Benchmark Game Gears Of Wars pada PC Jadul E2180 + 8600GT. Sobat maniax, masih ingatkah anda dengan seri game action shooter Gears Of Wars? Tentu saja jika anda seorang gamer sejati pasti tahu game yang spektakuler ini. Nah anda yang baru mengikuti seri Gears Of Wars 2 atau 3 mungkin belum tahu jika seri pertama dari game ini ternyata dirilis juga untuk PC. Dan hebatnya seri Gears Of Wars pertama ini tergolong enteng lho walaupun sudah memiliki tampilan grafis yang indah bahkan di masa sekarang.

Saya pribadi tidak bisa menyebut game ini sekedar Action Shooter, tapi lebih pantas disebut sebagai Super Action Shooter karena memang permainan game ini sangat seru dan mengunggulkan fitur shooternya dimana anda bisa merasakan sensasi yang jelas berbeda saat menggunakan senjata yang berbeda pula. Bahkan kalo anda kehabisan peluru, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa menggasak musuh anda dengan gergaji yang terletak dibawah senjata anda... wow.. terlihat serukan? Pastinya, namun kira-kira seberapa enteng game ini berjalan di PC Jadul saya? Silahkan simak Benchmark Game Gears Of Wars pada PC Jadul E2180 + 8600GT dibawah ini.


1. Perbandingan Requirement Game Gears Of Wars dan PC Jadul saya   
   
Recommended Requirement Game PC Gears Of Wars :
OS : Windows XP
Processor : Core 2 Duo T5550 1.83GHz atau Athlon 64 X2 Dual Core 4000+
Memory : 2 GB
VGA : GeForce 7600 GT 256MB atau Radeon X1900 Series
DirectX : 9
   
Spesifikasi PC Jadul saya : 
Motherboard : AsRock Dual VSTA (Ada 2 slot DDR1 dan 2 slot DDR 2) 
Prosesor : Intel Dual Core E2180 2.0 GHz 
Memory RAM : 2GB
VGA : POV 8600GT 256MB DDR3
Harddisk : WDC 80GB 
Layar : Advance 15,6" 
DVD : Lite-On 
PSU + Casing : Simbadda (500W PSU)
Driver NVidia : 314.22
   
Hoooooo dengan Recommended Requirement seperti diatas, apa kira-kira perlu untuk menampilkan Minimum Requirementnya? Saya rasa tidak hehehe... karena memang Spek PC Jadul saya bahkan ada diatasnya brader. Nah kalo seperti ini sudah tentu saya akan men-setting grafisnya max, so lanjut brader.
   
2. OS yang digunakan dan langkah-langkah awal sebelum menjalankan Game
Saya menggunakan OS Windows XP SP3 dan Menginstall fungsi Direct3D Overrider dari RivaTuner. Yang mau tahu pemakaian Direct3D Overrider silahkan lihat disini.
   
3. Hasil Benchmark Game Gears Of Wars pada PC Jadul E2180 + 8600GT
Yak sobat maniax, disini saya hanya menggunakan 1 settingan saja yaitu Highest alias Maximum dengan resolusi 1024 x 768. Lho kenapa? Karena memang ternyata game ini benar-benar enteng sobat maniax dan saya akan menunjukkan hasilnya dibawah ini.

Setting Highest / Maximum, VSync OFF

Kemunculan game ini pertama kali di Konsol dan PC membuat banyak orang terkagum-kagum dengan sistem permainannya yang sangat bagus dan grafis yang cukup indah. Nah pada setting Highest ini awalnya saya ngga nyangka jika sistem saya bisa menjalankan game ini dengan sangat lancar, padahal anda bisa lihat sendiri dibawah kalo grafis dan detailnya tergolong bagus.

Klik Gambar untuk Memperbesar


Tapi kemudian saya baru sadar kalo VGA saya berada diatas Recommended Requirement sekalipun wakakakak, so ngga heran bisa lancar jaya haha. Memang saat memasuki wilayah baru terasa ada sedikit patahan atau nyendat namun sangat sebentar jadi sama sekali tidak mengganggu permainan dan ini lumrah (Saya coba di PC Medium saya juga tetap ada sendatan seperti ini).
FPS yang saya rasakan berkisar 50-60 fps

4. Kesimpulan Benchmark Game Gears Of Wars pada PC Jadul E2180 + 8600GT
Game indah yang Sangat Bersahabat dengan PC Jadul adalah kata yang sangat pas untuk menggambarkan Gears Of Wars ini. Jujur saya sangat enjoy dengan tipikal permainan Gears Of Wars dan tentu saja dengan kelancaran seperti ini, sepertinya saya bakalan menamatkan game ini lagi untuk mengisi waktu luang saya hehehe. Game ini wajib untuk anda mainkan sobat! :)