[Part II] 10 Cara Mudah Menghemat Baterai Android

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang 10 cara mudah menghemat baterai android, berikut ini tips no. 4 s.d. 6 dari 10 Cara Mudah Menghemat Baterai Android. Tips-tips yang kami berikan sangat sederhana dan mudah dilakukan bahkan oleh orang awam sekalipun. Adapun untuk yang sudah ahli alias tahap advance, perlu melakukan root untuk makin menghemat baterai. Akan kami berikan tipsnya juga lain kali.

4. Nonaktifkan Wi-Fi, Bluetooth

Caranya sangat mudah. Wi-Fi dan bluetooth cukup memakan baterai juga. Karena itu, jika memang tak digunakan, non aktifkan saja. Caranya, pergi ke Settings, Wireless and Networks kemudian nonaktifkan Wi-Fi. Nonaktifkan Bluetooth untuk lebih menghemat baterai juga caranya sama seperti mematikan wifi
NonAktifkan Wifi dan Bluetooth untuk menghemat baterai

5. Nonaktifkan Apps Yang Melakukan Sinkronisasi Otomatis

Beberapa aplikasi Android membutuhkan sinkonisasi otomatis untuk mengupdate data anda. Aplikasi itu akan melakukan sinkronisasi yang terus menerus dengan waktu yang sudah terjadwal. Setiap melakukan sinkronisasi, aplikasi akan melakukan proses tertentu yang tentunya akan memakan energi baterai. Jika memang tidak begitu penting, matikan sinkronisasi tersebut dan anda bisa melakukannya secara manual. Atau anda tetap menonatifkannya tetapi dengan frekuensi waktu yang lebih lama.

Beberapa aplikasi yang biasa menggunakan metode ini adalah eMail Client (Kecuali GMail karena sudah menggunakan teknologi Server Push yang akan mengirimkan pesan ke Mail Client ketika ada pesan baru di server), Twitter Client dan sebagian besar aplikasi Social Networks.

6. Nonaktifkan Fitur Sinkronisasi GPS

Fitur sinkronisasi GPS juga menjadi salah satu aplikasi yang memakan banyak energi baterai karena ponsel secara terus menerus melakukan sinkronisasi dengan satelit GPS. Sinkronisasi ini dimaksudkan untuk mengupdate koordinat terakhir untuk menentukan di mana letak anda saat itu.
Nonaktifkan GPS untuk menghemat baterai

Jika memang tidak dibutuhkn, matikan semua fungsi GPS dengan cara masuk ke bagian Settings, Location & Security dan pada My Location nonaktifkan Use Wireless Metworks & Use GPS Satellites. Beberapa layanan “social network website” seperti Twitter, FourSquare atau Koprol menggunakan fungsi ini untuk menfasilitasi pengguna mereka. Matikan fitur pada layanan tersebut untuk lebih menghemat baterai.

Bersambung ke Part III 10 Cara Mudah Menghemat Baterai Android

0 Response to "[Part II] 10 Cara Mudah Menghemat Baterai Android"