Perbedaan 7 Eleven (Sevel) di Hongkong dan di Indonesia

Pasti udah pada tahu 7 Eleven atau Sevel kan? Nah, ternyata ada beberapa perbedaan yang mencolok antara sevel di Hongkong dan di Indonesia lho. Tapi jangan keburu berpikiran negatif. Biasanya kan kalo ada perbandingan antara Indonesia dengan luar negeri, Indonesia lebih jelek Tapi kali ini tidak.
Foto 7 Eleven (Sevel) di Hongkong

Berikut ini 4 Perbedaan Sevel di Hongkong dan Indonesia

Hampir di setiap sudut jalan, 7 Eleven sudah sangat mudah ditemui di Indonesia. Namun tahukah jika ternyata ada perbedaan antara 7 Eleven Indonesia dengan 7 Eleven Hong Kong. Apa itu?

Inilah 4 perbedaan antara 7 Eleven yang ada di Hong Kong dan yang ada di Indonesia:

1. Tempat

Jika di 7 Eleven di Indonesia memiliki tempat yang luas bahkan sering dijadikan tempat untuk nongkrong. Lain halnya dengan 7 Eleven di Hong Kong yang memiliki tempat lebih kecil.

Bahkan di 7 Eleven Hong Kong tidak ada sama sekali tempat duduk maupun meja untuk sekedar duduk menunggu menghabiskan makanan atau minuman.

2. Barang Dagangan

Kedua adalah kelengkapan barang dagangan yang diperjualbelikan di 7 Eleven. Di Indonesia terdapat beberapa minuman yang bisa langsung diminum dengan diracik beberapa campuran. Di sini justru tidak terlihat sama sekali.

Di 7 Eleven Hong Kong hanya terdapat minuman siap saji seperti air mineral, minuman kaleng seperti soft drink dan lain-lainnya. Namun untuk makanan siap saji jangan khawatir, di 7 Eleven Hong Kong makanan seperti sandwich sudah siap untuk dinikmati.

Tak hanya itu, ketidaklengkapan 7 Eleven di Hong Kong juga tidak menyediakan seperti stop kontak untuk mengisi baterai ponsel atau laptop. Padahal jika diperhatikan, di Indonesia bisa dibilang hampir lengkap. Stop kontak bisa ditemukan hampir di seluruh outlet toko yang identik dengan warna hijau itu.

3. Seragam

Lain tempat lain pula peraturannya. Di Indonesia kita pasti menemukan pelayan 7 Eleven yang lengkap akan seragamnya. Namun tidak di sini.

Sang kasir sama sekali tidak memakai seragam maupun atribut yang menandakan jika ia memang pelayan di 7 Eleven itu. Jadi hampir sama antara penjual dan pembeli. Lantaran tempatnya yang sangat kecil, jadi pelayan di 7 Eleven di Hong Kong itu hanya satu orang. Berbeda dengan Indonesia yang bisa mencapai dua hingga tiga orang pelayan.

4. Kebersihan

Kebersihan adalah salah satu faktor utama dalam bidang pelayanan. Di 7 Eleven Hong Kong kebersihan tidak terlalu diperhatikan. Bahkan beberapa stok barang yang akan dijual bisa memenuhi lorong untuk memilih barang yang akan dibeli.

Hal itu berakibat pelanggan yang agak kesulitan bergerak dengan bebas jika membeli sesuatu. Ini juga membuat toko terkesan agak kumuh lantaran beberapa stok barang tercecer.