Benchmark Game Dead Space 3 pada PC Jadul E2180 + 8600GT. Sobat maniax, game horror Dead Space memang selalu membuat kita menunggu-nunggu apa yang ada didepan sana dan apa yang akan terjadi selanjutnya pada sang tokoh bernama Isaac. Yak, cerita yang bagus dan juga gameplay yang menarik sekaligus menyeramkan akan menantang anda hingga akhir. Begitu juga dengan Dead Space 3 yang akan membahas lebih dalam lagi tentang Isaac Clarke dan juga sebuah batu besar misterius yang disebut The Marker.

Nah jika diseri sebelumnya yaitu "Dead Space 2" hanya membutuhkan spesifikasi yang cukup minimum untuk bisa memainkannya dengan tampilan grafis yang indah sekalipun, bagaimanakah dengan seri Dead Space 3 ini? Akan kah selancar seri sebelumnya ataukah justru menjadi mimpi buruk bagi PC Jadul? Disinilah saya akan menguji coba kelancaran permainan game ini pada PC Jadul saya dan inilah Benchmark Game Dead Space 3 pada PC Jadul E2180 + 8600GT.


1. Perbandingan Requirement Game Dead Space 3 dan PC Jadul saya
   
Minimum Requirement Game PC Dead Space 3
OS : Windows XP  
Processor : Pentium D 840 3.2GHz atau Athlon 64 X2 Dual Core BE-2300
Memory : 1 GB
VGA : GeForce 6800 GS atau Radeon X1600 Pro 512MB
DirectX : 9.0c
   
Recommended Requirement Game PC Dead Space 3 :
OS : Windows 7
Processor : Core 2 Quad Q6400 2.13GHz atau Phenom II X3 720
Memory : 4 GB
VGA : GeForce GTS 250 atau Radeon HD 6570 1GB DDR3
DirectX : 11
   
Spesifikasi PC Jadul saya : 
Motherboard : AsRock Dual VSTA (Ada 2 slot DDR1 dan 2 slot DDR 2) 
Prosesor : Intel Dual Core E2180 2.0 GHz 
Memory RAM : 2GB
VGA : POV 8600GT 256MB DDR3
Harddisk : WDC 80GB 
Layar : Advance 15,6" 
DVD : Lite-On 
PSU + Casing : Simbadda (500W PSU)
Driver NVidia : 314.22
   
Wah... wah.... waaaah! Speknya yang dibutuhkan ternyata sangat minimum brader! Dengan kombinasi Pentium D dan VGA NVidia 6800 anda bahkan bisa lho memainkan game ini. Wah kalo begini caranya ya... pasti akan saya coba dulu setting maksimum hehehe.
   
2. OS yang digunakan dan langkah-langkah awal sebelum menjalankan Game
Saya menggunakan OS Windows XP SP3 dan Menginstall fungsi Direct3D Overrider dari RivaTuner. Yang mau tahu pemakaian Direct3D Overrider silahkan lihat disini.
   
3. Hasil Benchmark Game Dead Space 3 pada PC Jadul E2180 + 8600GT
Yo sobat maniax, dalam benchmark kali ini sudah tentu saya akan menggunakan resolusi 1024 x 768, VSync OFF dan menggunakan 2 settingan yang berbeda yaitu Very High dan High. Kenapa saya ngga pakai setting yang dibawahnya? Hehehe.... nanti anda juga bakalan ngerti, so langsung simak deh hasilnya dibawah ini.

Setting Very High - Vsync OFF

Pada setting ini sebenarnya saya agak ragu juga, tapi ternyata cukup kaget juga saya dibuatnya. Saya mengira jika tampilan grafis ini bakalan sadis, namun ternyata ngga terlalu juga dan bahkan saya melihatnya hampir tidak berbeda dengan seri Dead Space 2 lho. Coba saja anda lihat screenshotnya dibawah ini.

Klik Gambar untuk Memperbesar


Nah ngga jauh bedakan dengan Dead Space 2? Selain grafis ternyata performa dari Dead Space 3 ini bisa saya bilang berjalan sangat baik pada PC Jadul saya lho dan hampir sama dengan performa yang saya dapatkan ketika bermain Resident Evil 5 walaupun tampilan grafisnya masih kalah hehe. Yak saya merasakan game ini cukup playable dan baru terasa agak ngelag jika anda bertemu banyak objek dan musuh sehingga membidikkan senjata terasa agak lambat.
FPS yang saya rasakan berkisar 24-40

Setting High - Vsync OFF

Nah pada setting ini saya merasakan permainan jadi semakin lancar dan nyaman, selain itu entah kenapa kok saya ngerasa tampilan grafisnya tidak berbeda jauh dengan Setting Very High. Coba saja anda perhatikan screenshot dibawah ini dan bandingkan dengan screenshot di setting Very High sebelumnya.

Klik Gambar untuk Memperbesar


Hampir sama kan sobat maniax?
Tapi yang berbeda tentu saja performa yang bisa saya katakan lebih lancar dari sebelumnya. Ya, saya bisa melakukan bidik senjata dan in-out dalam menembak dengan presisi dan tepat sehingga peluru saya tidak terbuang percuma lho. Setting ini adalah setting yang nyaman bagi semua orang dan anda harus mencobanya.
FPS yang saya rasakan berkisar 35-50

4. Kesimpulan Benchmark Game Dead Space 3 pada PC Jadul E2180 + 8600GT
Alhamdulillah ternyata game ini kurang lebih sama entengnya dengan seri Dead Space 2 sobat dan yang membuat saya senang adalah game ini semakin menegangkan. Sementara untuk tampilan grafis memang ada sedikit kenaikan dibandingkan seri sebelumnya, namun jika saya bandingkan dengan versi konsol sepertinya tidak begitu berbeda yang tentu saja bisa saya duga ini adalah portingan. Meskipun begitu saya tetap puas karena dengan tampilan grafis yang masih cukup ciamik, ternyata Dead Space 3 sangat bersahabat dengan PC Jadul saya brader! Tertarik ingin memainkannya? Harus itu... tapi jangan lupa waktu ya! :)