Game yang satu ini memang sangat baru dan meyenangkan. Tema yang diangkat pun merupakan tema baru dan mungkin saja dianggap tidak biasa. Orang yang membuat game yang satu ini bisa dibilang tidak merasa takut sedikitpun untuk mengangkat tema yang dianggap berbahaya dan sensitif ke dalam sebuah game. 

Game ini berasal dari studio indie yang dulu juga pernah membuat game tentang perang nuklir, jadi tidak mengherankan jika sekarang si pembuat game juga mengambil tema yang tidak kalah menakutkan dibanding perang nuklir. Game yang satu ini menceritakan tentang bagaimana keadaan sebuah penjara dan mengatur orang-orang di dalam penjara. 
 

Anda mungkin tidak perah memainkan sebuah game dengan tema yang sama sebelumnya. Game Prison Architec memang benar-benar menggambarkan kehidupan para tawanan yag ada di dalam penjara. Bagaimana mereka hidup bersosialisasi dan bagaimana mereka menyelesaikan konflik di antara para tahanan. 

Di dalam game ini yang menjadi masalah adalah bagaimana jika seorang tahanan yang ada di dalam penjara mendapatkan fasilitas mewah seperti TV. Di kehidupan nyata sekalipun hal ini masih menjadi masalah. Nah bagaimana jika masalah tersebut diangkat ke dalam sebuah game? Anda sendiri yang bisa memutuskan apakah anda akan mengijinkannya atau anda akan menolaknya. Semua keputusan anda bak di peradilan bisa anda dapatkan melalui permainan Prison Architec ini.

Tawanan yag berperilaku baik akan mendapatkan fasilitas lebih dibandingkan degan tawanan yang lain. Tawanan yang berada di dalam penjara pada dasarnya diberi fasilitas seperti jendela, air dingin dan air panas, juga TV dan juga furniture yang bagus. Nah, untuk tawanan yang berperilaku baik akan mendapatkan fasilitas yang lebih baik dibandingkan dengan tawanan lain yang berperilaku buruk. Game ini bisa dijadikan pembelajaran di kehidupan nyata.