Apakah benar jika Youtube tidak Gratis lagi? Inilah pertanyaan yang banyak muncul dari para pengguna youtube ketika pihak google mengumumkan jika mereka akan segera merilis sebuah program paid channel. Tapi pertanyaannya apakah benar seperti itu? Apa iya google sebegitu komersilnya sampai-sampai yang ada dipikiran mereka hanyalah menarik "pajak" bagi pengguna yang sudah tentu ikut membesarkan nama mereka?

Dan jawabannya tidak sobat maniax dan pernyataan Youtube tidak Gratis lagi adalah salah. Nah jadi gini, sebenarnya pihak google sudah lama ingin mempertimbangkan sebuah chanel yang bisa dibilang eksklusif layaknya chanel TV kabel seperti Cartoon Networks dan sebagainya yang bisa diakses secara online melalui Youtube. Dan akhirnya impian itu berhasil diwujudkan beberapa hari lalu dengan resmi merilis chanel eksklusif ini. Fungsinya? Misalkan anda tidak punya TV Kabel namun anda memiliki internet yang sangat kencang dan ingin melihat pertandingan terbaru dari UFC Championship ataupun acara anak-anak Sesame Street, maka anda bisa menggunakan layanan dari google ini.


Layanan chanel Youtube yang tidak Gratis ini juga berharga murah lho yaitu mulai dari $0,99 saja / bulan-nya dan anda sudah bisa melihat chanel eksklusif yang kontennya tentu akan lebih update karena langsung diupload oleh badan yang resmi. Tertanggal 11 mei 2013, ada sekitar 54 Chanel yang bergabung dengan youtube dan lebih lengkap / update chanelnya, anda bisa melihatnya disini.

Lalu bagaimanakah nasib video-video selain chanel Youtube yang tidak Gratis ini?
Tenang kalo anda hobi melihat video-video yang masih umum dan diupload oleh user Youtube sendiri seperti Machinima, Gamespot, Pewdiepie dan lain-lain maka anda tetap bisa menikmatinya dengan gratis dan tidak akan dihapus selama tidak ada tuntutan Hak Cipta ataupun Masuk ke dalam Chanel Eksklusif tersebut. Nah sekarang sudah sedikit lega kan mendengar pemberitaan ini?

Tenang anda masih bisa melihat si kocak PewDiePie ini hehehe

Saya pribadipun memperkirakan kemungkinan besar chanel eksklusif Youtube yang tidak Gratis ini juga akan segera menghadirkan video update olahraga seperti Sepakbola Liga Champions atau ajang basket NBA. Bisa jadi kartun seperti Shawn the Sheep akan muncul juga pada layanan ini dan anda bisa menikmatinya lebih update dan pasti karena berasal dari sang sumber itu sendiri. So dengan munculnya layanan ini, masihkah anda menganggap jika Youtube tidak Gratis lagi? :)