Review Singkat Tablet Asus Memopad ME172V Seharga Rp. 1,699juta

Review Singkat Tablet Asus Memopad 7 ME172V Seharga Rp. 1,699juta. Sobat maniax, setelah sebelumnya vendor besar pembuat Laptop seperti Acer dan HP ikut meramaikan pasar Tablet entry, kali ini giliran Asus yang tidak mau kalah. Ya, tepat tanggal 21 maret 2013 kemarin pihak Asus mengumumkan Tablet terbaru mereka yang bernama Asus Memopad dan menariknya tablet ini hanya dibandrol sekitar Rp. 1,699juta. Nah kira-kira seperti apakah spesifikasi dan performa tablet terbaru Asus ini? Berikut adalah Review Singkat Tablet Asus Memopad 7 ME172V Seharga Rp. 1,699juta.


Bentuk Tablet Asus Memopad ME172V


Spesifikasi Tablet Asus Memopad ME172V
  • Dimensi :
    196.2 x 119.2 x 11.2 mm
  • Berat :
    358 gram
  • OS :
    Android Jellybean 4.1
  • Layar :
    7" LCD dengan Resolusi 1024 x 600 (169ppi) dan LED Backlit
  • Prosesor :
    Single-Core VIA WM8950 1GHz
  • RAM :
    1 GB
  • GPU :
    Mali-400
  • Storage :
    - 8 GB
    - 5GB Life Time ASUS Webstorage Space
  • Audio :
    Sonic Master Audio Technology dan Maxx Audio
  • Slot :
    MicroSD mendukung sampai 32 GB (SDHC), 2 in 1 Audio Jack (Headphone / Mic), Micro USB
  • Kamera Depan :
    1 MP (1280 x 720)
  • Konektivitas :
    WLAN 802.11 b/g/n
  • Baterai :
    4270 mAh yang diklaim mampu bertahan sampai 7 Jam pemakaian
Bentuk Bodi Tablet Asus Memopad ME172V
Dari bentuknya bisa terlihat jika Tablet ini sekilas mirip dengan Asus Nexus 7. Dengan ukuran sekitar 196.2 x 119.2 x 11.2 mm dan juga berat 358gram membuat anda bisa dengan mudah membawanya kemana-mana. Jika anda menyukai Bodi Nexus 7, pastilah anda menyukai Bodi dari Tablet ini. Namun terlepas dari bodi yang terkesan elegan, ternyata case-nya hanya terbuat dari plastik standar saja.

Layar Tablet Asus Memopad ME172V
Pada bagian layar, Asus ternyata hanya menggunakan LCD biasa dengan resolusi 1024 x 600 (kerapatan 169 ppi) dengan LED backlit dibelakangnya. Banyak review menyebutkan jika tampilan layar Asus Memopad cukup tajam, namun sayangnya layar ini terlihat begitu standar karena memiliki sudut pandang yang cukup sempit dan juga cukup silau jika anda menggunakannya diluar ruangan. Ya, tampilan baru terlihat jelas jika anda menggunakannya dalam ruangan tertutup tanpa terkena cahaya matahari langsung.

Benchmark Tablet Asus Memopad ME172V
Mungkin inilah yang akan menarik perhatian anda dalam Review Singkat Tablet Asus Memopad kali ini. Jika anda melihat skor Benchmark AnTuTu dari Acer Iconia B1-A71 mencapai angka 6857, ternyata tablet Asus Memopad hanya mencapai 4493 poin saja. Pautan angka ini terbilang cukup jauh padahal Tablet Asus Memopad sudah menggunakan memori sebesar 1 GB serta GPU Mali400 dan berharga sedikit lebih mahal dari pada Acer Iconia B1-A71. Ya, kemungkinan besar ini disebabkan penggunakan prosesor standar VIA WM8950 yang hanya Single-Core saja.

Performa Aplikasi Tablet Asus Memopad ME172V
Dengan prosesor yang terbilang cukup pas-pasan tampaknya performa asus dalam menjalankan aplikasi jadi sedikit bulan-bulanan para reviewer. Saya sendiri melihat review pada teknoup yang mengatakan bahwa anda masih bisa merasakan adanya sedikit lag dalam menggeser menu-menu dan ada waktu jeda ketika hendak menjalankan aplikasi apalagi yang berat-berat seperti Photoshop. Tentunya bagian sebagian orang yang menginginkan kecepatan, hal ini akan sedikit mengganggu. Dan lagi-lagi... tampaknya kesalahan ini terletak pada prosesor yang masih Single-Core.

Performa Gaming Tablet Asus Memopad ME172V
Oke mungkin inilah hal paling menarik dalam Review Singkat Tablet Asus Memopad ini. Mari kita lihat, Asus Memopad memiliki kombinasi Prosesor 1 GHz, RAM 1 GB serta GPU Mali400 yang tentu saja ini merupakan kombinasi yang cukup bagus untuk penggunaan gaming. Namun berdasarkan perkiraan saya, kendati pada RAM dan GPU sudah bagus, penggunaan Prosesor Single-Core yang menurut saya masih kelas bawah bisa sedikit menghambat kinerja Tablet ini dalam memainkan game 3D. 

Game Adventure seperti TempleRun 2 masih bisa diatasi oleh Memopad

Jika anda memainkan game seperti Angry Birds ataupun Temple Run 2, tentu saja bukan masalah bagi Tablet ini. Namun jika anda ingin memainkan game HD seperti Shadow Gun maka anda harus sedikit bersiap-siap merasakan adanya lag.

Asus Memopad harus bekerja keras untuk memainkan Shadowgun HD

Kesimpulan Review Singkat Tablet Asus Memopad ME172V Seharga Rp. 1,699juta
Di kelas menengah, Asus memang menuai keberhasilan dengan merilis Tablet Nexus 7 yang powerfull namun berharga cukup terjangkau. Namun tampaknya untuk kelas entry, Asus masih belum bisa memaksimalkan performa tablet buatannya. Saya pribadi sempat tidak percaya ketika beberapa reviewer mengatakan terjadi sedikit lag saat membuka / menggeser menu padahal sudah menggunakan RAM 1GB san GPU Mali400. Dan tentu saja tidak ada yang bisa disalahkan kecuali sang prosesor Single-Core yang sepertinya masih kelas bawah. 

Namun memang sepertinya dengan harga 1jutaan, Asus termasuk cerdas dalam menghadirkan fitur-fitur khusus seperti Kamera depan yang sudah HD dan berkualitas cukup baik, Webstorage 5GB, fitur Multi Windows dengan Floating Apps dan juga beberapa fitur bawaan Asus Memopad lainnya. Akhir kata, Tablet ini sepertinya cocok bagi anda yang memang memerlukan sebuah tablet untuk berfungsi sebagaimana seharusnya baik untuk pekerjaan, sedikit hiburan ataupun berinternet, namun anda harus berpikir dua kali jika anda ingin menggunakannya untuk bermain game yang HD.
thumbnail
Judul: Review Singkat Tablet Asus Memopad ME172V Seharga Rp. 1,699juta
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Gadget - Teknologi, Review Gadget :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz