Phablet menjadi fenomena baru saat ini. Model hibrid antara smartphone dan tablet ini mulai memasuki pasar gadget dan nampaknya mendapat sambutan yang cukup bagus dari para gadget freak. Beberapa nama baru dalam industri gadget nampak bersaing dengan nama lama. Jika sebelumnya ada OPPO N1, di artikel ini ada Lenovo K900 yang bersaing dengan Samsung dan Blackberry. Berikut ini lanjutan dari 5 phablet keren di tahun 2013 yang ada dipasaran. 2 gadget phablet telah kami ulas sebelumnya di sini.

3. Samsung Galaxy Note 3
Samsung Galaxy Note 3

Samsung ikut memopulerkan jenis phablet melalui lini keluarga Galaxy Note. Hingga bulan lalu, phablet vendor asal Korea Selatan ini sudah hadir hingga ke generasi ketiga.
Galaxy Note 3 memakai prosesor quad core Krait 400 2,3 GHz untuk model 4G LTE atau octa core Exynos untuk model 3G, yang didukung kapasitas RAM 3 GB. Samsung menyatakan Note 3 adalah smartphone pertama yang mengusung RAM setinggi itu.
Spesifikasi kunci lain yang dibenamkan di Galaxy Note 3 termasuk kamera 13 megapixel, baterai 3200 mAh, memori internal 32/64GB, slot microSD dan konektivitas 4G LTE Advanced yang menjanjikan akses data lebih kencang dari LTE konvensional.
Sama seperti pendahulunya, Galaxy Note 3 juga mempunyai stylus bawaan yang terpasang di sudut bodinya. Fungsionalitas stylus berjuluk S Pen ini pun semakin bertambah banyak.
Dengan tebal 8,3 mm, Note 3 lebih tipis dari Note 2. Di sisi desain, Note 3 memang tidak membawa perubahan berarti dari segi bentuk dibandingkan kakaknya. Namun ada beberapa perubahan yang cukup kentara.
Melalui sejumlah spesifikasi yang ditawarkan, Samsung Electronics Indonesia menawarkan Galaxy Note 3 dengan harga termasuk tinggi, yakni sebesar Rp 8 jutaan.

4. Lenove K900

Walaupun tak secara langsung disebut sebagai phablet, namun dengan ukuran layar mencapai 5.5 inch sangat layak bila menempatkan Lenovo K900 sebagai phablet.
Lenovo K900 akan kami review di artikel tersendiri berikut spek dan fiturnya. 

5. BlackBerry Z30
Blackberry Z30

 Belum lama ini BlackBerry baru saja meluncurkan generasi teranyar perangkat BlackBerry 10. Namanya adalah BlackBerry Z30.
Dijuluki juga sebagai phablet pertama BlackBerry dengan luas layar 5 inch, BlackBerry Z30 tampil dengan spesifikasi tertinggi dibanding perangkat BlackBerry 10 lain.
Prosesornya mengandalkan Snapdragon S4 Pro dengan kecepatan clock 1,7 GHz. Makin ciamik kala BlackBery juga memadukannya dengan penggunaan RAM sebesar 2 GB.
Selain mengandalkan teknologi layar Super AMOLED, resolusinya pun memadai dengan 1.280 x 720 pixel dan memiliki kepadatan 285 pixel per inch.
Kamera BlackBerry Z30 sendiri menawarkan kemampuan 8 MP dan telah menawarkan fitur autofokus, sementara kamera depannya mengandalkan 2 MP.
Baterainya punya kapasitas terbesar dibandingkan handset BlackBerry yang selama ini beredar, yakni 2.880 mAh. BlackBerry pun mengklaim baterai Z30 dapat bertahan sampai 25 jam dalam pemakaian normal.
Selain itu, BlackBery Z30 dipastikan telah mendukung teknologi seluler teranyar  4G LTE (Long Term Evolution).
Belum diketahui pasti kapan phablet perdana BlackBerry ini akan meluncur di Indonesia, namun dijanjikan dalam waktu dekat ini. Termasuk nanti harga yang akan ditawarkan.
Namun dari bocoran di salah satu situs online luar, perangkat ini dihargai 529 poundsterling atau di kisaran Rp 9,7 juta.