Benchmark Game Ace Combat Assault Horizon pada PC Jadul E2180 + 8600GT. Sobat maniax, pernahkah anda memainkan game perang pesawat terbaik yaitu seri Ace Combat? Kalo anda pernah memainkan PS2, maka kemungkinan besar anda bakal tahu seri game ini. Ya, Ace Combat merupakan game perang pesawat yang membuat anda seolah-olah berada di kokpit dan mengendalikan pesawat anda sendiri untuk menghabisi para pesawat penyusup. Begitu juga dengan game yang berjudul Ace Combat Assault Horizon yang akan saya benchmark kali ini.

Nah grafis game ini bisa terbilang bagus dan manis untuk dilihat. Beberapa efek realitas bisa anda rasakan disini mulai dari bunyi mesin pesawat dan senjata yang seperti aslinya, manuver serta gerakan pesawat, sampai efek ledakan yang terjadi pada pesawat musuh yang bisa menyebabkannya kehilangan sayap atau bahkan hancur berkeping-keping.


Dibandingkan dengan seri game Ace Combat yang ada di PS2, tentu saja grafis Ace Combat Assault Horizon bakal lebih detail dan sekarang saatnya kita tes bagaimanakah Benchmark Game Ace Combat Assault Horizon pada PC Jadul E2180 + 8600GT saya ini.

1. Perbandingan Requirement Game Ace Combat Assault Horizon dan PC Jadul saya
   
Minimum Requirement Game PC Ace Combat Assault Horizon
OS : Windows XP  
Processor : Intel Pentium 4 1.8GHz atau AMD Athlon XP 1700+
Memory : 1 GB
VGA : nVidia GeForce 8800 atau ATI Radeon HD 3650 256MB
DirectX : 9.0c
   
Recommended Requirement Game PC Ace Combat Assault Horizon :
OS : Windows 7
Processor : Core 2 Duo E4300 1.8GHz atau Athlon 64 X2 Dual Core 4000+
Memory : 2 GB
VGA : nVidia GeForce 405 atau ATI Radeon HD 3850 512MB
DirectX : 9.0c
   
Spesifikasi PC Jadul saya : 
Motherboard : AsRock Dual VSTA (Ada 2 slot DDR1 dan 2 slot DDR 2) 
Prosesor : Intel Dual Core E2180 2.0 GHz 
Memory RAM : 2GB
VGA : POV 8600GT 256MB DDR3
Harddisk : WDC 80GB 
Layar : Advance 15,6" 
DVD : Lite-On 
PSU + Casing : Simbadda (500W PSU)
Driver NVidia : 314.22
   
Hmmm tampaknya Requirement yang dibutuhkan untuk memainkan game ini cukup minimum yang bahkan anda bisa menggunakan Pentium 4 untuk menjalankannya. Pada bagian Prosesor sistem saya berada di antara Minimum dan Recommended, sementara pada bagian VGA bisa dibilang punya saya berada sedikit dibawah minimum. Nah bakal lancarkah permainan ini pada PC Jadul saya? Mari kita lanjut brader maniax.
   
2. OS yang digunakan dan langkah-langkah awal sebelum menjalankan Game
Saya menggunakan OS Windows XP SP3 dan Menginstall fungsi Direct3D Overrider dari RivaTuner. Yang mau tahu pemakaian Direct3D Overrider silahkan lihat disini.
   
3. Hasil Benchmark Game Ace Combat Assault Horizon pada PC Jadul E2180 + 8600GT
Untuk mem-benchmark game ini, saya menggunakan resolusi seperti biasanya yaitu 1024 x 768. Nah pada bagian setting sebenarnya agak membingungkan juga.. karena saya sama sekali tidak melihat adanya setting low, medium ataupun high. Ya, saya hanya mendapati VSync, AntiAliasing serta Resolution. Awalnya ketika saya setting AntiAliasing ON, tiba-tiba background bergerak yang ada dibelakangnya terlihat ngelag, ok saya juga sadar karena VGA saya bahkan ada dibawah minimum... haha. Jadi saya gunakan saja setting default dengan Meng-OFF AntiAliasing dan berikut adalah hasilnya.

Setting Default sesuai Gambar - VSync OFF, Antialiasing OFF

Waktu saya ngelihat screenshot game ini di reviewer ditambah minimum VGA requirement yang diatas PC Jadul saya, jujur saya sempet ndredeg juga... tapi siapa sangka ternyata game ini bisa saya mainkan dengan sangat lancar dan halus lho hehehe. Sebelum saya cerita lebih lanjut, berikut adalah Screenshot In-Game yang saya dapatkan :

Klik Gambar untuk Memperbesar


Hooo... lumayan baguskan?
Awalnya saya mengira game ini bakalan boros resource / detail objek, tapi ternyata justru sebaliknya. Ya, game ini hanya menampilkan grafis yang dirasa perlu saja pada perang pesawat sehingga hasilnya saya bisa memainkan game ini dengan performa yang mantap. Wow.. Good Job Developer!
FPS yang saya rasakan berkisar 45-60

4. Kesimpulan Benchmark Game Ace Combat Assault Horizon pada PC Jadul E2180 + 8600GT
Menegangkan dan Menyenangkan adalah kata yang pas untuk menggambarkan game perang pesawat Ace Combat Assault Horizon ini. Dengan tampilan grafis yang lebih bagus, tampaknya tidak membuat game ini menjadi berat untuk dimainkan. Ya, salut sekali untuk developer yang sangat pandai untuk memunculkan resource yang seperlunya saja pada game ini sehingga PC Jadul seperti milik saya pun bisa memainkannya dengan sangat lancar. Saya memang ngga tahu apa memang setting grafis ini otomatis menyesuaikan diri dengan sistem komputer yang digunakan, tapi yang jelas game Ace Combat Assault Horizon ini sangat bersahabat dengan PC Jadul saya. :)