Samsung sedang kembangkan teknologi 5G dan rilis pada 2020. Sobat maniax, Samsung baru saja membuat sebuah pengumuman resmi dimana mereka sedang mengembangkan proyek next-gen wireless bernama 5G. Yang membuatnya sangat mengagetkan adalah klaim samsung yang menyatakan teknologi 5G ini akan memiliki kecepatan transfer data ratusan kali lipat dari 4G LTE. Pernyataan ini bukanlah hoax, dan memang kemarin secara resmi pihak Samsung menyatakan jika tahun 2020 para user sudah bisa menikmati teknologi 5G. Nah sekencang apakah teknologi 5G ini?

Jika pada 4G LTE anda sudah bisa menikmati kecepatan 75 Megabits/s atau sekitar 7,5 - 8 MegaBytes / detik kecepatan transfer pada aplikasi nyata, pada 5G anda bahkan bisa menikmati kecepatan hingga 10 Gigabits! Tentu saja jika diaplikasikan secara nyata maka anda bisa merasakan kecepatan transfer data sekitar 1 - 1,5 Giga Bytes / detik! Wow terbayangkah anda apa yang bisa anda lakukan dengan teknologi 5G dari Samsung ini?


Ya, dengan teknologi 5G dari Samsung ini anda bisa men-download sebuah film berukuran GigaBytes hanya dalam hitungan detik saja. Anda juga bisa melakukan streaming video Full HD 1080p format Blue Ray juga tanpa mengalami lag atau buffering kendati anda membuka 10 video sekalipun. Anda bisa menonton film Ultra HD 4K dengan sangat nyaman dan tanpa hambatan bersama keluarga. Dan tentu saja yang paling penting adalah kemungkinan besar anda tidak perlu lagi media penyimpanan data seperti hardisk untuk menyimpan segala data penting anda karena bisa tergantikan dengan Cloud Storage yang memang diperkirakan segera booming.

Nah sekarang pertanyaannya menggunakan perangkat apakah Samsung bisa melakukan transfer data dengan kecepatan super kencang ini? Samsung mengatakan jika sebelumnya mereka telah berhasil menguji coba platform menggunakan 28 Gigahertz (GHz) Waveband untuk melakukan transfer hingga 1 Gbps. Lebih lanjut perusahaan raksasa ini mengatakan jika mereka menggunakan 64 elemen antena untuk mengatasi masalah yang memungkinkan perangkat untuk bertukar sinyal real-time dibawah Platform. Pengembangan Teknologi 5G dari Samsung ini bukanlah yang pertama karena sebelumnya NTT DoCoMo juga telah memperkenalkan teknologi serupa pada Februari 2013 lalu dengan kecepatan yang sama.