5 Phablet Keren di Tahun 2013

Phablet. Mungkin sebagian orang masih kurang familiar dengan istilah Phablet. Orang lebih mengenal yang namanya Smartphone dan Tablet. Apa itu phablet? Phablet adalah hibrid alias perkawinan silang dari smartphone dan tablet. Yup, begitu istilah mudahnya. Phablet ini adalah kombinasi dari smartphone dan tablet. Phablet ini mulai digemari oleh pecinta gadget di tanah air. 

Tak heran, jika para vendor multinasional berlomba meluncurkan varian phablet terbaru. Tak ingin sekedar jadi pelengkap, phablet tersebut juga dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni. Mulai dari desain, fitur yang ditawarkan, hingga jeroan di dalamnya. Memang tak semua vendor menyebut dengan terang-terangan produk yang ditawarkan adalah phablet. Namun, bila melihat ukuran yang diusung, rasanya tak disangsikan bila ini adalah phablet.

Berikut ini 5 Phablet Keren yang sudah diperkenalkan dan ada dipasaran Indonesia tahun 2013.

1. Xperia Z Ultra

Hadir di Indonesia akhir Juli lalu, Xperia Z Ultra menawarkan ukuran layar jumbo, yakni 6,44 inch. Layarnya sudah mampu menampilkan resolusi 1920x1080 pixel lengkap dengan teknologi triluminos buatan Sony.
Konon, teknologi ini mampu meningkatkan kualitas gambar dengan tingkat kontras yang baik, serta sudut pandang yang lebih luas. Layar Xperia Z Ultra juga mendukung handwriting baik menggunakan stylus, pensil maupun ballpoint.
Dari sisi bodi, ponsel yang akan mulai dijual di Indonesia pada kuartal III 2013 ini memiliki ketebalan 6,5 mm dan bobot 212 gram.
Seperti seri Xperia Z lainnya, Xperia Z Ultra juga memiliki ketahanan terhadap air dengan sertifikasi IP58. Jadi sanggup untuk dipakai dalam air selama kurang dari 30 menit.
Dari sisi dapur pacu, Xperia Z Ultra telah dibekali Snapdragon 800 dengan clock 2,2 GHz, GPU Adreno 330, memori internal 16 GB, slot micro SD, serta Android 4.2.2 Jelly Bean sebagai sistem operasinya.
Di pasar lokal piranti ini dijual dengan harga sekitar Rp 7.5 Juta. Bagi Anda yang menginginkan phablet tak biasa, cocok memasukan Xperia Z Ultra ke dalam keranjang belanjaan.

2. OPPO N1

Satu lagi phablet premium dari negeri Tirai Bambu, OPPO N1. Pernah mengulasnya fitur dan spek OPPO N1 sebelumnya. Mengandalkan ukuran layar 5,9 inch, jangan pernah pandang sebelah mata dari phablet ini.
Soal spesifikasi, perangkat ini mengandalkan prosesor Snapdragon 600 berkecepatan clock 1,7 GHz yang dipadukan dengan chip grafis 320 serta penggunaan RAM sebesar 2 GB.
Adapun memori internal yang ditawarkannya sebesar 16 GB dan 32 GB, namun tanpa tambahan slot micro SD.
Beralih ke sektor layar, OPPO N1 Menegaskan kategori phablet yang dimasukinya lewat ukuran layar dengan bentang 5,9 inch yang telah mendukung resolusi full HD (1920x1080 pixel).
OPPO N1 tak cuma mengandalkan sensor 13MP dengan aperture sangat lebar di kameranya, yakni f/2.0. Bukaan lebar ini menguntungkan pengguna saat memotret di kegelapan.
Uniknya, OPPO N1 memiliki kamera yang bisa berputar. Sehingga bagian depan atau belakangnya tetapi sama-sama bagus.
Dengan teknologi terdepan, bagian punggung dari OPPO N1 ini pun dapat dimanfaatkan sebagai kursor navigasi, karena sifatnya yang bisa disentuh.
Menurut perkiraan, phablet ini akan melenggang pada akhir Oktober. Soal harga, OPPO N1 bersaing dengan merek papan atas lainnya, yaitu USD 571 atau sekitar Rp 6,5 jutaan. 

2 dulu ya phablet kerennya. Lanjutannya nanti agak siangan dikit di artikel selanjutnya :)