Benchmark Game The Last Remnant pada PC Jadul E2180 + 8600GT

Benchmark Game The Last Remnant pada PC Jadul E2180 + 8600GT. Sobat maniax, sebagai gamer PC mungkin anda sedikit kecewa karena ternyata game RPG seperti seri Final Fantasy tidak dihadirkan pada platform ini. Nah karena itulah kali ini saya mau bahas satu-satunya game RPG Jepang Modern yang hadir pada PC dan tidak lupa saya juga akan melakukan benchmark game ini pada PC jadul saya. Game ini berjudul The Last Remnant.

Berbeda dengan jenis RPG Jepang kebanyakan, The Last Remnant menghadirkan sistem battle per-group yang tentu saja anda harus menggunakan berbagai strategi untuk dapat mengalahkan musuh anda. Nantinya anda akan menemui taktik seperti Deadlock, Flank Attack, Rear Assault dan lain sebagainya pada game ini yang tentu saja akan memberikan pengaruh sangat besar bagi damage anda. Menarik kan? Nah makanya install dong game The Last Remnant ini pada PC anda.. hehehe.


Oke langsung kembali ke topik, sebenarnya tujuan saya kali ini adalah menunjukkan pada anda bagaimanakah performa game The Last Remnant ini pada PC Jadul, so langsung saja ya... berikut adalah Benchmark Game The Last Remnant pada PC Jadul E2180 + 8600GT :

1. Perbandingan Requirement Game The Last Remnant dan PC Jadul saya
 
Minimum Requirement Game PC The Last Remnant :
OS : Windows XP 
Processor : Core 2 Duo E4400 2.0GHz atau Athlon 64 3800+
Memory : 1.5 GB
Hard Drive : 12 GB Free
Video Memory : 256 MB (GeForce 8600 GT atau Radeon HD 3650)
DirectX : 9.0c
  
Recommended Requirement Game PC The Last Remnant :
OS : WindowsXP
Processor : Core 2 Duo E6550 2.33GHz atau Athlon 64 X2 Dual Core 5000+
Memory : 2 GB
Hard Drive : 12 GB Free
Video Memory : 512 MB (GeForce 8800 GTS atau Radeon HD 3870)
DirectX : 9.0c
  
Spesifikasi PC Jadul saya :
Motherboard : AsRock Dual VSTA (Ada 2 slot DDR1 dan 2 slot DDR 2)
Prosesor : Intel Dual Core E2180 2.0 GHz
Memory RAM : 2GB
VGA : POV 8600GT 256MB DDR3
Harddisk : WDC 80GB
Layar : Advance 15,6"
DVD : Lite-On
PSU + Casing : Simbadda (500W PSU)

Hmm... kalo ngelihat requirement diatas sepertinya game ini bakalan bisa dimainkan pake PC Jadul saya hehehe. Ya memang prosesor saya masih dibawah minimum requirement tapi sepertinya jaraknya ngga jauh-jauh amat. So lanjut brader!
  
2. OS yang digunakan dan langkah-langkah awal sebelum menjalankan Game
Saya menggunakan OS Windows XP SP3 dan Menginstall fungsi Direct3D Overrider dari RivaTuner. Yang mau tahu pemakaian Direct3D Overrider silahkan lihat disini.
 
3. Hasil Benchmark Game The Last Remnant pada PC Jadul E2180 + 8600GT
Untuk benchmark The Last Remnant ini saya akan menggunakan resolusi 1024 x 768 dan hanya 1 Settingan yaitu Maximum Setting. Ohoooo berlebihan kah?? Tentu tidak, karena saya lihat sistem meng-set secara otomatis setting grafis pada level Medium, so saya coba nekad meng-set ke Level Maximum dan ternyata... keajaiban terjadi brader. Nah yang ngga percaya silahkan dilihat sendiri deh setting saya dibawah ini :


Dan sekarang silahkan anda lihat Hasil Benchmark-nya dengan kondisi VSync OFF dibawah ini :

Setting Maximum (All On) - VSync OFF
Di setting ini saya meng-set semuanya secara Maximum (High Quality, Semua Efek On dan Rata Kanan). Sebenarnya cukup nekad juga saya pake setting ini karena pada awalnya secara otomatis game mensetting pada Medium Quality. Tapi sesuai dengan prinsip saya, kalo setting awalnya sudah Medium berarti High / Max Setting pun harus dicoba hehehe. Dan ternyata... sesuai dengan dugaan saya bahwa game ini sangat enteng lho, mengingat memang sistem game ini adalah per-screen atau semi open-world bukan full open world. Mungkin anda bisa melihat bagaimana indahnya tampilan Maximum Setting dari game The Last Remnant pada screenshot dibawah ini :

Klik Gambar untuk Memperbesar


Dengan setting maximum ini saya merasa nyaman dan bahkan sangat nyaman dalam memainkannya mulai dari berkeliling kota yang banyak orang sampai dengan bertarung melawan musuh. Memang penurunan FPS akan terasa saat dalam pertarungan ada efek partikel yang begitu banyak, namun meskipun begitu anda akan tetap nyaman dalam memainkannya brader :)
FPS yang saya rasakan berkisar 35+ sampai dengan 60

4. Kesimpulan Benchmark Game The Last Remnant pada PC Jadul E2180 + 8600GT
Awalnya saya mengira dengan grafis yang indah dan manis, game ini hanya bisa berjalan pada level medium saja, tapi ternyata sistem game ini cukup cerdas dimana menggunakan sistem per-screen yang tentu saja objek yang ditampilkan tidak terlalu banyak. So, meskipun bergrafis indah game ini masih enteng dijalankan. Dan jelas sobat maniax, game ini sangat bersahabat dengan PC Jadul saya! :)

how to buy car insurance online

Share on :