Perbandingan Performa VGA pada slot PCI-E 3.0 vs PCI-E 2.0 vs PCI-E 1.1

Perbandingan Performa VGA pada slot PCI-E 3.0 vs PCI-E 2.0 vs PCI-E 1.1. Sobat maniax, anda yang masih menggunakan Motherboard lama dengan slot VGA PCI Express 2.0 atau bahkan 1.1 mungkin lagi galau karena ternyata VGA anda sudah mendukung PCI Express 3.0. Ya, banyak yang mengira jika performa slot PCI Express 3.0 cukup jauh meninggalkan 2.0 apalagi 1.1 padahal tahukan anda jika pada aplikasi real ternyata itu tidak benar?

Nah saya pribadi sebenarnya juga galau waktu tahu VGA saya mendukung slot PCI Express 2.0 sementara slot VGA di motherboard hanya PCI-E 1.1, dan akibatnya saat itu juga saya mengganti Motherboard dengan VGA PCI-E 2.0 dan tahukah anda.... setelah saya tes dan rasakan... ternyata perbandingan performanya hampir tidak berbeda! Awalnya ini saya kira sebagai kesalahan sistem saya namun ketika saya cari di internet, saya menemukan sebuah artikel menarik mengenai Perbandingan Performa VGA pada PCI-E 3.0 vs PCI-E 2.0 vs PCI-E 1.1.


Saya pun membacanya... dan tadaaa! ternyata perbandingan performa VGA pada slot PCI-E 3.0 hampir tidak berbeda dengan PCI-E 2.0! Begitu pula versi 2.0 ternyata hampir tidak berbeda dengan 1.1! Tentu saja saya kaget dan ketawa sendiri.. karena menyadari begitu bodohnya saya... mengganti Motherboard hanya untuk mencicipi VGA PCI-E 2.0 wakakakak. Nah artikel yang saya temukan ini bersumber dari kaskus.co.id dan ditulis serta ditesting sendiri oleh user id Mike Golf (Terima Kasih Brader!). Oke anda yang ingin tahu bagaimana Perbandingan Performa VGA pada PCI-E 3.0 vs PCI-E 2.0 vs PCI-E 1.1 silahkan anda simak testing-nya berikut ini :

1. Sistem yang Digunakan dalam Testing
  • Prosesor  : Core i7 3770K yang di Overclock ke 4,4 GHz
  • VGA : SLI NVidia GeForce GTX 680
  • Memory / RAM : 16 GB
  • Power Supply : PSU P860 (kayaknya 860 watt)
  • Motherboard : Tidak dijelaskan menggunakan merka apa tapi yang jelas harus Motherboard yang bisa diganti tingkatan slot PCI Express-nya, jadi nanti akan disetting 1.1, 2.0 sampai 3.0
2. Cara Testing Perbandingan Performa VGA pada slot PCI-E 3.0 vs PCI-E 2.0 vs PCI-E 1.1
Sesuai dengan penjelasan saya diatas, nantinya Motherboard yang digunakan hanyalah 1 buah tapi yang harus sudah mendukung perubahan tingkatan level PCI Express pada slot VGA. Awalnya menggunakan tingkatan 1.1, berikutnya 2.0 dan yang terakhir adalah yang paling tinggi yaitu 3.0.

Secara Umum / Teori-nya kecepatan Slot VGA PCI-E adalah :
  • PCI Express 1.1 250MB/s 2,5GT/s
  • PCI Express 2.0 500MB/s 5,0GT/s
  • PCI Express 3.0 985MB/s 8,0GT/s
Tapi apa benar perbandingan performanya cukup jauh sesuai dengan angka diatas? Silahkan anda lihat hasil benchmarknya pada berikutnya.

3. Hasil Benchmark VGA pada slot PCI-E 3.0 vs PCI-E 2.0 vs PCI-E 1.1
Oke inilah saat yang kita tunggu-tunggu sobat.... jreng-jreeeeeng! Ingat atur nafas anda karena hasil yang anda lihat berikut ini akan sangat mengejutkan anda hehehe (sori agak lebay.... maklum mood nulis begini ini wakakak). 

Benchmark pada VGA pada slot PCI-E 1.1

Benchmark pada VGA pada slot PCI-E 2.0
Benchmark pada VGA pada slot PCI-E 3.0

4. Tabel Perbandingan Performa VGA pada slot PCI-E 3.0 vs PCI-E 2.0 vs PCI-E 1.1
Nah yang berikut ini didapatkan dari reviewer luar negeri yang menguji cobakan berbagai slot PCI Express VGA mulai dari versi 1.1 sampai dengan 3.0 dan mulai dari multiplier x4 sampai dengan x16. Monggoh dilihat juga hasilnya dibawah ini.


5. Kesimpulan Perbandingan Performa VGA pada slot PCI-E 3.0 vs PCI-E 2.0 vs PCI-E 1.1
Nah ternyata perbandingan performa versi 1.1, 2.0 dan 3.0 tidak berbeda jauh bukan? Bahkan dari tes agan Mike Golf sendiri membuktikan kalo ternyata perbedaan fps yang didapatkan dalam game berkisar 1-4fps saja lho. Kalo dari tabel reviewer luar memang perbedaan cukup terlihat tapi coba anda perhatikan baik-baik pada GTX 680 yang ternyata slot PCI-E 3.0 x8 sama dengan performa PCI-E 2.0 x16 yang merupakan slot umum saat ini. Dan bahkan slot PCI-E 3.0 x16 pun hanya berselisih 1% lho, keren kan? Nah makanya sobat, kalo hanya untuk keperluan slot VGA saja sepertinya akan sangat percuma jika anda membeli Motherboard baru, kecuali anda ingin upgrade slot AGP jadi PCI Express... tentu saja harus ganti mamaboard hahaha.