Benchmark Game I'm Alive pada PC Jadul E2180 + 8600GT. Sobat maniax, kali ini saya mau melakukan Benchmark pada salah satu game andalan Ubisoft dikonsol dan di PC yaitu Im Alive. Nah game ini menceritakan tentang seseorang yang harus bertahan hidup setelah kotanya hancur lebur ditimpa bencana yang dahsyat. Yang menarik dari game ini, anda akan ditantang untuk bertahan hidup sekaligus menemukan Istri serta Anak anda yang tentunya ini tidak mudah... karena orang disekitar anda sangat berbahaya.

Im Alive sendiri memiliki grafis yang bagus dan kalo saya lihat memang bergaya khas survival seperti seri silent hill. Nah saya sendiri penasaran mem-benchmark game ini karena sekilas memang sistem yang digunakan hampir sama dengan seri Assassin Creed dimana anda diharuskan untuk memanjat untuk menuju target. Yak langsung saja, berikut adalah Benchmark Game I'm Alive pada PC Jadul E2180 + 8600GT.


1. Perbandingan Requirement Game I'm Alive dan PC Jadul saya
 
Minimum Requirement Game PC I'm Alive :
OS : Windows XP 
Processor : Core 2 Duo E6300 1.86GHz atau Athlon 64 X2 Dual Core 4200+
Memory : 2 GB
VGA : GeForce GT 220 atau Radeon HD 6350
DirectX : 9.0c
  
Recommended Requirement Game PC I'm Alive :
OS : Windows 7
Processor : Core 2 Quad Q6400 2.13GHz atau Phenom 9650 Quad-Core
Memory : 4 GB
VGA : GeForce GT 545 DDR5 atau Radeon HD 4850
DirectX : 11
  
Spesifikasi PC Jadul saya :
Motherboard : AsRock Dual VSTA (Ada 2 slot DDR1 dan 2 slot DDR 2)
Prosesor : Intel Dual Core E2180 2.0 GHz
Memory RAM : 2GB
VGA : POV 8600GT 256MB DDR3
Harddisk : WDC 80GB
Layar : Advance 15,6"
DVD : Lite-On
PSU + Casing : Simbadda (500W PSU)

Wah... dari requirementnya.. seperti sistem saya sedikit kalah, tapi kalo ngelihat yang buat Ubisoft saya jadi percaya diri hehe. Walaupun memang buatan Ubisoft juga terkenal agak buggy (pada seri Assassin Creed), tapi berita bahagianya Ubisoft masih memikirkan para pemilik PC Jadul dan tentunya game masihlah nyaman untuk dimainkan. :)
  
2. OS yang digunakan dan langkah-langkah awal sebelum menjalankan Game
Saya menggunakan OS Windows XP SP3 dan Menginstall fungsi Direct3D Overrider dari RivaTuner. Yang mau tahu pemakaian Direct3D Overrider silahkan lihat disini.
 
3. Hasil Benchmark Game I'm Alive pada PC Jadul E2180 + 8600GT
Nah pada benchmark I'm Alive ini saya akan menggunakan resolusi 1024 x 768 dan menggunakan 3 Settingan yaitu High, Medium dan Low. Memang sih awalnya... sistem sudah mengeluarkan peringatan jika prosesor saya masih kurang dan langsung di setting Low haha... tapi karena kelewat PD ya lanjut deh wakakakak. Monggoh dilihat hasilnya brader :

Setting High - VSync OFF, AA 2x

Pada setting ini tentu saja grafis terlihat bagus dan halus (akibat Anti Aliasing 2x tentunya hehehe), namun itu harus mengorbankan performa yang membuat game berjalan cukup lambat. Ini diakibatkan adanya efek patah-patah atau frame skip saat menoleh ataupun berlari ke tempat yang banyak objek kendati memang tidak terlalu sering. Btw... grafis yang saya dapatkan pada setting High adalah seperti berikut ini :


Wow.. Bagus dan Haluskan? Sayangnya kelancaran permainan agak terganggu akibat perolehan FPS yang tentu saja terasa agak minim untuk dimainkan.
FPS yang saya rasakan berkisar antara 17-25
   
Setting Medium - VSync OFF, AA 2x

Hmmm pada setting ini cukup terlihat lho kelancaran permainan dimana efek patah-patah / frameskip sudah terlihat berkurang dan gerakan sang karakter utamapun mulai terlihat luwes kendati memang masih terasa agak lambat. Tapi menurut saya sih settingan ini sudah cukup nyaman untuk dimainkan. Oya berikut grafis yang saya dapatkan :


Memang cukup terlihat perbedaannya dengan grafis high sebelumnya namun kali ini memang performa yang didapatkan cukup bagus dan insya Allah playable bagi PC Jadul anda.
FPS yang saya rasakan berkisar antara 23-32
         
Setting Low - Vsync OFF, AA OFF

Pada setting ini awalnya saya kira bakalan sangat sederhana dan sangat polos, namun ternyata tampilannya masih bagus lho. Yak seperti khas Ubisoft, kendati bergrafis Low tampilan game harus tetap manis agar gamer yang main juga bisa betah dan memainkannya hingga tamat. Oya grafis tampilan low setting yang saya dapatkan adalah seperti berikut ini :


Di setting ini anda akan merasakan kelancaran permainan yang nyaman dimana efek patah-patah / frameskip banyak berkurang dan kalaupun ada selalu saat anda menoleh pada tempat yang sangat banyak objek. Tapi ngga perlu khawatir karena efek ini sudah tidak terlalu berarti lagi karena tingkat FPS yang cukup bagus.
FPS yang saya rasakan 29-40
     
4. Kesimpulan Hasil Benchmark Game I'm Alive pada PC Jadul E2180 + 8600GT
I'm Alive ternyata bukan hanya memiliki cerita dan gameplay yang bagus, tapi juga tergolong cukup bersahabat dengan PC Jadul. Ya, anda yang memiliki PC Jadul minimal seperti saya bisa memainkannya dengan cukup nyaman pada setting medium dan tentunya akan lebih nyaman lagi pada setting low. Saya pribadi menyarankan anda bermain pada setting low karena selain anda bisa dengan nyaman memainkan game ini, anda juga tetap bisa menikmati grafis yang masih cukup bagus :)