Benchmark Game Darksiders 2 pada PC Jadul E2180 + 8600GT

Benchmark Game Darksiders 2 pada PC Jadul E2180 + 8600GT. Sobat maniax, kemunculan game Darksiders pertama memang membuat banyak gamer berdecak kagum dengan sistem permainan maupun cerita yang terbilang cukup dalam. Saya pribadipun sempat sangat ketagihan memainkan game ini hingga mendekati akhir... namun sayangnya ngga tamat akibat hardisk komputer Medium saya ko-it duluan haha. Nah munculnya Darksiders 2 ini kembali membuat saya penasaran, bukan hanya dari cerita dan gameplay-nya saja melainkan bagaimanakah performanya jika saya jalankan game ini pada PC Jadul saya.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya saat memainkan game Darksiders pertama pada PC Medium, game ini terasa sedikit nyendat ketika masuk pada area tertentu dan inilah yang sangat membuat saya penasaran bagaimanakah dengan Darksiders 2 nantinya apalagi kali ini saya main dengan PC Jadul. Btw, dalam Darksider 2 ini anda bukan lagi memerankan War, tapi saudaranya yang bernama Death yang akan berusaha menyelamatkan War dari konspirasi Council antara Surga dan Neraka. Oke, sekarang saatnya kita melihat bagaimanakah Benchmark Game Darksiders 2 pada PC Jadul E2180 + 8600GT saya ini.


1. Perbandingan Requirement Game Darksiders 2 dan PC Jadul saya
   
Minimum Requirement Game PC Darksiders 2 : 
OS : Windows XP  
Processor : Core 2 Duo E4400 2.0GHz    atau Athlon 64 X2 Dual Core 4200+
Memory : 2 GB
VGA : GeForce 8800 GS atau Radeon HD 3850
DirectX : 9.0c
   
Recommended Requirement Game PC Darksiders 2 :
OS : Windows 7
Processor : Core 2 Quad Q6400 2.13GHz atau Opteron Quad core 1354
Memory : 2-4 GB
VGA : GeForce GTX 260 atau Radeon HD 6770
DirectX : 9.0c
   
Spesifikasi PC Jadul saya : 
Motherboard : AsRock Dual VSTA (Ada 2 slot DDR1 dan 2 slot DDR 2) 
Prosesor : Intel Dual Core E2180 2.0 GHz 
Memory RAM : 2GB
VGA : POV 8600GT 256MB DDR3
Harddisk : WDC 80GB 
Layar : Advance 15,6" 
DVD : Lite-On 
PSU + Casing : Simbadda (500W PSU)
Driver NVidia : 314.22
   
Hmmm.... spek PC Jadul saya sedikit ada dibawah Minimum Requirement sobat... wah gimana nih. Hehehe... ya jelas lanjut lah! Kan cuman beda-beda tipis, jadi seenggaknya ada keyakinan dari saya bisa memainkan game ini minimal di Low. Kita cek dulu deh bagaimana hasilnya.
   
2. OS yang digunakan dan langkah-langkah awal sebelum menjalankan Game
Saya menggunakan OS Windows XP SP3 dan Menginstall fungsi Direct3D Overrider dari RivaTuner. Yang mau tahu pemakaian Direct3D Overrider silahkan lihat disini.
   
3. Hasil Benchmark Game Darksiders 2 pada PC Jadul E2180 + 8600GT
Yak dalam benchmark kali ini... saya agak bingung.. karena ternyata setelah saya cari-cari... game ini tidak ada setting grafisnya jadi saya menggunakan setting Default saja dengan Resolusi 1024 x 768 dan VSync OFF. Monggoh dilihat hasilnya dibawah sobat.

Setting Default - VSync OFF

Tampaknya tampilan grafis dari Darksiders 2 ini tidak jauh berbeda dengan seri yang pertama, kalaupun ada mungkin hanya di efek-efek yang terlihat sedikit lebih wah dan cantik. Nah yang mau lihat tampilan Grafis Darksiders 2, berikut adalah tampilan screenshot In-Gamenya.

Klik Gambar untuk Memperbesar


Hmm.. memang grafis ini tidak sebagus game DmC, tapi walaupun begitu masih bisa dibilang worthed kok hehe. Nah untuk urusan permainan saya merasakannya dengan sangat lancar (hanya ada sedikit sendatan saat masuk area baru yang penuh objek / musuh) dan mungkin saja ini adalah hal yang lumrah mengingat tampilan grafis berada dilevel normal saja tanpa ada enhancement. Jadi dengan kata lain game ini hanya diporting dari konsol PS3 dan Xbox 360.
FPS yang saya dapatkan 45-60

4. Kesimpulan Benchmark Game Darksiders 2 pada PC Jadul E2180 + 8600GT
Yak seperti sebelumnya, game ini tampaknya hanya diporting langsung dari Konsol Next-Gen tanpa ada enhancement namun yang membuat saya kagum adalah performa yang didapatkan. Ya, kendati portingan ternyata game ini mampu saya mainkan dengan sangat lancar pada setting default dan tentunya saya bisa mengatakan Game Darksiders 2 Sangat Bersahabat dengan PC Jadul. Anda juga setujukan? hehehe.. :)