perbandingan Requirement Game Elder Scroll Skyrim V dan PC Jadul saya

Minimum Requirement Game PC Elder Scroll Skyrim V :
Prosesor : Celeron E1200 Dual-Core 1.6GHz atau Athlon 64 X2 Dual Core 3600+
VGA : Radeon HD 3600 Series atau VGA dengan 512MB RAM
RAM : 2 GB
OS : Windows XP
 
Recommended Requirement Game PC Elder Scroll Skyrim V :
Prosesor : Core 2 Quad Q9400 2.66GHz atau Phenom II X4 920
VGA : GeForce GTX 260 atau Radeon HD 4890
RAM : 4 GB
OS : Windows 7
 
Spesifikasi PC Jadul saya :
Motherboard : AsRock Dual VSTA (Ada 2 slot DDR1 dan 2 slot DDR 2)
Prosesor : Intel Dual Core E2180 2.0 GHz
Memory RAM : 2GB
VGA : POV 8600GT 256MB DDR3
Harddisk : WDC 80GB
Layar : Advance 15,6"
DVD : Lite-On
PSU + Casing : Simbadda (500W PSU)

Cukup mengejutkan juga ternyata memang Spesifikasi minimum yang dibutuhkan oleh game ini terbilang bersahabat yaitu hanya membutuh prosesor Dual Core, namun memang VGA yang dibutuhkan sedikit tinggi sehingga cukup buat deg-degan saya juga haha. Tapi tenang, tidak perlu khawatir, nanti anda akan melihat sedikit keajaiban disini hehehe... Lanjut!

2. OS yang digunakan dan langkah-langkah awal sebelum menjalankan Game
Saya menggunakan OS Windows XP SP3 dan Menginstall fungsi Direct3D Overrider dari RivaTuner. Yang mau tahu pemakaian Direct3D Overrider silahkan lihat disini.
 
3. Hasil Benchmark Elder Scroll Skyrim V pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT
Dalam benchmark ini saya akan menggunakan resolusi 1024 x 768 dengan 2 Settingan yang berbeda yaitu Medium Setting dan Low Setting. Kenapa saya tidak mencoba High Setting? Karena saya tahu sendiri ini adalah game open world yang sangat luas dan saya tidak cukup gila mencoba setting itu kecuali ingin PC saya nge-hang... hahaha. Nah sekarang silahkan anda lihat hasil benchmarknya dibawah ini :
Setting Awal baik untuk Medium ataupun Low :

Setting Medium Quality
Klik Gambar untuk Memperbesar


Jujur kaget juga saya waktu game otomatis mendetect dan men-setting grafis pada Medium Quality, padahal game ini termasuk Open World yang sangat luas dan bergrafis bagus. Pada setting ini, grafis masih terlihat indah walaupun beberapa detail seperti pantulan air, bayangan dan lainnya terlihat sederhana atau bahkan dihilangkan. Pada setting ini saya bisa bermain dengan cukup nyaman dan memang sedikit lag terasa saat anda memasuki wilayah dengan banyak partikel seperti asap / debu ataupun bertarung dengan banyak orang.
FPS yang saya rasakan 20-35fps

Setting  Low Quality
Klik Gambar untuk Memperbesar


Nah pada setting ini memang terlihat jika kualitas texture menurun dan lebih sederhana, namun yang membuat saya kaget sekilas tampilan grafis ini tidak jauh berbeda dengan setting medium lho. Ya, kendati disetting Low tampilan grafis Elder Scroll Skyrim V masih tetap indah dan nyaman dipandang. Dan tentu saja dari sisi kelancaran permainan saya merasakan begitu nyaman dan cukup luwes gerakan dari karakter termasuk saat bersama cukup banyak objek.
FPS yang saya rasakan 30-50fps

4. Kesimpulan Benchmark Game Elder Scroll Skyrim V pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT
Jujur saya cukup puas dengan performa yang dihasilkan oleh game ini pada PC jadul saya. Walaupun saya melakukan setting Medium / Low sekalipun ternyata grafis yang dihasilkan masih tetap worthed dan nyaman di mata. Pada setting medium pun saya masih bisa memainkannya dengan cukup nyaman, namun saya lebih memilih Setting Low karena terasa lebih enteng saat memasuki area dengan banyak objek / orang / makhluk. Akhir kata, game ini cukup bersahabat dengan PC Jadul dan tidak lupa... semoga Benchmark Game Elder Scroll Skyrim V pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT bisa bermanfaat. :)

how to buy car insurance online

Share on :