Mengenal Apa itu Google Play Games

Mengenal Apa itu Google Play Games. Sobat maniax, beberapa hari yang lalu Google merilis sebuah fasilitas baru bagi kalangan gamer bernama Play Games pada event Google I/O 2013. Namun ternyata masih banyak yang belum tahu dan belum jelas tentang apa kegunaan Google Play Games (termasuk saya sendiri hahaha), jadi mari kita bahas Apa itu Google Play Games dalam artikel kali ini.

Dari beberapa informasi website teknologi yang ada di Indonesia, saya mendapati jika Google Play Games ini merupakan sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh para gamer Android karena menyediakan beberapa fasilitas seperti Cloud Save dan lain-lain, tapi apakah ini sudah menjawab pertanyaan awal... Apa itu Google Play Games? Masih belum.


Saya kemudian mencari kembali informasi ke salah satu blog berbahasa inggris bernama Google Developers yang ternyata adalah milik para pengembang Google. Lead Product Manager Google Play Games, Greg Hartrell menyatakan dalam tulisannya jika anda bertanya Apa itu Google Play Games, maka itu tidak lain adalah sebuah layanan yang memungkinkan para gamer untuk lebih bersosial dengan gamer lainnya di berbagai belahan dunia. Beberapa fasilitas sosial yang bisa anda dapatkan pada Google Play Games yaitu :
  1. Achievements
    Yang meningkatkan bagaimana keterlibatan anda dalam bermain game untuk mendapatkan sesuatu serta bisa menunjukkan gaya permainan yang berbeda.
  2. Social and Public Leaderboards
    Dengan layanan Google+ Circles maka anda bisa mendapatkan daftar Skor Tertinggi diantara teman-teman anda ataupun didunia.
  3. Cloud Saves
    Ini adalah fasilitas penting yang cukup menjawab Apa itu Google Play Games. Ya, Cloud Saves adalah sebuah layanan yang sangat penting dimana anda bisa menyimpan setting dan permainan anda ditengah jalan. Jadi anda tidak perlu melakukan setting ulang saat ingin bermain, dan lebih baiknya anda juga tidak perlu memulai permainan dari level-1.
  4. Real-time Multiplayer
    Fasilitas ini memungkinkan anda untuk bermain secara kerja sama ataupun kompetisi dengan teman anda ataupun pengguna Android yang lain. Ya, dengan Google+ Circles sebuah game dapat dimainkan hingga 4 player baik bersama teman anda sendiri atau orang lain dengan sistem auto-match player dalam sesi yang sama. Penambahan jumlah pemain akan diupdate kedepannya.
Nah dengan penjelasan resmi diatas dari Greg Hartrell, tampaknya sudah terjawab bukan Apa itu Google Play Games? Namun sebuah fitur tinggi tanpa dukungan game itu sendiri adalah sama saja bohong dan google sangat mengerti hal ini. Karena itulah pihak Google langsung mengumumkan game-game apa saja yang sudah mendukung layanan Google Play Games dan berikut adalah daftar awalnya dan bakal jauh lebih banyak lagi ke depannya :


Oke sobat maniax, semoga sedikit penjelasan artikel ini cukup menjelaskan kepada anda Apa itu Google Play Games dan terima kasih sudah bersedia meluangkan waktu anda untuk membaca. :)