Loading...
Wednesday, March 6, 2013

Fasilitas TressFX Tomb Raider 2013 bisa untuk VGA NVidia?

Fasilitas TressFX Tomb Raider 2013 bisa untuk VGA NVidia. Sobat maniax, mungkin pertanyaan ini konyol mengingat TressFX sendiri sebenarnya dibuat dan ditujukan pada pengguna AMD, namun siapa sangka ternyata fasilitas ini juga bisa digunakan untuk pengguna NVidia. Ya, dalam game Tomb Raider 2013 terbaru ini, AMD sudah langsung menyematkan fitur TressFX yang membuat rambut Lara Croft menjadi lebih realistis.

Awalnya sayapun penasaran apakah fasilitas ini bisa digunakan oleh pengguna NVidia sampai saya menemukan sebuah forum (guru3d.com) yang sudah menguji coba (benchmark) game ini. Nah kebanyakan dari pengguna tersebut menggunakan VGA milik NVidia dan salah satu yang cukup menarik perhatian saya adalah pengguna Titan.


Ya, Seorang user bernama Mfa berpangkat mahaguru diforum itu menggunakan spesifikasi komputer dan men-setting game Tomb Raider 2013 sebagai berikut : 
  • Spec : 3930k@4.5, 16GB Ram, 2xGigabyte Titans
  • Game Setting : 2560x1600, Ultimate settings, 2xSSAA, TressFX On High
Namun siapa sangka dengan meng-enable TressFX ini benchmark yang didapatkan cukup mengejutkan. Harap jangan dilihat pada bagian Max atau Average FPS, tapi lihat pada bagian Minimum FPS yang didapatkan.


Mfa kembali menguji coba fasilitas TressFX pada Tomb Raider 2013 dan kali ini dia akan membandingkan performanya dengan kondisi TressFX OFF :

Tes pertama
Spec : GTX4601GB@900/4200MHz, Q9650@4.25GHz
Game Setting : 1080p, Ultimate, FXAA, TressFX On High
Hasil Benchmark :


Tes kedua
Spec : GTX4601GB@900/4200Mhz, Q9650@4.25GHz, ForceWare 314.07(HQ)
Game Setting : 1080p, Ultimate, FXAA, TressFx Off, TextureQ High
Hasil Benchmark : 


Dari hasil diatas cukup terlihat kan perbandingan perolehan FPS-nya?
Ya, dengan meng-OFF TressFX ini anda bisa mendapatkan minimum FPS hingga 3x lipat dibandingkan dengan kondisi TressFX On. Nah mungkin anda penasaran seperti apa sebenarnya perbedaan grafis antara menggunakan TressFX atau tidak, so... berikut adalah Video Review TressFX Tomb Raider 2013 :

Can't Open? Visit Here


Mungkin anda bisa berkata Wow jika melihat perbandingan diatas, tapi kalau anda perhatikan baik-baik maka anda akan melihat sedikit hal lucu mengenai posisi rambut Lara Croft yang cenderung masih mengambang diatas bahu. Untuk lebih jelasnya coba anda lihat screenshot dibawah ini (perhatikan rambut bertumpu pada semacam objek berbentuk lingkaran) :


Yak dari sini mungkin bisa diambil kesimpulan jika Teknologi TressFX pada Tomb Raider 2013 ini :
  1. Berpengaruh cukup besar dengan performa kelancaran gaming pada perangkat NVidia dan mampu menurunkan FPS hingga 50% lebih dan tentunya ini adalah berita yang sangat buruk mengingat TressFX hanyalah teknologi untuk penghalusan rambut saja. Namun bisa jadi jika perolehan FPS ini jauh lebih baik jika anda menggunakan VGA AMD yang jelas-jelas sangat mendukung TressFX (tergantung dari seri VGA anda).
     
  2. Teknologi TressFX ini sepertinya masih belum sempurna karena cukup terlihat jika rambut Lara Croft seolah-olah mengambang diatas bahunya. Sepertinya ketidak sempurnaan ini terjadi baik di VGA NVidia ataupun AMD (coba anda lihat Video Review TressFX Tomb Raider 2013 diatas yang menggunakan VGA AMD).
Oke sobat, mungkin itu saja review singkat yang bisa sampaikan dari TressFX pada Tomb Raider 2013, memang TressFX ini masih belum sempurna tapi pencapaian seperti ini dalam sebuah game adalah hal yang luar biasa. Lebih lengkapnya silahkan kunjungi langsung sang referensi di guru3d.com :)
Terima kasih atas kunjungan anda pada artikel yang berkategori Benchmark Games dengan judul Fasilitas TressFX Tomb Raider 2013 bisa untuk VGA NVidia?. Silahkan berkomentar dengan sopan dan baik.
 
TOP